Mengenal manfaat Psyllium husk untuk tubuh ramping

by -24 views
Jakarta (PKomplek) – Plantago Ovata atau Psyllium husk bisa menjadi campuran dari minuman yang bermanfaat dalam merampingkan tubuh.

Psyllium husk merupakan bahan baku herbal minuman ini merupakan tanaman yang hanya bisa tumbuh di dataran India. Jenis tanaman tersebut tumbuh sejak sekitar tahun 1955 dan telah digunakan sebagai suplemen serat makanan alami. Psyllium husk kaya akan serat alami serta dapat menurunkan kolesterol dan gula darah yang tinggi.

dr. Reza Gladys, Dipl. AAAM, pemilik klinik kecantikan Glafidsya Medika dan pendiri Glafidsya Slim serta Xslim dalam keterangannya, Kamis, menjelaskan manfaat Psyllium Husk.

“Memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi asupan makanan. Manfaat lainnya adalah membantu meningkatkan ekskresi lemak (pengeluaran) dan kolesterol di feses saat buang air besar,” kata Gladys.

Psyllium husk adalah salah satu bahan yang terkandung dalam minuman serbuk dengan serat rasa lemon Glafidsya Slim dan Xslim, selain bahan seperti polidekstrosa, ekstrak jambu biji, ekstrak lemon dan red beet. Minuman yang disebut bisa mengurangi berat badan dan menjaga imunitas tubuh ini diklaim tidak memiliki efek samping seperti jantung berdebar sehingga aman dikonsumsi penderita penyakit jantung, gula darah, membantu menurunkan kolesterol.

“Ini bahan dasarnya herbal jadi aman dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan menyusui, penderita maag, asam lambung, hipertensi dan gangguan jantung. Dalam sehari, minuman ini bisa menurunkan berat badan satu sampai tiga kilogram. Perut buncit hilang dengan menjalankan diet sehat dan aman tanpa membuat tubuh lemas,” katanya.

Kandungan lainnya, yakni polidekstrosa adalah serat sintetis yang ditambahkan ke banyak makanan kemasan untuk meningkatkan kandungan serat makanan dan mengurangi kadar gula, lemak, dan kalori. Serat sintetis ini juga biasanya muncul di bar nutrisi pada kemasan minuman, beberapa sereal sarapan, dan produk siap makan lainnya. Sementara buah bit merah di dalam kedua jenis minuman serbuk ini punya manfaat sebagai pewarna makanan alami dan pemanis campuran dalam makanan maupun minuman yang berguna untuk mengontrol tekanan darah, meningkatkan stamina, mengatasi peradangan, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Adapun bahan utama ekstrak lemon dan jambu biji, berkhasiat melancarkan pencernaan, meningkatkan imunitas tubuh dan menyehatkan kulit.

Dia menambahkan minuman ini sebaiknya diminum sebelum makan siang, juga lima menit sebelum makan malam atau dijadikan sebagai pengganti makan malam karena mengandung serat tinggi yang membuat tubuh kenyang lebih lama.

Baca juga: BPOM: Indonesia kaya potensi sumber daya genetik untuk obat bahan alam

Baca juga: Bodrex perkenalkan obat sakit kepala herbal cair

Baca juga: Anggota DPD: Pemasaran-sertifikasi masih jadi tantangan UMKM di Bali

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *