Portal Komplek

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli

Portal Komplek | Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli - Mungkin buat kamu yang sudah kenal dengan bahasa pemrograman PHP sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Yaps Software tersebut adalah XAMPP, saya pribadi yakin banyak pengguna XAMPP yang tidak tahu kepanjangan dari XAMPP itu sendiri.

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Pengertian XAMPP menurut para ahli di bidang pemrograman tentunya. Pertama-tama mari kita bahas Kepanjangan dari XAMPP terlebih dahulu.

Kepanjangan dari XAMPP

Berikut ini adalah kepanjangan dari XAMPP yang harus kalian tahu:

X , Kenapa disebut dengan system operasi? karena XAMPP bisa dijalankan di 4 OS besar yang sering digunakan oleh pengguna komputer saat ini. Dan 4 OS tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Windows, Linux, Mac OS dan Solaris.

A(Apacahe) merupakan aplikasi web server. Apache ini bersifat opensource yang berarti gratis dan bisa diedit oleh penggunanya. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

M ( MySQL), merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.

P (PHP), bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.

P (Perl), bahasa pemrograman, pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl pertama kali dirilis pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Dua diantara karakteristik utama perl adalah penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk meyelesaikan persoalan-persoalan umum.Perl sangat populer di gunakan dalam program-rogram CGI (Common Gateway Interface) dan protokol internet lainnya.

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli

Pengertian XAMPP Menurut Wikipedia.org

XAMPP adalah paket solusi stack server web lintas platform gratis dan open source yang dikembangkan oleh Apache Friends, yang sebagian besar terdiri dari Apache HTTP Server, database MariaDB, dan interpreter untuk skrip yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Pengertian XAMPP Menurut Wpblogx.com

XAMPP adalah perangkat lunak bebas open source yang dikembangkan oleh teman-teman Apache. Paket perangkat lunak XAMPP berisi distribusi Apache untuk server Apache, MariaDB, PHP, dan Perl. Dan itu pada dasarnya adalah host lokal atau server lokal. Server lokal ini berfungsi pada komputer desktop atau laptop Anda sendiri. Anda cukup menginstal perangkat lunak ini di laptop atau desktop dan menguji klien atau situs web Anda sebelum mengunggahnya ke server web atau komputer jarak jauh. Perangkat lunak server XAMPP ini memberi Anda lingkungan yang sesuai untuk menguji proyek MYSQL, PHP, Apache dan Perl di komputer lokal.

Pengertian XAMPP Menurut Riyanto (2010, 1)

XAMPP merupakan paket PHP dan MySQL berbasis open source, yang dapat digunakan sebagai tool pembantu pengembangan aplikasi berbasis PHP. XAMPP mengombinasikan beberapa paket perangkat lunak berbeda ke dalam satu paket.

Nah, diatasa adalah beberapa pengertian XAMPP menurut para ahli, dari semua pengertian XAMPP di atas kurang lebih pengertiannya sama. Sekarang mari kita simak Fungsi dari XAMPP itu sendiri.

Fungsi dari XAMPP

Fungsi dari XAMPP adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQLdatabase, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Oke, Mungkin itu saja postingan saya kali ini mengenai Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli beserta fungsi dari XAMPP. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kamu tulis di kolom komentar.

Jika kamu rasa postingan ini bermanfaat silahkan kamu share ke media sosial kamu, agar yang lain juga ikut merasakan manfaatnya.

Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

One Response for Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *