Portal Komplek

Apa itu Algoritma Pemrograman? Pengertian dan Contoh [Lengkap]

Pada kesempatan kali ini Portal Komplek akan memberikan informasi mengenai Pengertian Algoritma Pemrograman. Informasi yang disajikan kali ini berdasarkan rangkuman dari Situs - situs besar seperti teknojurnal.com. Oke langsung saja.

Pengertian Algoritma Pemrograman

Sebelum kita mengetahui Pengertian Algoritma Pemrograman mari sama sama kita simak Pengertian Algoritma.

Pengertian Algoritma

Pengertian Algoritma adalah susunan yang logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia komputer, Algoritma sangat berperan penting dalam pembangunan suatu software. Dalam dunia sehari-hari, mungkin tanpa kita sadari Algoritma telah masuk dalam kehidupan kita.

Algoritma berbeda dengan Logaritma. Logaritma adalah operasi Matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Contoh Logaritma seperti bc= a ditulis sebagai blog a = c (b disebut basis).

Contoh Nyata Algoritma

Kita ambil Contoh Algoritma dalam kehidupan sehari-hari yaitu "Cara Membuat Mie Instan". Berikut ini adalah langkah - langkahnya (Algoritma):

  1. Ambil goreng di dalam lemari yang terletak di dapur.
  2. Siapkan peralatan yang diperlukan seperti panci, gunting, piring, serta sendok dan garpu.
  3. Masukkan bumbu mie instan pada piring
  4. Hidupkan kompor, kemudian tuangkan air kurang lebih tiga gelas air ke dalam panci kemudian tunggu hingga air mendidih.
  5. Masukkan mie instan ke dalam air mendidih, lalu aduk dan tunggu hingga tiga menit.
  6. Tiriskan air di dalam panci, kemudian tuangkan mie pada piring.
  7. Aduk mie agar bumbu tercampur merata pada mie kemudian sajikan dengan keadaan hangat.

Nah, diatas adalah Contoh Nyata Algoritma dalam kehidupan sehari - hari. Selanjutnya kita akan membahas Topik utama kita yaitu Pengertian Algoritma Pemrograman.

(Sumber: rendigilasbatas.blogspot.com)

Pengertian Algoritma Pemrograman

Algoritma Pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Dalam pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat.

Sebagai contoh, banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.

(Sumber: teknojurnal.com)

Contoh Algoritma Pemrograman

Disini kita ambil contoh Algoritma Kelulsan Mahasiswa.

Persoalan: Diberikan data berupa nama dan nilai mahasiswa. Jika nilai mahasiswa lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus. Sedangkan jika nilainya lebih kecil dari 60, maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak lulus.

Deklarasi dari tipe datanya akan seperti berikut:
Nama = string
Nilai = integer
Keterangan = string

Algoritmanya akan seperti berikut:
read (nama, nilai)
if nilai >= 60 then
keterangan = ‘lulus’
else
keterangan = ‘tidak lulus’
write(nama, keterangan)

(Sumber: dosenit.com)

Sekial pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian Algoritma Pemrograman dan Contohnya. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai postingan ini silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasi dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *