Lima makanan yang dapat meningkatkan suasana hati

by -16 views
Jakarta (PKomplek) – Suasana hati dan makanan memiliki korelasi yang sangat erat, oleh karenanya tidak sedikit orang yang memilih jenis makanan tertentu untuk memulihkan mood.

Eshanka Wahi, advokat kesehatan dan pendiri Eat Clean with Eshanka asal India mengatakan serotonin atau hormon yang membantu menstabilkan suasana hati, 90 persennya diproduksi di usus dan kemudian disalurkan ke otak melalui neurotransmiter yang menstabilkan suasana hati.

“Karenanya, meningkatkan asupan makanan yang memicu produksi serotonin dapat secara efektif membantu meningkatkan mood kita,” kata Eshanka dilansir Indian Express, Minggu.

Kunci untuk memelihara suasana hati adalah dengan mendapatkan nutrisi yang baik dan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan suasana hati. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan mood.

Baca juga: Jaga “mood” selama hamil dengan rajin olahraga

Baca juga: Mengapa perempuan suka “bad mood” saat PMS?

Buah beri

Makan lebih banyak buat dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah. Diet kaya antioksidan mengelola peradangan yang terkait dengan depresi dan gangguan suasana hati lainnya.

Buah beri mengandung berbagai macam antioksidan dan senyawa fenolik yang memainkan peran penting dalam memerangi stres oksidatif atau ketidakseimbangan senyawa berbahaya dalam tubuh Anda. Buah beri kaya akan antosianin yang melawan penyakit, yang menurunkan risiko depresi.

Coklat hitam

Makan cokelat hitam meningkatkan suasana hati dan membuat Anda merasa lebih tenang dan bahagia. Cokelat hitam merangsang produksi endorfin, bahan kimia di otak kita yang menciptakan perasaan bahagia dan senang.

Cokelat hitam meningkatkan aliran darah ke otak Anda, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak, yang semuanya mendukung pengaturan suasana hati.

Ikan salmon

Salmon diperkaya dengan asam lemak omega 3 yang membantu meningkatkan mood. Asam lemak omega 3 memainkan peran penting dalam pembuatan sel-sel tubuh kita.

Hal itu membuat rambut dan kulit berkilau serta meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang makan ikan yang kaya omega 3 cenderung mengalami peningkatan perasaan puas dan biasanya memiliki suasana hati yang lebih bahagia.

Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian terdiri dari triptofan, asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan suasana hati.

Biji labu, wijen, dan bunga matahari, serta almond, kacang mete, kacang tanah, dan kenari, adalah sumber yang bagus. Mereka adalah komponen besar dari makanan yang mendukung kesehatan tubuh dan otak.

Bayam

Bayam mengandung magnesium, yang memberikan dampak positif pada kadar serotonin dan meningkatkan suasana hati Anda. Orang yang rendah magnesium cenderung dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi dan kecemasan.

Selain itu, makan makanan yang mengandung asam amino esensial yang dikenal sebagai triptofan membantu tubuh meningkatkan produksi serotonin. Triptofan terutama ditemukan dalam makanan yang mengandung protein seperti telur, unggas, dan lainnya. Makanan ini juga secara alami meningkatkan produksi serotonin.

Endorphin adalah hormon bahagia lainnya dan beberapa makanan yang merangsang produksi endorfin dan mendorong perasaan bahagia adalah ashwagandha atau ginseng India, lada, dan cabai.

Baca juga: 10 makanan pembangkit mood tangkal Blue Monday

Baca juga: Psikolog: Mood booster kurangi stres saat swa-isolasi cegah COVID-19

Baca juga: Kiat menjaga “mood” tetap positif selama berpuasa di tengah pandemi

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *