Menu Ramadhan – Chicken popcorn

by -37 views
Jakarta (PKomplek) – Ketua Ikatan Ahli Gizi Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswary mengatakan konsumsi makanan bergizi dan lezat di bulan Ramadhan, di tengah pandemi COVID-19 sangat penting.

“Selama berpuasa, terutama pada pandemi ini, tubuh kita membutuhkan lebih banyak konsumsi makanan bergizi seimbang agar kebutuhan nutrisi kita tercukupi saat berpuasa maka makanan bergizi yang kita miliki harus enak, sehingga nafsu makan kita meningkat,” kata Mury dalam siaran pers pada Kamis.

Mury menambahkan, cara termudah untuk menjaga kebugaran tubuh selama Ramadhan, terutama di masa pandemi adalah dengan menjaga pola makan dengan baik dan rutin berolahraga, yang akan mengurangi tingkat stres.

Selama puasa, terjadi defisit kalori yang membuat hormon tubuh berubah, yaitu penurunan insulin dan peningkatan hormon glukagon, yang memaksa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi saat kita beraktivitas.

Chicken popcorn menjadi salah satu menu bergizi yang bisa disajikan dengan praktis selama bulan Ramadhan. Berikut resep chicken popcorn ala Sajiku:

Bahan

2 bungkus Sajiku Tepung Bumbu (80gr)

250 gram daging dada ayam tanpa tulang

8 sdm air es

700 ml minyak untuk menggoreng

Bahan pelengkap/condiments

saus sambal/ mayonaise pedas

peterseli untuk hiasan

Cara Memasak

1.Potong dada ayam seukuran popcorn. Sisihkan.

2.Adonan basah : larutkan 4 sdm Sajiku® Tepung Bumbu dengan 8 sdm air es.

3.Adonan kering : Siapkan sisa Sajiku® Tepung Bumbu di wadah lainnya.

4.Masukkan potongan ayam ke dalam adonan basah, gulingkan, angkat, hitung 123 cepat lalu masukkan ke dalam adonan kering, gulingkan, remas-remas, bolak-balik hingga keriting, ketuk ketuk.

5.Goreng ayam dalam minyak panas dengan suhu 170 -180 C selama 10 menit, hingga matang, angkat, sajikan dengan saus sambal/ mayonaise pedas.

Baca juga: Menu Ramadhan – Kue kurma sagu

Baca juga: Menu Ramadhan – Sayap ayam goreng tepung saus mentega ala chef Yuda

Baca juga: Menu Ramadhan – Shabu-shabu

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *