MWA UI akan webinar ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia

by -10 views
Jakarta (PKomplek) – Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) bersama dengan Kementerian Riset Dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) akan menggelar webinar tentang ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia pada 25 Maret 2021.

“Tujuan dari webinar kali ini yaitu diharapkan para pembicara dapat membahas berbagai permasalahan kesehatan bangsa Indonesia termasuk kondisi pandemi yang sedang kita alami dan juga diharapkan menghasilkan berbagai pemahaman dan usulan rekomendari kebijakan untuk membangun ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia, yang nantinya akan dirangkum oleh Prof Budi Wiweko bersama teman teman dari FK UI guna menjadi satu sumbangan pemikiran untuk pemerintah,” ujar Ketua MWA UI, Saleh Husin, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Beberapa isu penting yang menjadi fokus adalah Disrupsi Teknologi Kesehatan terkait Big Data & Artifical Intelegence, COVID-19 dan Ketahanan Kesehatan Indonesia, Adaptasi dan Adopsi Teknologi, dan Medical Tourism.

Baca juga: FHUI dinobatkan sebagai fakultas hukum terbaik di Indonesia

Wakil Presiden Prof KH Ma’ruf Amin akan menjadi pembicara kunci. Diskusi panelnya sendiri dibagi dalam dua sesi dimana pembicara pada sesi pertama dengan subtema COVID-19 dan Ketahanan Kesehatan Indonesia yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawangsa, Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, Dekan Fakultas Kedokteran UI Prof Ari Fahrial Syam dan Sekretaris UI dr Agustin Kusumayati PhD yang merupakan pakar kesehatan masyarakat.

Pada panel sesi ke dua dengan subtema Riset dan Inovasi Dalam Membangun Ketahanan dan Kemandirian Bangsa dimana Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Prof Bambang Brojonegoro yang bersama Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono PhD, Dekan Fakultas Teknik UI Dr Hendri DS Budiono, Kepala Laboratorium UI Prof Amarila Malik, Presiden Direktur Dexa Medica Ir Ferry A Soetikno dan Wakil Direktur IMERI FK UI Prof Budi Wiweko.

“Untuk itu saya berharap rekan-rekan dari pemerintah daerah terutama dinas kesehatan dan dinas terkait lainnya serta adik-adik mahasiswa terutama dari rumpun ilmu kesehatan dan teknik, termasuk siapapun warga masyarakat dapat bebas menjadi peserta webinar guna dapat memperdalam pemahamannya tentang kesehatan dari para nara sumber yang sangat mumpuni dan pakar dalam bidangnya masing-masing,” jelas dia.

Pendaftaran terbuka untuk umum dan registrasi dapat dilakukan melalui tautan http://ui.id/mwawebinarseri2 dan tidak dipungut biaya, serta peserta akan mendapat e-sertifikat.***3***

Baca juga: FKG UI suluh soal radiografik kepada pelajar SMAN di Jakarta

Baca juga: Vokasi UI adakan konsultasi gratis tentang pajak

Baca juga: RSUI sukses lakukan operasi katarak dengan teknologi fakoemulsifikasi

 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *