Tiga cara agar anak mudah tidur di malam hari

by -9 views

Yang bisa kita pakai adalah bahan-bahan herbal yang memang sudah terbukti aman buat anak-anak

Jakarta (PKomplek) – Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si memberikan tips kepada para orangtua agar anak mereka mudah tidur setelah seharian beraktivitas.

Salah satunya adalah memberikan anak sesuatu dari bahan-bahan herbal seperti chamomile.

“Yang bisa kita pakai adalah bahan-bahan herbal yang memang sudah terbukti aman buat anak-anak, aman buat balita misalnya bisa menginduksi tidur, yang punya efek ‘soothing‘, “relaxing’, dan bisa membuat cepat ngantuk. Itu kita bisa pakai misalnya chamomile,” ujar dr. Inggrid dalam acara peluncuran produk Antangin Good Night yang digelar virtual, Rabu.

Baca juga: Penyebab gangguan tidur pada anak

dr. Inggrid mengatakan chamomile banyak dijual di pasaran dalam bentuk kantung teh ataupun dalam kondisi telah dikeringkan. Orangtua dapat menyeduh chamomile kering itu dengan air panas kemudian disaring dan ditambah madu.

Cara kedua adalah memberikan anak minuman lain seperti susu hangat. Dia mengatakan susu hangat dapat membuat anak mudah mengantuk sehingga cepat tidur.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan aromaterapi di kamar. Penggunaan aromaterapi dapat menimbulkan suasana yang rileks dan menenangkan sehingga membuat anak nyaman.

“Itu juga bisa pakai untuk anak anak juga dan yang dewasa,” kata dr. Inggrid.

Baca juga: Ajari anak patuhi jadwal makan dan tidur sejak bayi

Baca juga: Beda durasi tidur anak-anak hingga lansia, ini alasannya

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *