Konjen Jepang apresiasi program vaksinasi Denpasar

by -366 views
Denpasar (PKomplek) – Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar Katsumata Harumi memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, karena selalu memberikan informasi terkini setiap hari terkait perkembangan dan penanganan COVID-19 di kota setempat.

Katsumata Harumi saat bertatap muka dengan Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di Denpasar, Senin, mengatakan pemkot memberikan informasi atau berita COVID-19 selalu terkini (update) sehingga bisa langsung berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Tokyo untuk menyampaikan seluruh program penanganan COVID-19. Semua itu sangat membantu warga Jepang di luar negeri maupun di dalam negeri yang tinggal di Denpasar Bali.

Lebih lanjut Katsumata Harumi mengatakan dalam penanganan COVID-19, pihak Konjen juga membantu memfasilitasi seluruh program vaksin untuk COVID-19. Mengingat expatriat (seseorang yang tinggal sementara maupun menetap di luar negara) juga sangat membutuhkan informasi tempat vaksin.

Baca juga: Gubernur Bali ingin tingkatkan kerja sama dengan Jepang

Tidak hanya itu, Konjen Katsumata juga akan membantu terkait pekerja yang mengalami dampak pandemi COVID-19. Mengatasi dampak itu program vaksin adalah hal yang utama, sehingga bisa membantu pemulihan ekonomi di Kota Denpasar

Harumi mengaku kerja sama dengan Pemkot Denpasar yang menguntungkan terkait informasi program vaksin COVID-19 sangat berpeluang.

“Keberadaan warga Jepang di Bali mencapai 1.000 orang. Oleh karena itu kami sangat memerlukan informasi satu pintu terkait program vaksin, karena warga Jepang juga melakukan bisnis pariwisata di Bali serta mereka memiliki ‘members as friendship business association’,” katanya.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada Konjen Jepang atas tawaran bantuan untuk memfasilitasi program vaksin COVID-19.

Menurut dia, dampak COVID-19 hampir semua negara mengalaminya. Maka dari itu Jaya Negara mengaku program penangan COVID-19 menjadi prioritas utama yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kota Denpasar.

Baca juga: WNA dapat ikut program vaksin gotong-royong

Lebih lanjut Jaya Negara mengatakan vaksin yang menjadi prioritas utama adalah tenaga kesehatan. Karena mereka garda di depan membantu masyarakat yang terdeteksi COVID-19. Selain itu yang mendapatkan vaksin telah ditentukan melalui aplikasi.

Ia mengatakan agar warga Jepang yang tinggal di Denpasar bisa mendapatkan informasi vaksin, pihaknya akan berkoordinasi kepada Gubernur Bali saat rapat penanganan COVID-19.

“Saya akan koordinasikan kepada Bapak Gubernur Bali agar warga Jepang juga bisa mendapat informasi masalah tempat vaksin COVID-19,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Jaya Negara mengaku siap untuk melakukan kerja sama dengan Konjen Jepang terkait program vaksin COVID-19. Dengan demikian maka akan cepat bisa membangkitkan perekonomian masyarakat khususnya di sektor pariwisata.

Baca juga: FKKMK UGM putuskan mundur dari penelitian Vaksin Nusantara

Baca juga: Satgas: Corona B117 yang ditemukan di Indonesia sudah teratasi

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *