Kemenparekraf festival travel online

by -30 views
Jakarta (PKomplek) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia mendukung kolaborasi pemerintah dengan berbagai stakeholder untuk menyelenggarakan festival pariwisata secara daring guna membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri Parekraf, Sandiaga Uno mengatakan saat ini pihaknya memiki tiga strategi utama untuk membangkitkan industri yang sempat terpuruk yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Strategi inovasi dan adaptasi telah dilakukan saat awal pandemi COVID-19 yakni dengan mentransformasikan perdagangan yang awalnya konvensional atau tatap muka menjadi daring.

“Kita juga harus berkolaborasi dengan berbagai stakeholder guna membangun sistem yang terintegrasi mulai dari promosi, pemasaran, penjualan hingga pembayaran untuk lebih baik lagi,” ujar Sandiaga dalam jumpa pers “Blibli Travel & UMKM Fest 2021” pada Kamis.

Baca juga: Jika hanya boleh akan satu menu, Sandiaga Uno pilih tumis pare

Baca juga: Kemenparekraf jadikan sejumlah desa wisata contoh penerapan GeNose C19

Selama pandemi COVID-19 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah yang terdampak paling besar. Namun, para pelaku usaha tidak boleh menyerah dan harus mencari cara untuk tetap menghidupkan industrinya.

Salah satu acaranya adalah berkolaborasi dengan market place untuk menjual produk UMKM dan paket pariwisata. Yang paling penting adalah pelaku usaha harus menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) secara ketat.

“Ini memudahkan para traveler untuk membeli produk dan paket wisata yang diinginkan tentunya yang telah menerapkan protokol kesehatan CHSE secara ketat. Selain itu acara ini juga memfasilitasi para pecinta produk UMKM untuk mendapatkan produk secara online melalui market place atau e-commerce,” kata Sandiaga.

Sandiaga pun mengajak masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan program Bangga Berwisata atau dengan tagar #DiIndonesiaAja dan #BanggaBuatanIndonesia.

“Semoga program ini memberikan dampak positif dan meningkatkan kembali perekonomian daerah dan jangan lupa protokol kesehatan yang disiplin dan ketat agar meningkatkan kembali ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Sandiaga.

Baca juga: Kemenparekraf kembali fokuskan potensi desa wisata dan “homestay”

Baca juga: Kemenparekraf gelar Indonesia Coorporate Golf Series Championship

Baca juga: Kemenparekraf gelar Baparekraf Developer Day untuk pengembang aplikasi

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *