KlikDokter dan ATIC sediakan layanan isoman pasien COVID

by -29 views

Jakarta (PKomplek) – Platform kesehatan digital KlikDokter bersama PT Anabatic Technologies (ATIC) Tbk meluncurkan layanan isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan sebagai respons atas meningkatnya penularan klaster keluarga dan terbatasnya akses kesehatan secara umum.

KlikDokter dan ATIC menyediakan 192 kamar isolasi mandiri di Griya Anabatic yang terletak di Bojong Nangka, Kelapa Dua, Tangerang, Banten.

Baca juga: Vitamin penting untuk rawat anak positif COVID-19 saat isoman

Pasien COVID-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan dan konsultasi kesehatan dari KlikDokter. Mereka juga akan mendapatkan paket vitamin, oxymeter, termometer, dan perawat yang siaga 24 jam.

Griya Anabatic yang memiliki kapasitas 192 kamar juga dilengkapi jaringan WiFi yang mendukung pasien COVID-19 tanpa gejala untuk tetap dapat menjalankan aktivitasnya. Layanan ini diluncurkan secara virtual dan dihadiri Presiden Komisaris dan Komisaris Independen ATIC Ignasius Jonan, CEO KlikDokter Dino Bramanto, Presiden Direktur ATIC Harry Surjanto, Direktur E-Health PT Kalbe Farma Tbk, Michael Bujung Nugroho, dan perwakilan Pemda Tangerang.

Ignasius Jonan mengatakan layanan isolasi mandiri di Griya Anabatic sangat tepat diluncurkan saat ini karena terjadinya peningkatan kasus harian pasien yang terpapar virus Covid-19 semakin mengkhawatirkan.

“Kita semua juga memahami, faktor kultur di sebagian masyarakat Indonesia di mana di dalam satu rumah tinggal bersama tidak hanya keluarga inti dan seringkali jumlahnya lebih banyak dari jumlah kamar yang ada. Ini berbeda dengan kebiasaan di banyak negara lain setiap anggota keluarga memiliki kamar tersendiri,” kata Jonan dalam pernyataan pers, dikutip Senin.

Oleh karena itu, katanya, ketika ada salah satu anggota keluarga yang terpapar COVID-19, potensi penularannya kepada anggota keluarga lain sangat besar karena tidak memiliki tempat memadai untuk melakukan isolasi mandiri.

“Saya berharap dengan adanya layanan isolasi mandiri dari KlikDokter di Griya Anabatic ini dapat membantu mengurangi potensi peningkatan klaster keluarga dan pasien COVID-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan, dapat lebih terbantu dan sehat kembali,” tambah Jonan.

Presiden Direktur ATIC Harry Surjanto mengungkapkan, peningkatan kasus COVID-19 akhir-akhir ini memang sangat mengkhawatirkan. Hal inilah yang membuat ATIC memutuskan untuk turut berkontribusi dengan membuka kembali Griya Anabatic sebagai tempat untuk melakukan isolasi mandiri bagi pasiedengan gejala ringan atau tanpa gejala seperti yang dilakukan tahun lalu.

“Kali ini kami berkolaborasi dengan KlikDokter menghadirkan bagi masyarakat yang membutuhkan fasilitas layanan isolasi mandiri dan didukung layanan kesehatan lainnya secara lengkap untuk memudahkan para pasien dan keluarganya memantau kondisi kesehatan pasien bergejala ringan dan tanpa gejala sesuai standar kesehatan yang berlaku,” katanya.

“Di tengah pandemi ini selayaknya kita berkolaborasi demi bisa mencukupi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman dan cepat. Karena Griya Anabatic bukan fasilitas kesehatan, maka hanya pasien COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan yang dapat melakukan isoman di fasilitas ini,” kata CEO KlikDokter Dino Bramanto.

Baca juga: Nasi kotak 3 kali sehari bagi warga Balikpapan yang isolasi mandiri

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri sidak gudang dan pendistribusian obat di Banten

Baca juga: IDAI: Tidak perlu berikan antibiotik untuk pengobatan COVID-19 anak

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *