Portal Komplek

Kenapa Download Tertunda di Play Store? Ini Solusinya!

Download Tertunda di Play Store - Kita tau bahwa tempat mendownload aplikasi ataupun game di Android adalah di Google Play Store. Sekarang saya ingin membahas salah satu masalah yang bisa terjadi di google play store tersebut. Namun sebelumnya jika kita membicarakan masalah play store mungkin banyak pertanyaan pertanyaan yang akan keluar. Seperti, Kenapa Download Tertunda Terus di Play Store ?, Kenapa Download Di Play Store Loadingnya Lama? Download di Play Store kok Tertunda Terus ?, Kenapa Tidak Bisa Download di Play Store ?, Cara Mengatasi Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Dowload gimana ?, Apa Penyebab Download Tertunda Pada Play Store ?, Kenapa Play Store Download Pending ?, itu hanya sebagian pertanyaan dari masalah play store.

Nah, di artikel kali ini saya ingin membahas mengenai Download Tertunda di Play Store. Ada beberapa penyebab dan cara memperbaiki dan mengatasi download tertunda di play store. Sebelum itu mari kita ketahui dulu penyebab yang mengakibatkan download tertunda di google play store ini.

download tertunda di play store

Penyebab Download Tertunda di Play Store

Ada beberapa kemungkinan atau penyebab yang terjadi sehingga mengakibatkan masalah play store download tertunda. Berikut penyebab-penyebabnya :

1) Internet Lemot

Penyebab download tertunda di playstore yang pertama tentu adalah internet. Koneksi internet yang tidak stabil bisa mengakibatkan download di play store menjadi pending. Sebaiknya kamu cek terlebih dahulu koneksi internet kamu sebelum kamu download aplikasi atau game di google play store.

2) Memori Penuh

Penyebab download tertunda di play store yang kedua adalah memori yang tidak cukup. Yap, benar sekali download pending atau download tertunda di play store bisa disebabkan oleh penuhnya memori android tersebut. Disarankan untuk menghapus sebagian aplikasi yang sudah terinstall untuk melegakan memori agar bisa download di play store lagi.

3) Sampah Cache

Selanjutnya penyebab download tertunda di play store adalah Cache. Cache merupakan sebuah file yang bersifat sementara yang di hasilkan oleh aplikasi dan disimpan di dalam memori. Cache manumpuk dapat menyebabkan kinerja android semakin lambat dan lemot. Tentunya juga dapat menyebabkan download di play store menjadi pending atau tertunda.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki dan mengatasii download tertunda di play store. Beberapa cara sebenarnya sangat sederhana, namun jarang dilakukan oleh pengguna android yang mengalami masalah ini.

1) Restart Hp

Cara mengatasi download tertunda di play store yang pertama adalah restrat hp android. Tidak ada salahnya jika kamu menemukan masalah play store yang satu ini langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merestart hp. Sehingga data seluler dan jaringan internet akan kembali ter-refresh. Setelah restart hp android, kamu bisa coba mendownload kembali aplikasi atau game yang ingin kau download di play store.

2) Cek Memori

Cara yang kedua untuk mengatasi download yang tertunda di play store adalah mengecek memori di hp android kamu. Sebelum download di play store ada baiknya kamu mengecek ketersediaan ruang pada memori. Jika di rasa memori kamu sudah penuh kamu bisa mencoba melegakannya kembali dengan membaca artikel ini 2 Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root.

3) Hapus Cache

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah download tertunda di play store adalah menghapus cache. Cache yang menumpuk dapat menyebabkan kinerja dari android tersebut. jadi ada baiknya sebelum kamu mendownload aplikasi atau game di play store kamu hapus cache terlebih dahulu dengan cara dibawah ini :

Cara Menghapus Cache di Android

  • Pergi ke Setting / Pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih Apps / Aplikasi.
  • Setelah itu, pilih tab ALL.
  • Kemudian, cari Google Play Store.
  • Dan yang terakhir Clear Data dan Clear Cache.
  • Selesai.

Setelah menghapus data dan cache google play store silahkan kamu coba download lagi. Kemungkinan cara ini berhasil untuk mengatasi masalah play store ini.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Play Store Error RH-01

Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini mengenai Download Tertunda di Play Store. Sebelum melakukan cara di atas ada baiknya kamu melakukan cara yang pertama terlebih dahulu yaitu dengan me-restart hp kamu kemudian coba download lagi. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *