Radang gusi bisa lebih parah gara-gara COVID-19

by -35 views

Mulut dan gigi kalau tidak sehat, bersih, tentunya akan mempercepat proses perkembangan mikroorganisme penyebab COVID-19, akan menjadi parah

Jakarta (PKomplek) – Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno mengatakan, ada hubungan antara kasus keparahan radang gusi dan COVID-19, salah satunya peradangan pada gusi bisa menyebabkan mikroorganisme penyebab COVID-19 semakin mudah berkembang biak dan memperburuk kondisi radang.

Sebaliknya, COVID-19 juga bisa memperberat tiga kali lipat peradangan pada gusi. Pasien COVID-19 yang memiliki penyakit gusi berpotensi setidaknya tiga kali lebih mungkin mengalami komplikasi.

Tak sampai di situ, studi dalam Journal of Clinical Periodontology menunjukkan, pasien dengan radang gusi juga 4,5 kali lebih mungkin membutuhkan ventilator dan 3,5 kali lebih mungkin dirawat di ICU.

Baca juga: Berdarah saat menyikat gigi? Waspada radang gusi

Untuk itu, dia menganjurkan semua orang untuk mencegah munculnya masalah pada gigi dan gusi, dengan rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.

“Semakin sering lupa sikat gigi, semakin besar juga kemungkin mikroorganisme COVID-19 mudah berkembang biak di gusi-gusi yang meradang. Sebaliknya, kalau sudah ada COVID-19, maka peradangan pun akan lebih cepat,” kata dia dalam satu diskusi virtual mengenai kesehatan gigi, dikutip Sabtu.

Sisa makanan pada gigi apabila tak dibersihkan bisa memunculkan plak. Dalam 24 jam, terjadilah fermentasi mikroorganisme yang ada di dalam plak gigi. Fermentasi ini lalu akan menyebabkan suatu peradangan gusi yang bisa disembuhkan melalui pengobatan.

“Mulut dan gigi kalau tidak sehat, bersih, tentunya akan mempercepat proses perkembangan mikroorganisme penyebab COVID-19, akan menjadi parah. Oleh karena itu, harus tetap bersih,” tutur Seno.

Baca juga: Perokok berisiko tujuh kali berisiko masalah gusi

Orang tua punya peranan penting membiasakan anak-anak mereka menyikat gigi rutin sekaligus berkomitmen menjaga kesehatan giginya.

Selebritas sekaligus ibu dua anak, Duma Riris, salah satunya. Dia dan suaminya, sejak awal sudah berkomitmen mengajarkan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan membiasakan mereka menyikat gigi rutin.

Edukasi juga mereka berikan melalui pemberian contoh, misalnya mengajak anak bersama-sama menyikat gigi. Riris juga menyediakan sarana yang menarik untuk anak selama menyikat gigi seperti menyediakan cermin besar

Tak hanya soal menyikat gigi, rutinitas memeriksakan gigi ke dokter juga dia terapkan walau sempat terkendala pandemi COVID-19.

“Enam bulan pertama enggak berani ke dokter. Sekarang sudah berani, ada temen dokter gigi bilang sudah aman. Daripada semakin bermasalah, kita pergi sekali selama pandemi,” demikian kata dia.

Baca juga: Berciuman berisiko tularkan radang gusi hingga herpes

Baca juga: Gaya hidup bikin orang muda rentan terhadap radang gusi

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *