Gerakan Bersih Masjid jaga 30 ribu masjid tetap higienis saat Ramadhan

by -26 views
Jakarta (PKomplek) – PT Unilever Indonesia untuk kali ke-5 merealisasikan kegiatan sosial tahunan “Gerakan Masjid Bersih” bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk mewujudkan masjid yang nyaman dan aman.

Dengan dukungan dari produk pembersih Sahaja, Unilever Indonesia dan DMI menargetkan 30 ribu masjid tetap higienis dan terjaga di bulan Ramadhan tahun ini.

“GMB merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen kehadiran Unilever Muslim Centre of Excellence (MCOE) yang kami luncurkan pada awal bulan ini, di mana salah satu komitmen kami adalah mewujudkan komunitas muslim yang lebih sehat dan sejahtera melalui rangkaian program pengembangan ekonomi syariah, pemberdayaan masyarakat, serta edukasi perilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Direktur Human Resources PT Unilever Indonesia Willy Saelan dalam acara yang digelar virtual, Jumat.

Baca juga: Dewan Masjid Indonesia ingatkan tarawih tetap patuh protokol kesehatan

Willy mengatakan pada Gerakan Masjid Bersih tahun ini, pihaknya konsisten menjaga higienitas masjid dengan mendonasikan puluhan ribu perangkat kebersihan sekaligus mengedukasi masyarakat, khususnya para marbut sebagai garda terdepan penjaga rumah ibadah, khususnya di wilayah masjid.

Sementara itu Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia Bidang Sosial dan Kemanusiaan Andi Mappaganty mengatakan Gerakan Masjid Bersih sudah digagas sejak 2017 lalu oleh DMI dan Unilever Indonesia.

Di momen Ramadan kali ini, kata dia, kegiatan bersih masjid semakin relevan, mengingat kebutuhan untuk menjaga kebersihan lingkungan termasuk masjid semakin signifikan.

“Di tahun kelima program GMB berjalan, kami mengapresiasi kerjasama antara DMI dan Unilever yang secara konsisten telah terus dijalankan, dan memberi dampak bagi kemaslahatan umat,” kata Andy.

Dalam kesempatan itu, Andy juga menyampaikan bahwa saat ini masjid telah dibuka kembali dengan segala penyesuaian. Dia pun mengimbau masyarakat untuk dapat beribadah namun tetap memastikan keamanan diri masing-masing dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Sejak digelar pada 2017, Gerakan Masjid Bersih telah menjangkau lebih dari 100.000 Masjid di Indonesia.

Gerakan Masjid Bersih tahun ini turut melibatkan berbagai pihak untuk memberikan dampak positif yang lebih luas melalui serangkaian kegiatan, di antaranya dengan pembelian produk Sahaja, konsumen secara otomatis mensedekahkan 2,5 persen dari penjualan dan akan langsung disalurkan ke BAZNAS untuk berbagai kegiatan sosial, termasuk menjaga higienitas masjid.

Baca juga: JK sarankan pengurus masjid atur Shalat Tarawih bergiliran

Baca juga: JK: Sertifikasi ulama relevan untuk masjid di instansi pemerintahan

Baca juga: JK : Masjid jadi lokasi vaksinasi COVID-19

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *