Pimpinan umat beragama di Manggarai jalani vaksinasi COVID-19

by -5 views
Kupang (PKomplek) – Para tokoh agama dan masyarakat di Ruteng Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai menjalani vaksinasi COVID-19 sebagai upaya mencegah adanya paparan virus corona.

Pemberian vaksin Sinovac seperti dalam keterangan tertulis bagan protokol dan komunikasi pimpinan Setda Kabupaten Manggarai yang diterima Kamis dilakukan bersamaan pada pencanangan pemberian vaksinasi COVID-19 terhadap 1.858 lanjut usia pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di daerah itu.

Baca juga: Pos vaksinasi COVID-19 lansia “drive thru” kedua dibuka di Cengkareng

Penyuntikan vaksin Sinovac telah dilakukan terhadap Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, pada Selasa (9/3) yang menandai dimulainya pelaksanaan vaksinasi tahap kedua Kabupaten Manggarai, Pulau Flores.

Selain Uskup, pemberian vaksin COVID-19 juga diberikan kepada pimpinan dan anggota DPRD, sejumlah tokoh agama, pimpinan instansi vertikal, pimpinan Perangkat Daerah, organisasi wanita, dan ASN.

Baca juga: 300 petugas Damkar Jakarta Timur terima vaksinasi COVID-19

Untuk tahap kedua, termin pertama Kabupaten Manggarai mendapat alokasi vaksin COVID-19 dan logistik vaksinasi untuk pelayan publik sebanyak 1.585 sasaran.

Alokasi vaksin itu sendiri sebanyak 109 vial, dengan rincian 1 vial diperuntukan bagi 8 hingga 9 orang penerima.

Baca juga: Wamenkes hormati keputusan BPOM terkait izin fase uji klinis vaksin

Bupati Manggarai, Herybertus G.L.Nabit dalam sambutannya mengingatkan kepada Satgas COVID-19 dan seluruh aparatur sipil negara untuk bersama-sama ikut ambil bagian menekan laju penyebaran COVID-19 jelang libur panjang akhir pekan.

“Kita belajar dari yang lalu. Kalau kita lihat angka-angka kita (kasus COVID-19) naik itu di pertengahan Januari. Itu dampak dari liburan akhir tahun,” tuturnya.

“Saya tegaskan, mengikuti arahan Menpan RB dan Kementerian Dalam Negeri untuk tidak keluar kota di akhir minggu ini,” ungkapnya.

Terkait kampanye penanganan COVID-19 kata Hery, tetap dijalankan dengan memperhatikan aspek hukum dan norma aturan yang berlaku.

Ketua Dharma Wanita Setda Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur Ny.Yustina Surya Jahang mendapat vaksinasi COVID-19. (Antara/HO- istimewa)

Hery menyampaikan apresiasi kepada semua pihak di daerah ini yang ikut ambil bagian sehingga tahapan penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 dapat berjalan dengan lancar.

“Saya menghargai dan mengucapkan terima kasih untuk saudara-saudara di Dinas Kesehatan yang sudah bekerja dengan luar biasa, mendatangkan vaksin, kemudian melakukan pendataan bekerjasama dengan semua pihak. Juga terima kasih untuk Satgas COVID-19 yang dalam berbagai keterbatasan menjalankan tugas-tugasnya dengan baik,” tuturnya. 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *