“Shades of Rotua” hingga “Odyssey” di MUFFEST 2021

by -27 views
Jakarta (PKomplek) – Perancang-perancang Tanah Air menyuguhkan karya-karya mereka dalam Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 di Gandaria City pekan lalu, mulai dari “Shades of Rotua” hingga “Odyssey”. 

Perancang Erika Ardianto pertama kali mengenal suku Batak dan budayanya melalui gurat kenangan masa kecil tentang Rotua. Gadis ini selalu bersemangat, penuh cinta, dan setia mencapai yang terbaik, walau apapun yang terjadi.

Dalam benak Erika, Rotua berhasil membentuk karakter para perempuan Batak dan membuat jatuh hati terhadap budaya tanah Toba, termasuk kain ulos. Sejak 2017, BOLDSESSION by erika konsisten menggunakan berbagai jenis kain ulos (sadum,hande-hande dan pucca) untuk busana custom order sampai masker premium.

Baca juga: Kemenparekraf optimistis industri fesyen modest kian bertumbuh

Dalam Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 di Gandaria City pekan lalu, Erika mengangkat tema “Shades of Rotua” yang didedikasikan untuk teman masa kecil. Dia menggunakan koleksi berbahan utama ulos pucca katun yang nyaman digunakan dalam keseharian dan jauh dari kesan “berat”.

Kainnya dibuat pengrajin lokal dengan nuansa warna solid dan cerah, dipadu dengan katun toyobo, twiscone, linen dan sedikit sentuhan polyester.

Koleksi yang terdiri atas tops, kemeja, outer, dress, rok lilit dan obi memiliki ciri khas garis desain yang berani tapi ringan dan dinamis, dilengkapi bros dan tas purun berdetail kain ulos hande-hande dan Pucca, kolaborasi BOLDSESSION by Erika dan ARRA jewelry.

Opie Ovie (PKomplek/HO)

Sementara Opie Ovie mempersembahkan yang memadukan penggunaan bahan batik bermotif geometrik masa kini dengan teknologi laser cutting dan 3D print untuk embellishments dan asesoris mini bag. Bahan yang digunakan adalah katun, linen dan denim agar nyaman dengan warna bumi yang didominasi nuansa cream dengan tambahan monokrom dan indigo.

Siluet H dan X yang dipilih membuat pemakai tampil rapi dan edgy. Koleksi ini memadukan keteraturan dan ketidakteraturan, bentuk simetris dan asimetris dengan garis desain timeless. Koleksi dress, skirt dan outwear ini juga diramaikan dengan aksesoris 3D printing.

Baca juga: Busana kasual gaya futuristik hingga musim semi penuh bunga

Baca juga: Keindahan Sekar Jagad dalam rancangan busana

Baca juga: Opsi busana Lebaran untuk keluarga

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *