ILUNI UI raih penghargaan atas kontribusi dalam penanggulangan bencana

by -14 views
Jakarta (PKomplek) – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menerima penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas intensitas, konsistensi, dan inovasi dalam penanggulangan bencana di Tanah Air.

“Semoga di tengah krisis pandemi seperti sekarang, semangat untuk membantu sesama terus berkibar. Agar bersama-sama kita bisa ringankan beban negeri ini dari segala musibah dan bencana yang melanda,” ujar Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Andre menerima penghargaan itu langsung dari Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Sebelumnya, penghargaan serupa telah diterima ILUNI UI pada tahun 2020. Menurut Andre, penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen dan upaya aktif ILUNI UI dalam membantu pemerintah, para pemangku kepentingan, dan masyarakat luas dalam bidang penanganan dan penanggulangan bencana.

Andre mengatakan berbagai komitmen dan kerja ILUNI UI untuk kemanusiaan telah dilakukan sepanjang kepengurusan ILUNI UI, salah satunya ditunjukkan pada bencana banjir yang melanda DKI Jakarta, Banten, Bekasi, Bogor, dan sekitarnya pada awal 2020.

Tak hanya itu, ILUNI UI juga berpartisipasi aktif dalam penanganan COVID-19 sejak dini, sebelum ditemukan kasus COVID-19 pertama di Tanah Air, UI melalui ILUNI UI Tanggap COVID-19 pun telah memberikan berbagai bantuan seperti penyediaan hand sanitizer dan disinfektan, serta bantuan logistik serta konsumsi untuk mahasiswa dan masyarakat. ILUNI UI juga aktif memberikan edukasi terkait COVID-19 melalui berbagai diskusi, serta rekomendasi dari para pakar dalam bentuk kertas kerja.

“Upaya aktif ini terus dilakukan dengan menggandeng ILUNI Fakultas, wilayah, chapter, dan juga pemangku kepentingan, serta masyarakat,” tambah dia.

Koordinator ILUNI UI Peduli sekaligus Koordinator ILUNI UI Tanggap COVID-19 Endang Mariani mengatakan, penghargaan yang diterima oleh ILUNI UI merupakan bentuk apresiasi untuk para relawan ILUNI UI.

“Meskipun di tengah pandemi, relawan-relawan Community Disaster Response Team (Co-DRT) ILUNI UI yang merupakan gabungan dari Alumni Peduli Center, Community Development Center, ILUNI Resimen Mahasiswa (MENWA UI), dibantu oleh center-center lain, bekerja sama dengan ILUNI UI dari berbagai unsur, tetap bekerja untuk membantu masyarakat terdampak bencana alam lainnya,” kata Endang.

Menurut Endang, penghargaan itu menjadi amanah dan pengingat bagi ILUNI UI untuk bekerja dengan lebih keras demi menolong sesama. Selain ILUNI UI, BNPB juga memberikan penghargaan yang sama kepada UI untuk kategori institusi pendidikan.

“ILUNI UI menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi semua pihak yang telah mempercayakan amanahnya untuk terus berbagi kebaikan. Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk bersinergi karena bencana tidak bisa dihadapi sendirian,” kata Endang lagi.

Baca juga: ILUNI UI: Masih ada perbedaan pemahaman terhadap pandemi COVID-19

Baca juga: Iluni UI nilai ego sektoral hambat penanganan COVID-19

Baca juga: Iluni UI bantu 4.050 paket sembako dan APD tenaga medis

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *