UNP sepakati kerja sama Tridarma Perguruan Tinggi dengan India

by -7 views
Padang (PKomplek) – Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (UNP) menyepakati kerja sama bidang Tridarma Perguruan Tinggi dengan Consulate General India di Padang, Selasa.

“Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sebelumnya ditandatangani oleh Rektor UNP dengan Dubes India di Indonesia pada Oktober 2020, dan sekarang ditindaklanjuti oleh Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP),” kata Wakil Rektor IV UNP, Prof Dr Yasri MS di Padang, Selasa.

Ia mengatakan kerja sama yang dilakukan dengan FPP, yakni dalam bidang pariwisata dan mahasiswa UNP bisa magang di hotel maupun perusahaan yang ada di India.

Baca juga: UNP: 20 persen calon mahasiswa gagal SNMPTN saat pencocokan nilai

Baca juga: UNP siapkan diri menjadi PTN BH di 2021

Selain itu, juga disepakati untuk mendatangkan chef dari India untuk memberikan training masakan India kepada dosen dan mahasiswa program studi Tata Boga UNP.

Menurut dia, dengan adanya Program Merdeka Belajar, mahasiswa berkesempatan untuk belajar lebih banyak di luar kampus seperti di perusahaan dan universitas lain, baik di dalam maupun luar negeri.

Kerja sama Tridarma Perguruan Tinggi UNP dengan Universitas di India baru ada satu. Berhubung masih banyak universitas di India yang bagus, UNP berencana menambah kerja sama dengan universitas-universitas yang lain.

“Jadi, dosen UNP bisa melakukan penelitian bersama dengan Universitas di India dan bisa juga diundang untuk menjadi dosen di UNP, serta mahasiswa kita bisa kuliah di berbagai universitas yang ada di India,” ucapnya.

Sementara itu, Consulate General India Raghu Gururaj mengatakan perusahaan India bisa melakukan training terhadap mahasiswa UNP selama 3-4 bulan dan mereka yang memenuhi syarat akan direkrut bekerja di perusahaan India.

Raghu juga menawarkan pembukaan India Corner di UNP, sehingga mahasiswa UNP bisa mengetahui informasi mulai dari budaya, pendidikan, pariwisata, universitas-universitas ternama dan lainnya yang ada di India.

Baca juga: UNP akan kukuhkan Gubernur Sumbar sebagai guru besar luar biasa

Selain itu, juga disepakati adanya India Week event dengan menghadirkan culture dan promosi negara India.

Sementara itu, Dekan FPP UNP Dra Ernawati, Ph.D berharap kerja sama itu dapat meningkatkan Indikator Kinerja Utama dan  Program Merdeka Belajar bisa terselenggara dengan maksimal.

“Melalui kerja sama yang disepakati hari ini bisa berguna dalam pengembangan dosen dan mahasiswa FPP khususnya dan UNP pada umumnya,” katanya.

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *