Portal Komplek

Inidia Perbedaan Antara Worm, Trojan dan Virus

Inidia Perbedaan Antara Worm, Trojan dan Virus -Beberapa orang menyebut jenis perangkat lunak berbahaya sebagai "virus komputer", tetapi itu tidak akurat. Virus, worm, dan trojan adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang berbeda dengan perilaku yang berbeda. Secara khusus, mereka menyebar sendiri dengan cara yang sangat berbeda.

Perbedaan Antara Worm, Trojan dan Virus

Perangkat lunak berbahaya secara umum disebut sebagai "malware." Jika Anda ingin menangkap semua istilah untuk perangkat lunak komputer yang buruk, malware adalah kata yang digunakan. Kabar baiknya adalah bahwa program antivirus Anda tidak peduli apa perangkat lunak berbahaya itu disebut - program antivirus juga menghapus cacing, trojan, dan jenis malware lainnya.

Perbedaan Antara Worm, Trojan dan Virus

Virus Menginfeksi File Lain

Virus komputer menginfeksi file lain, mirip dengan bagaimana virus biologis menginfeksi sel-sel hidup. Ketika Anda mengeksekusi virus dengan menjalankan file yang sudah terinfeksi, virus tersebut menginfeksi file lain di sistem Anda. Dalam kebanyakan kasus, itu menambahkan dirinya kefile exe yang ada di sistem Anda, sehingga akan berjalan ketika mereka melakukannya.

Beberapa jenis virus juga dapat menginfeksi jenis file lain, seperti makro di dokumen Word atau Excel. Virus menyebar ketika file yang terinfeksi ditransmisikan ke sistem lain. Ini mungkin terjadi melalui lampiran email, perangkat penyimpanan yang dapat dilepas, atau berbagi file jaringan.

Virus juga mendatangkan malapetaka pada sistem Anda. Dalam beberapa kasus, mereka dapat mengganti file program yang ada dengan diri mereka sepenuhnya, bukan hanya menambahkan diri mereka ke program yang ada. Mereka dapat menghapus file dan mengumumkan kehadirannya. Virus juga dapat mengambil memori sistem dan menyebabkan crash.

Virus berbahaya karena cara penyebarannya. Ketika file yang sah bergerak di antara sistem, virus akan datang dengannya.

Worm Bisa Memperbanyak diri sendiri

Worm adalah program mandiri yang tidak memerlukan intervensi pengguna untuk menyebar. Worms tidak menginfeksi file yang ada - mereka menyebarkan salinan mereka sendiri.

Beberapa cacing, seperti cacing Mydoom yang terkenal, mengirim salinan email sendiri ke setiap alamat di buku alamat komputer. Beberapa cacing yang paling berbahaya dan cepat menyebar, seperti Blaster dan Sasser cacing, mengeksploitasi kerentanan dalam layanan jaringan. Daripada mengirim email ke file, mereka melakukan perjalanan melalui jaringan dan menginfeksi sistem unpatched yang tidak menjalankan firewall.

Cacing yang menyebar melalui jaringan dapat menghasilkan sejumlah besar lalu lintas, memperlambat jaringan. Setelah cacing berada di sistem Anda, ia dapat melakukan tindakan jahat yang sama dengan virus.

Trojan Bisa Membuat Backdoor

Trojan diberi nama setelah trojan kuda mitologis. Untuk menaklukkan kota Troy, orang Yunani membangun kuda kayu dan menyajikannya kepada Trojan sebagai hadiah. Para Troya menerima hadiah itu ke kota mereka. Malam itu, tentara Yunani muncul dari dalam kuda kayu berongga, membuka gerbang kota - dan Anda dapat membayangkan apa yang terjadi selanjutnya.

Kuda trojan adalah hal yang sama. Trojan horse menyamar sebagai perangkat lunak yang berguna, seperti program yang sah atau celah ilegal untuk program yang sah. Alih-alih menjadi perangkat lunak yang berperilaku baik, trojan membuka backdoor pada sistem Anda.

Penulis trojan dapat menggunakan backdoor untuk membuat sistem Anda bagian dari botnet, gunakan koneksi Internet Anda untuk melakukan aktivitas terlarang yang akan ditelusuri kembali kepada Anda, unduh program malware lainnya ke sistem Anda, atau lakukan apa pun yang mereka inginkan.

Trojans tidak mencoba menyebarkan diri dengan cara apa pun. Trojans harus dijalankan secara manual oleh pengguna.

Nah, itulah Perbedaan Antara Worm, Trojan dan Virus. Semoga Informasi di atas bisa menambah wawasan anda dan lebih berhati hati terhadap virus jenis apapun. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *