Manfaat jinten hitam dan pare untuk penderita diabetes

by -22 views
Jakarta (PKomplek) – Dokter Danar Wicaksono dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito, Yogyakarta, mengatakan bahwa jinten hitam dan pare memiliki beberapa manfaat untuk penderita diabetes, antara lain mengurangi kadar glukosa dalam darah hingga membantu produksi insulin dalam tubuh.

“Jadi jinten hitam atau yang dikenal dengan habbatussauda itu memiliki zat bernama Thymoquinone. Zat ini bisa membantu mengurangi kadar glukosa darah yang menjadi penyebab dari terjadinya diabetes,” kata dokter Danar dalam sebuah seminar di Jakarta, Sabtu.

Danar menjelaskan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti bernama Reza Mohebbati pada 2020 lalu, yakni penderita diabetes yang mengonsumsi ekstrak jinten hitam ditemukan kadar glukosa yang terkandung dalam darah mengalami penurunan yang lebih baik jika dibandingkan pasien yang mengonsumsi obat-obatan.

Selain mengurangi kadar glukosa di dalam darah, jinten hitam juga berfungsi sebagai imunomodulator yang meningkatan sistem imun tubuh dengan lebih baik lagi.

“Selanjutnya bahan alami yang juga memiliki manfaat baik bagi penderita diabetes adalah pare,” kata dokter Danar.

Baca juga: Jinten hitam, sang penakluk penyakit

Baca juga: Makanan ini bantu jaga kesehatan sistem pencernaan Anda

Dokter yang aktif di media sosial itu pun menyebutkan bahwa pare sudah lama digunakan untuk pengobatan bagi penderita diabetes.

Pare yang telah diekstrak untuk pengobatan diabetes memiliki manfaat meningkatkan produksi insulin dengan cara menstimulasi pankreas lewat zat bernama Charantin.

Insulin dibutuhkan oleh penderita diabetes agar dapat menurunkan kadar glukosa di dalam tubuh yang tidak terolah menjadi sumber energi.

Dengan banyaknya manfaat baik dari jinten hitam juga pare, dokter Danar mendorong para penderita diabetes dapat memanfaatkan keduanya untuk memperbaiki metabolisme tubuh yang terganggu akibat penumpukan gula darah di dalam tubuh itu.

Blacktide

Produk Afyaa Blacktide. (PKomplek/HO/Afyaa Indonesia)





Salah satu produk yang bisa dikonsumsi adalah Blacktide, sebuah serbuk minuman dengan ekstrak pare dan jinten hitam yang bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes yang baru dirilis di Indonesia.

Blacktide merupakan produk yang berasal dari Malaysia di bawah perusahaan bernama Afyaa.

Produk itu merupakan phyto insulin atau kandungan yang menyerupai insulin dan berasal dari tanaman yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar glukosa.

Afyaa menghadirkan kandungan baik lainnya di dalam Blacktide seperti ekstrak kacang hijau hingga L-Glutathione yang diklaim bisa membantu penurunan kadar glukosa pada penderita diabetes.

Selain baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, Blacktide juga dapat dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes dan suka megonsumsi gula sehingga dapat mencegah glukosa yang tidak terolah oleh tubuh.

Produk itu bisa didapatkan di dealer- dealer resmi Afyaa yang ada di Indonesia.

Baca juga: Khasiat jinten hitam terhadap HIV AIDS

Baca juga: Jika hanya boleh akan satu menu, Sandiaga Uno pilih tumis pare

Baca juga: Cara mengolah pare agar tidak pahit ala Okinawa

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *