Empat taman kota di Jakpus dibuka untuk warga berwisata ditengah PPKM

by -7 views
Jakarta (PKomplek) – Sebanyak empat taman kota di Jakarta Pusat kembali dibuka untuk memfasilitasi warga berwisata di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM).

Pembukaan taman- taman kota itu dilakukan mulai hari ini Sabtu (13/3) dan dipastikan disiagakan petugas khusus untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan.

“Taman- taman kota itu dibuka namun dengan maksimal kapasitas 50 persen, petugas keamanan atau pamdal juga ada untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku saat ini,” kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda saat dihubungi PKomplek, Sabtu.

Selain membatasi jumlah pengunjung dan menyiapkan pengawasan, di taman-taman itu juga sudah disiapkan fasilitas untuk mencuci tangan sehingga warga dapat dengan nyaman menjalankan protokol kesehatan 3M.

Meski sudah disiapkan berbagai sarana untuk mendukung penerapan protokol kesehatan, Mila berharap warga yang berwisata ke taman kota agar tidak melupakan penggunaan masker.

“Kami ingin menyediakan ruang terbuka hijau yang aman dan nyaman dengan membersihkan dan menyediakan fasilitas di taman- taman itu, tapi warga juga diharapkan bisa ikut menjaga kesehatan dirinya sendiri dengan pakai masker atau membawa handsanitizer untuk proteksi diri,” ujar Mila.

Pembukaan taman kota tahap satu ini nantinya juga berpengaruh pada keputusan pembukaan taman-taman kota lainnya.

“Kita lihat dulu hasil evaluasinya, kalau ternyata masyarakatnya bisa patuh sama penerapan protokol kesehatan dan hasilnya baik tentu taman- taman lainnya kita buka bertahap,” kata Mila.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang ingin berwisata di taman- taman kota Jakarta selama PPKM berlangsung adalah suhu tubuh harus di bawah 37.5 derajat celcius, mengikuti jalur yang sudah diberi tanda di taman, tetap menjaga jarak, dan tidak mengumpulkan kerumunan massa.

Ada pun 4 taman kota yang dibuka di Jakarta Pusat di masa PPKM adalah sebagai berikut:

1. Taman Lapangan Banteng

Monumen Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng. (PKomplek/HO/instagram @tamanhutandki)

Taman Lapangan Banteng terletak di dekat kawasan Pasar Baru, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Lapangan Banteng di antaranya berolahraga, berfoto- foto, hingga menikmati pemandangan di danau yang terletak di tengah taman.

Selain itu, masyarakat juga dapat belajar sejarah di taman yang dikelola oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta itu karena taman ini menjadi saksi bisu dan lokasi dari Monumen Pembebasan Irian Barat.

2. Taman Sumenep Promade

Jembatan Gantung di Taman Sumenep Promenade. (PKomplek/Livia Kristianti)

Taman Sumenep Promade terletak di dekat Bundaran HI tepatnya di Jalan Sumenep dan baru mengalami revitaliasi pada 2019.

Bagi warga yang ingin mengalami sensasi keasrian di tengah kota dapat datang ke taman ini karena banyak tanaman dan pohon yang dapat menyejukan suasana.

Di taman ini juga terdapat jembatan gantung yang tentunya dapat digunakan untuk menghasilkan foto “instagramable” bagi pengunjung.

3. Taman Setara Tanamur

Mural di Taman Setara Tanamur. (PKomplek/HO/ Sudin Kominfotik Jakarta Pusat)


Taman Setara

Tanamur adalah salah satu taman yang dirancang khusus untuk ramah bagi penyandang disabilitas.

Diresmikan pada Agustus 2020 lalu, taman setara yang berada di Tanah Abang Timur itu dihiasi juga oleh lukisan dinding atau mural yang dapat menjadi spot untuk berfoto.

4. Taman FO Slipi

fasilitas skate park di Taman FO Slipi (PKomplek/Livia Kristianti)

Taman Fly Over (FO) Slipi merupakan salah satu taman yang dirancang untuk para pecinta olahraga skateboard.

Terdapat fasilitas skatepark di Taman FO Slipi, selain itu terdapat juga banyak tanaman yang menambah keasrian di taman yang terletak di kawasan Petamburan itu.

Baca juga: Ragunan masih buka

Baca juga: DKI Jakarta akan beli lahan warga demi taman

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta bangun enam taman anak

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *