Kesembuhan pasien COVID-19 di Kota Bogor capai 91 persen

by -18 views

kemungkinan besar karena sudah menerima vaksin COVID-19 tahap pertama

Bogor (PKomplek) – Jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796 orang atau 91,39 persen dari jumlah keseluruhan kasus positif COVID-19 di kota tersebut yakni 12.906 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno di Kota Bogor, Minggu, mengatakan kasus aktif COVID-19 di Kota Bogor trennya mulai menurun dalam tiga pekan terakhir.

“Salah satu indikatornya adalah sudah dilaksanakannya vaksinasi terhadap tenaga kesehatan dan orang berprofesi pada pelayanan publik,” katanya,

Baca juga: Bima Arya sebut vaksin COVID-19 telah bekerja, nakes tertular nihil

Retno, panggilan Sri Nowo Retno, mencontohkan, penurunan kasus aktif COVID-19 ini juga terlihat pada tenaga kesehatan di Kota Bogor yang terjangkit COVID-19.

Pada Januari 2021 ada 21 orang dan pada Februari ada 10 orang, tenaga kesehatan yang terjangkit COVID-19, sedangkan pada pekan pertama Maret tidak ada yang terinfeksi COVID-19.

“Pada Februari dan Maret, ada penurunan jumlah tenaga kesehatan yang terjangkit  COVID-19, kemungkinan besar karena sudah menerima vaksin COVID-19 tahap pertama pada Januari sampai Februari,” katanya.

Baca juga: Tidak ada ganjil-genap pada libur panjang pekan ini di Bogor

Sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengatakan, kebijakan ganjil-genap kendaraan bermotor pada akhir pekan di Kota Bogor, yang diberlakukan mulai pekan pertama hingga ketiga Februari, berdampak penurunan kasus positif COVID-19.

Kebijakan lainnya yang diberlakukan Pemerintah Kota Bogor yakni Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada tingkat RW, juga berdampak pada penurunan kasus positif COVID-19.

Apalagi, kata dia, setelah ada vaksin COVID-19 yang telah disuntikkan kepada tenaga kesehatan di Kota Bogor pada vaksinasi tahap pertama dan kedua, mulai bekerja dengan baik dan terbukti menurunkan jumlah tenaga kesehatan yang terjangkit COVID-19.

Baca juga: Indikator COVID-19 membaik, Kota Bogor hentikan sementara ganjil/genap

Kemudian, pada vaksinasi tahap kedua, vaksin COVID19 juga disuntikkan kepada orang yang bekerja pada pelayanan publik. “Vaksin itu mulai bekerja meningkatkan antibodi. Dampaknya tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 menurunkan,” katanya.

Berdasarkan data COVID-19 pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, jumlah pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh dalam sepekan terakhir ada 659 pasien, jauh lebih tinggi dari pada jumlah pasien yang baru terkonfirmasi positif COVID-19 dalam waktu yang sama yakni 290 pasien.

Semakin meningkatnya angka kesembuhan pasien positif COVID-19, sehingga pasien positif COVID-19 yang masih dirawat di rumah sakit jumlahnya juga menjadi menurun.

Pada Senin (8/3) ada 1.189 pasien positif tapi pada Sabtu (13/3) turun menjadi 900 pasien positif COVID-19.

Baca juga: Pemkot Bogor jadwalkan vaksinasi COVID-19 tahap kedua pada Maret-April

 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *