LaNyalla minta pemerintah terus melobi agar dapat kepastian soal haji

by -3 views

Persiapan tetap harus dilakukan dengan matang agar tak terjadi ketidaksiapan jika sewaktu-waktu keran pemberangkatan jamaah haji telah diizinkan kembali.

Jakarta (PKomplek) – Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta Pemerintah untuk terus melobi Kerajaan Arab Saudi agar mendapat kepastian soal penyelenggaraan haji tahun ini.

“Terus lakukan lobby untuk mendapatkan kepastian pemberangkatan,” kata LaNyalla dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hingga saat ini otoritas Arab Saudi belum memberikan kepastian apakah akan membuka penyelenggaraan haji untuk negara lain atau masih menutup.

Namun Kementerian Agama optimistis penyelenggaraan haji akan dibuka. Pasalnya, Pemerintah Arab Saudi tengah melakukan vaksinasi bagi rakyat serta akan membuka jalur penerbangan dalam waktu dekat ini.

Baca juga: DPD RI ajak pelaku UMKM perbaiki strategi bangkit menuju ekonomi baru

LaNyalla pun meminta kepada calon jamaah haji untuk tidak menggantungkan harapan tinggi-tinggi, agar tak kecewa jika Pemerintah Arab Saudi masih belum membuka penyelenggaraan haji.

“Calon jamaah haji harus memperhitungkan kemungkinan tidak adanya pemberangkatan haji. Jadi, jamaah pun siap menerima jika terjadi penundaan berangkat,” ujarnya.

Kendati begitu, kata dia, persiapan juga harus terus dilakukan untuk menyambut peluang dibukanya kembali pemberangkatan jamaah haji oleh Pemerintah Arab Saudi.

Baca juga: Ketua DPD: Pemulihan ekonomi perlu dukungan SDM kreatif

Persiapan tetap harus dilakukan dengan matang agar tak terjadi ketidaksiapan jika sewaktu-waktu keran pemberangkatan jamaah haji telah diizinkan kembali.

“Segala kemungkinan kita harus perhitungkan dengan matang, baik kemungkinan belum dibukanya pemberangkatan jamaah haji maupun dibukanya kembali pemberangkatan haji. Dalam situasi seperti ini kita harus siap dengan segala kemungkinan,” katanya.

Sementara itu, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Khoirizi telah berkunjung ke Kedubes Saudi di Jakarta, Selasa, guna membahas kepastian dan persiapan haji.

“Kami bersilaturahim, membahas kepastian dan persiapan haji 2021. Pertemuan juga membahas kemungkinan kunjungan tim akomodasi, katering, dan transportasi untuk melakukan persiapan pengadaan layanan jemaah haji 1442H/2021M di Saudi,” katanya.

Baca juga: Ketua DPD RI: Pondok pesantren “Prototipe Civil Society”

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *