Ini cara mandikan kucing persia yang benar

by -23 views

Jakarta (PKomplek) – Bagi para pecinta kucing, merawat kucing bisa menjadi satu tantangan tersendiri apalagi waktu grooming atau memandikannya apalagi bila si “anak berbulu” ini memiliki bulu lebat dan panjang.

Pakar kucing ras jenis Persia Dewarangga melalui akun Instagram miliknya membagikan tips atau cara memandikan kucing peliharaan yang benar agar tidak menyakiti.

Salah satu jenis kucing peliharaan yang terkenal di kalangan pecinta kucing adalah Ras Persia yang membutuhkan perawatan extra. Anatomi dan kondisi genetik yang unik membuat kucing persia menjadi kucing yang lucu dan menggemaskan, ciri khasnya pada hidungnya yang “pesek” dan bulunya yang lebat hampir di seluruh bagian tubuh.

Kendati demikian, kondisi bulu lebat dan gondrong menjadikan kucing persia butuh cara mandi yang tepat untuk mencegah kerontokan bulu. Bulu yang mudah rontok ini selain bisa mengganggu karena bertebaran dimana-mana, bisa membuat kucingnya menjadi muntah bulu dengan istilah “hairballs”.

Berikut tips yang dibagikan buat para pecinta kucing, pertama mempersiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan yang dibutuhkan tidaklah banyak, hanya wadah mandi, botol untuk mencampurkan air dan shampoo, handuk dan pet dryer untuk mengeringkan, serta sisir untuk tahapan terakhir.

Kedua, melakukan tahapan pre grooming, caranya dengan menggunakan pet dryer untuk menguraikan bulu kucing, bisa juga menggunakan sisir. Tujuan utamanya agar mengurangi bulu kusut dan gimbal saat dimandikan nanti.

Ketiga, memandikan kucing, bilas perlahan air ke badan kucingnya agar tidak panik, jika sudah mulai terbiasa, kamu bisa rendam kucing kamu ke wadah yang berisi air. Shampoo yang digunakan disini ada 2 tahap yaitu Degreaser untuk membersihkan noda, minyak dan kotoran, serta conditioner untuk menghaluskan bulunya. Pastikan kucing sudah bersih dibilas sebelum berganti ke shampoo selanjutnya. Tipsnya bisa menggunakan air hangat agar kucingnya lebih tenang.

Keempat, mengeringkan kucing, gunakan handuk microfiber atau yang bahannya sangat lembut agar tidak merusak bulu. Proses mengeringkan sebaiknya menggunakan pet dryer karena panas hair dryer manusia bisa membuat bulu kucing rontok. Pada tahap ini kamu juga bisa membersihkan telinga kucingnya. Setelah kering sempurna, sisir bulu kucing kamu agar bulu menjadi bagus dan tidak gimbal.

Selain itu memandikan kucing cukup dilakukan satu kali dalam seminggu, sementara untuk kucing jenis persia atau kucing lain yang berbulu lebat dan panjang disarankan dilakukan dua kali dalam seminggu.

Baca juga: Meong! Kafe di Brasil jadi tempat nongkrong sekaligus adopsi kucing

Baca juga: Alasan kucing gemar memijat tuannya

Baca juga: Benarkah makanan buatan sendiri lebih baik untuk kucing?

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *