Tingkatkan SDM, Pemprov Kaltara gandeng Poltek UI

by -452 views
Jakarta (PKomplek) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggandeng Politeknik Universitas Indonesia (UI) untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dan berkompeten.

“Kerja sama dengan Poltek UI ini karena kita mau menyekolahkan anak-anak kita dari Kaltara di sini (Poltek UI),” kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang di sela penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemprov Kaltara dengan Politeknik UI di kampus Politeknik UI Jakarta (Kamis, 4/3) seperti dikutip dalam rilis yang diterima, Jumat.

Baca juga: Gubernur Kaltara naik motor pantau kondisi jalan

Baca juga: KPK ingatkan Gubernur Kaltara penuhi komitmen antikorupsi

Gubernur didampingi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Datu Iqra Ramadhan, Kepala Dinas Perhubungan, Taupan Madjid dan beberapa staf di lingkungan Pemprov Kaltara.

“Ke depan Poltek UI akan melakukan pembinaan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kaltara melalui kerja sama dengan SKPD terkait,” tambah Gubernur.

Misalnya, pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagko) Kaltara, Poltek UI akan melakukan pembinaan atau pelatihan mengenai kemasan-kemasan produk UMKM. Selain itu, akan menggelar pelatihan bagi perajin batik khas Kaltara di lima kabupaten/kota.

“MoU ini batang besarnya saja. Artinya, MoU dulu. Untuk teknisnya akan ditindaklanjuti ke SKPD-SKPD di lingkungan Pemprov Kaltara,” kata Zainal.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kaltara beserta rombongan menyempatkan waktu untuk melihat secara langsung produk yang dihasilkan dari tangan keterampilan mahasiswa Poltek UI.

Baca juga: Bantuan Ziyap-PKomplek Kaltara Peduli Banjir Sembakung disalurkan

“Kerja sama ini inisiatif kita (Zainal-Yansen) sesuai visi misi dalam membangun Kaltara, yaitu meningkatkan kualitas SDM dan memberdayakan UMKM,” tuturnya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *