Ribuan GTT Tulungagung berkesempatan ikuti rekrutmen PPPK untuk guru

by -4 views

kuotanya berapa kami belum ada kepastian

Tulungagung, Jatim (PKomplek) – Ribuan GTT di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mendapat kesempatan mengikuti penjaringan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) tahun 2021 yang akan diselenggarakan pada Mei 2021.

Hal itu disampaikan Ketua PGRI Tulungagung Muhadi, Jumat, setelah pihaknya mendapat kepastian bahwa Tulungagung mendapat kuota PPPK untuk guru pada rekrutmen tahun ini.

“Namun (jumlah) kuotanya berapa kami belum ada kepastian. Informasi yang kami terima terus berubah-ubah,” katanya saat dikonfirmasi wartawan di sela persiapan Bimtek daring persiapan seleksi PPPK 2021.

PGRI Tulungagung sendiri informasinya sudah mengusulkan kuota sebanyak 2 ribu PPPK atau P3K. Namun berapa yang diakomodasi dan direalisasi oleh panitia di BKN, sampai saat ini belum ada jawaban pasti.

Pihaknya hanya berharap usulan yang sudah diajukan ke pusat bisa disetujui, atau setidaknya kuota di atas 1.000 kursi.

Baca juga: Guru honorer berusia 40 tahun mendapat afirmasi seleksi guru PPPK

Baca juga: Nadiem sebut sebanyak 58 daerah tidak mengajukan formasi guru PPPK

“Kami berharap kuota (P3K) lebih dari 1.000 orang, dan bisa dimanfaatkan sebanyak-banyaknya untuk GTT,” ujar Muhadi.

Jumlah GTT di Tulungagung saat ini ada lebih dari 5 ribu orang. Mereka tersebar di tiga jenjang lembaga pendidikan, mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA.

PGRI pun berinisiatif menyiapkan bimbingan teknis untuk pembekalan bagi para GTT agar bisa melewati proses seleksi yang digelar dalam serangkaian kegiatan penjaringan yang dilakukan, terutama saat ujian tulis.

“Kami hanya berharap para GTT mempersiapkan diri, sehingga sudah siap saat pelaksanaannya,” ucap Muhadi.

Bimtek daring persiapan seleksi PPPK 2021 rencananya digelar pada 15-23 Maret 2021. Pendaftaran kepesertaan bimtek ini telah dibuka sejak Rabu (10/3) dan langsung mendapat apresiasi dari ribuan GTT yang tersebar di berbagai sekolah dan beberapa pelosok wilayah daerah itu.

Dalam penyelenggaraan Bimtek seleksi PPPK 2021 ini, PGRI Tulungagung menggandeng konsultan dari Masterprima, Malang. Ada enam materi bimtek yang akan diberikan melalui kegiatan masal secara daring melalui aplikasi zoom meeting tersebut. Mulai dari kompetensi teknis (sesuai mata pelajaran yang diajarkan di sekolah), test bakat skolastik (penalaran), manajerial, sosio-kultural, dan pertanyaan wawancara. 

Baca juga: Kemenag berkomitmen perjuangkan nasib honorer guru agama jadi PPPK

Baca juga: Mendikbud sosialisasi penerimaan sejuta guru PPPK di Papua Barat

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *