Portal Komplek

Penyebab dan Cara Mengatasi Startup Repair Windows 7

Penulisbaru.com - Penyebab dan Cara Mengatasi Startup Repair Windows 7. Memperbaiki dan Mengatasu Startup Repait pada Windows 7 Memang bukan perkara yang sulit, kamu bisa memperbaikinya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Hanya dengan mengikuti Tutorial atau Tips Laptop / PC yang akan saya berikan di bawah.

Permasalahan Utama : Komputer masuk ke Startup Repair terus menerus

Apakah Laptop / Komputer kamu mengalami kejadian ini?

Setiap kali PC di-restart, sebelum Windows mulai masuk ke Desktop lalu akan muncul “Windows failed to start” dan akan muncul opsi “Launch Startup Repair (recommended)”. Untuk lebih jelas nya mungkin masalah yang kamu hadapi seperti Gambar dibawah ini.

windows error recovery

Windows Error Recovery

Windows failed to start. A recent hardware or software change might be the
cause.

If Windows files have been damaged or configured incorrectly, Startup Repair
can help diagnose and fix the problem. If power was interrupted during
startup, choose Start Windows Normally.
(Use the arrow keys to highlight your choice.)

Launch Startup Repair (recommended)
Start Windows Normally

Description: Fix problems that are preventing Windows from starting

Biasanya masalah seperti ini juga banyak yang mencarinya di google dengan kata kunci Cara Mengatasi Windows Error Recovery.

Jadi Startup Repair kemudian akan gagal booting dan mengklaim perbaikan telah dijalankan. Namun PC Anda akan terus berusaha tanpa henti memulai Startup Repair setiap boot.

Penyebab Masalah Startup Repair pada Windows 7

Masalah ini bisa terjadi kapanpun karena hal hal dibawah ini :

Penyebab 1: Rusak atau pengaturan BCD rusak

Virus bootsector dan malware lainnya yang menargetkan bootloader atau rantai boot dapat menyebabkan kesalahan dalam pengaturan bootloader dan menyatakan bahwa menghasilkan loop tak terbatas Perbaikan Startup.

Virus kemudian dapat memblokir Perbaikan Startup dari peluncuran atau melakukan perbaikan dengan sukses. Pembaruan Windows yang gagal atau Pembaruan Otomatis juga terkadang dapat meninggalkan Data Konfigurasi Boot (BCD) dalam keadaan yang tidak konsisten atau tidak bekerja.

Penyebab 2: Rusaknya partisi boot

Pada Windows 7 dan di atasnya, Windows secara default membuat partisi 100 MiB NTFS terpisah di awal drive, yang disediakan untuk file bootloader inti dan konfigurasi BCD.

Shutdown yang tidak aman, kehilangan daya tiba-tiba, kegagalan hard disk, atau layar biru kematian selama menulis ke partisi boot dapat meninggalkan sistem Anda dalam keadaan tidak konsisten, tidak dapat melakukan boot dan bersepeda tanpa batas ke dalam Perbaikan Startup.

Penyebab 3: Blue Screen saat reboot

Ada kemungkinan bahwa setiap kali Windows mencoba untuk boot, terjadi BSOD. Versi terbaru dari Windows dikonfigurasi untuk menyembunyikan fakta ini dari pengguna dan reboot secara diam-diam.

(Dalam pengalaman para peneliti di NeoSmart Technologies, hampir tidak pernah ada alasan yang kuat untuk melakukan hal ini. Microsoft berharap bahwa reboot akan memperbaiki PC Anda dan Windows memutuskan untuk menyembunyikan layar biru dan reboot, tanpa henti dan sia-sia.

Solusi yang jauh lebih cerdas bagi Windows untuk melacak apakah layar biru ini menghasilkan reboot diam dan otomatis terakhir kali, dan jika ya, tunjukkanlah agar pengguna dapat melihat apa yang sedang terjadi.)

Sebuah BSOD selama boot akan memicu versi menu Advanced Boot Options yang akan ditampilkan pada reboot berikutnya yang meminta pengguna untuk memilih "Repair Your Computer," yang pada akhirnya menyebabkan loop Startup Repair tanpa akhir.

Cara Mengatasi Startup Repair Windows 7

Cara Pertama: Menggunakan Software Easy Recovery Essentials

Software Easy Recovery Essentials ini bisa memperbaiki dan mengatasi Startup Repair atau Windows Error Recovery pada Windows 7. Secara Otomatis Software ini bisa melakukan perbaikan masalah tersebut. Easy Recovery Essentials juga bisa dipakai untuk Windows XP, Vista, 7 dan 8 dan bisa di download secara Gratis.

Silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini :

  • Download dan Install Software Easy Recovery Essentials, Disini. Namun, pastikan dulu Versi Windows kalian XP, Vista, 7 atau 8.
  • Burn file ISO software tersebut ke CD atau Flashdisk. Untuk caranya bisa cek di Google gan.
  • Jika sudah selesai, masuk ke Boot Menu kalian. Atur Boot-nya menjadi First Boot USB.
  • Tunggu hingga Easy Recovery Essential running hingga muncul Gambar seperti dibawah ini.

EasyRE Software

  • Pilih “Automated Repair” lalu klik "Continue".
  • Selanjutnya pilih Disk Drive yang ingin di repair ex: Disk (C:), lalu klik "Automated Repair".

EasyRE Software 2.png

  • Easy Recovery Essentials akan mulai menganalisis drive sesuai masalah yang dipilih. EasyRE akan menguji dan mencoba secara otomatis untuk memperbaiki kesalahan pada disk, partisi, bootsector, filesystem, bootloader, dan registry.
  • Setelah proses selesai, EasyRE akan melaporkan temuannya. Klik tombol "Restart" untuk reboot PC kalian dan menguji perubahan.

EasyRE Software 3

  • Dengan begitu Windows 7 kamu akan kembali seperti sedia kala tanpa ada masalah tersebut.

Cara Mengatasi Startup Repair Windows 7

Nah, itulah Penyebab dan Cara Mengatasi Startup Repair Windows 7. Semoga Tips di atas bisa memecahkan masalah Windows 7 kamu ya sob. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *