Kemarin, registrasi akun ditutup pemerintah dukung pengembangan vaksin

by -11 views
Jakarta (PKomplek) – Sejumlah berita Jumat (12/3) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari penutupan registrasi akun LTMPT hingga Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah mendukung pengembangan vaksin COVID-19 oleh inovator dalam negeri seperti Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara dengan tetap mengikuti kaidah saintifik.
 

Berikut berita-berita tersebut :

 

1. Registrasi akun LTMPT ditutup pada 12 Maret

 

Registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bagi siswa yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ditutup pada Jumat pukul 15.00 WIB.

 

“Pendaftaran akun LTMPT ditutup hari ini, untuk itu kami minta siswa yang belum mendaftar untuk segera mendaftar,” ujar Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, di Jakarta, Jumat.

 

2. Bappenas: Ekonomi sirkular bisa tambah PDB 638 triliun pada 2030

 

Deputi Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan ekonomi sirkular dapat menghasilkan tambahan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar Rp593 triliun sampai Rp638 triliun pada tahun 2030.

 

“Artinya kalau kita rata-rata selama ini tumbuh sebesar 5 persen kalau kita kemudian melakukan transisi kepada ekonomi sirkular pertumbuhan ekonomi kita bisa sekitar 5,6 sampai 5,7 persen, artinya ini akan memberikan percepatan atau akselerasi terhadap laju pertumbuhan PDB di Indonesia,” kata Amalia dalam seminar virtual Inovasi Ekonomi Sirkular dan Produk Inovasi Biokonversi, Jakarta, Jumat.

 

3. Presiden : Vaksin Merah Putih-Nusantara harus ikuti kaidah saintifik

 

Presiden RI Joko Widodo menyatakan pemerintah mendukung pengembangan vaksin COVID-19 oleh inovator dalam negeri seperti Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara, namun produk farmasi tersebut tetap harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik.

 

“Vaksin yang tengah dikembangkan di Tanah Air adalah vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara yang terus harus kita dukung. Tapi untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat dan bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers yang diunggah oleh Sekretariat Presiden, Jakarta, Jumat.

 

4. 3.769.174 orang terima suntikan vaksin COVID-19 per 12 Maret

 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat pada Jumat (12/3) hingga pukul 12.00 WIB, terdapat 3.769.174 orang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 se-Indonesia, dengan pertambahan jumlah penerima sebanyak 73.115 orang.

 

Satgas juga mencatat terdapat 43.747 orang telah mendapatkan suntikan dosis kedua hingga dalam selang waktu sehari sebelumnya.

 

5. Peserta SNMPTN boleh daftar SBMPTN setelah pengumuman

 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) boleh mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) setelah pengumuman SNMPTN.

 

“Peserta SNMPTN 2021 dapat mendaftar UTBK-SBMPTN 2021 setelah pengumuman SNMPTN 2021,” ujar Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih di Jakarta, Jumat.

 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *