Portal Komplek

5 Cara Atasi Download Tertunda Di Play store dengan Mudah

Penulisbaru.com - Download Tertunda Di Play store.Kita ketahui bersama bahwa Play Store adalah suatu layanan yang diberikan oleh Google sebagai sumber ataupun tempatnya pengguna android untuk download dan juga unstall aplikasi, game maupun e-book di smartphone android.

Kamu dapat dengan mudah mendownload dan menginstall aplikasi aplikasi yang tersedia Play Store. Walaupun begitu, ada saja masalah Play Store yang sering di hadapai pengguna smartphone android. Masalah yang akan saya bahas dalam artikel kali ini salah satu nya, yakni Download Tertundaketika ingin mendownload aplikasi di Playstore.

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah play store ini, sebaiknya kamu baca artikel ini sampai selesai.

Baca Juga :

Cara Atasi Download Tertunda Di Play store dengan Mudah

Taukah kamu? Sebenarnya, banyak sebab yang mengakibatkan masalah download tertunda di play store ini sob. Koneksi Internet kuran stabil, memori internal tidak mencukupi hingga aplikasi Play Store itu sendiri yang sebenarnya belul melakukan Update.

Baca Juga : Perbarui Play Store Versi Terbaru Disini (Update)

Oke, dibawah ini adalah cara untuk mengatasi masalah download tertunda di play store, berikut cara caranya :

1. Cek Kapasitas Memori Internal Smartphone Android

Kalo smartphone android kamu mempunyai spesifikasi yang cukup rendah atau ukuran memori internal yang kecil, pastinya agak susah untuk terus menerus perbatui atau update aplikasi terbaru sob. Karena, dengan kapasitas memori internal pada smartphone android yang kecil tentunya tidak akan setimpal dengan ukuran data yang semakin besar sob.

Cara Atasi Download Tertunda Di Play store dengan Mudah 1

Nah, jika kamu menemukan masalah download tertunda di play store, ada kemungkinan kapasitas memori internal pada smartphone android kamu sudah penuh sob. Ada baiknya kamu baca artikel dibawah ini agar memori internal kamu bisa untuk download lagi.

Baca Juga : 2 Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root

2. Update Versi Google Play Store Terbaru

Kebanyakan pengguna android enggan menge cek apakah Google Play Store nya sudah di Update atau belum. Ada baiknya kamu agar selalu rutin Update atau perbarui play store versi terbaru. Banyak sekali manfaat jika kamu update google play store kamu sob, salah satunya adalah meminimalisir terjadinya erro atau masalah yang sering terjadi di Google Play Store.

Cara Atasi Download Tertunda Di Play store dengan Mudah 2

Ikuti langkah langkah dibawah ini untuk melakukan pengecekan apakah Google Play Store kamu sudah di Update atau belum, berikut langkah langkah nya:

  • Buka Google Play Store
  • Klik ikon garis tiga di pojok kiri atas
  • Setting
  • About
  • Lihat Play Store Version

3. Hapus Cache Google Play Store

Jika kamu sering download dan install aplikasi atauoun game di Google Play Store tentunya itu akan menyebabka kapasistas cache (file sementara) menjadi menumpuk sob. Jadi ada baiknya selalu rutin mengecek dan menghapus cache sebelum kamu ingin download dan install aplikasi fi Play Store.

Cara Atasi Download Tertunda Di Play store dengan Mudah 3

Begini cara hapus cache play store :

  • Buka Setting / Pengaturan
  • Pilih My Apps / Aplikasi
  • Kemudian pergi ke tab All
  • Selanjutnya cari Google Play Store
  • Pilih Clear Data dan Clear Cache

4. Coba ubah Pengaturan Download jadi Koneksi WiFi

Taukah kamu? pada umumnya masalah utama download pending / tertunda di play store adalah koneks internet. Misalnya sinyal pada data seluler tidak muncul atau mungkin bisa jadi jaringan wifi yang kamu pakai pada saat itu tidak bagus atau kurang memadai untuk download sehingga menyebabkan download tertunda.

Cara Atasi Download Tertunda Di Play store dengan Mudah 4

Untuk mengatasi masalah tersebut kamu coba untuk beralih ke mode data atau menggunakan data seluler ketika ingin mendownload dan install aplikasi di play store. Ketika kamu ingin mendownload hilangkan tanda ceklis dan lalu tekan proceed. Dengan begitu kamu akan mendownoad tidak dengan menggunakan jaringan wifi melainkan menggunakan data seluler.

5. Re-Install Google Play Store dan Reset Android

Cara Atasi Download Tertunda Di Play store dengan Mudah 5

Cara yang terakhir untuk mengatasi download tertunda di play store adalah melakukan install ulang pada aplikasi Google Play Store nya itu sendiri sob. Selain itu juga langkah yang sangat amat terakhir adalah kamu bisa melakukan kembali ke setelan pabrik atau bahasa kerennya reset android seperti ke pengaturan awal. Namun, jika kamu memilih langkah yang satu ini dapat menyebabkan data data yang ada di memori internal kamu akan terhapus semua sob.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Loading Terus.

Nah, mungkin itu saja artikel kali ini yang berjudul 5 Cara Atasi Download Tertunda Di Playstore dengan Mudah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua terimakasih sob.

2 Responses for 5 Cara Atasi Download Tertunda Di Play store dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *