Daftar makanan super untuk sahur agar puasa tahan lapar

by -20 views
Jakarta (PKomplek) – Selama Ramadhan, sahur adalah bagian penting dari puasa. Sahur adalah cara yang sangat penting untuk menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari.

Berikut daftar makanan super dikutip dari Gulfnews pada Minggu yang cocok untuk sahur yang akan melepaskan energi secara perlahan ke seluruh tubuh Anda, untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama:

1. Telur

Tak bisa dipungkiri, telur menjadi pilihan favorit untuk sahur. Telur adalah salah satu makanan paling bergizi di planet ini dan sangat tinggi protein. Telur adalah cara yang bagus untuk tetap kenyang lebih lama dan rasanya enak.

Cobalah telur orak-arik dengan bayam dan keju yang dibungkus dengan tortilla gandum untuk sahur.

Baca juga: Game bertema Ramadhan, jualan kolak sampai patroli sahur

Baca juga: Menu Ramadhan – Roti telur mayo untuk sahur kilat

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang sangat bergizi. Buah ini harus menjadi makanan utama saat sahur.

Alpukat juga bisa menambahkan tekstur dan rasa yang kaya ke hidangan apa pun. Alpukat sangat tinggi seratnya. Serat adalah bagian tanaman yang tidak dapat dicerna yang dapat berkontribusi besar pada penurunan berat badan dan juga mengurangi lonjakan gula darah.

Manfaat lain adalah membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga energi dilepaskan perlahan sepanjang hari. Ini membuatnya menjadi bahan yang sempurna untuk hidangan sahur apa pun. Mengapa tidak mencoba alpukat tumbuk dengan roti gandum utuh dengan jagung dan tomat?


 

Ilustrasi bran muffins (Pexel)

3. Bran muffins

Bran Muffins mengandung serat gandum yang sangat tinggi dan butiran yang sangat serbaguna.

Serat gandum membuat pencernaan lancar dan berkontribusi pada diet yang sehat dan mengenyangkan, yang pasti akan menjauhkan rasa lapar selama hari-hari Ramadhan yang panjang. Muffin gandum sangat enak, karena bisa dibuat secara bertahap dan dimakan beberapa kali seminggu. Anda juga bisa membekukan adonan untuk digunakan nanti. Cobalah muffin kulit pisang.

4. Selai almond

Selai almond adalah selai kacang baru. Dikemas dengan berton-ton vitamin E, yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol, selai ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, bergizi tinggi, dan rasanya lezat.

University of Massachusetts Medical School merekomendasikan almond sebagai salah satu kacang yang paling sering muncul dalam makanan Anda. Selain semua manfaat kesehatan yang luar biasa ini, selain almond juga merupakan makanan enak yang membuat Anda kenyang sepanjang hari. Mengapa tidak mencoba olesi roti gandum dengan selai almond dan irisan pisang?

 

Ilustrasi kacang fava (Pexel)

5. Kacang fava

Banyak orang Arab akrab dengan kacang Fava, umumnya dikenal sebagai “Foul”. Kacang fava, adalah kacang kecil berwarna hijau, yang berwarna coklat tua setelah dimasak.

Anda dapat membelinya kalengan dan dibumbui dari supermarket mana pun. Jenis kacang ini kaya nutrisi ini cukup tinggi protein dan serat (dua superstar kami). Kacang ini juga sangat rendah lemak dan merupakan sumber makanan yang sangat baik dengan banyak nutrisi penting bagi kesehatan manusia. Mereka lezat, jika dibumbui dan dapat dinikmati dengan telur, keju, atau roti.

6. Greek yoghurt

Greek yoghurt memiliki kekuatan protein. Bahan yang lembut dan sangat menyehatkan ini adalah cara sempurna untuk mempersiapkan hari puasa.

Greek yoghurt juga dikemas dengan probiotik dan memiliki jumlah protein dua kali lipat dari yogurt biasa. Sedikit protein ekstra itulah yang akan membantu Anda merasa kenyang. Yoghurt ini rendah karbohidrat dan juga membantu menahan rasa haus. Mengapa tidak mencoba parfait greek yoghurt yang lezat dan mengenyangkan.

7. Salmon Asap

Salmon adalah bagian penting dari diet paleo yang sehat, karena merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang sangat baik. Salmon juga dikenal dengan asam lemak omega-3, yang merupakan asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat membuatnya sendiri dan harus diperoleh dari sumber luar, untuk berkontribusi pada fungsi otak yang sehat. Mengapa tidak mencoba telur rebus, alpukat, dan salmon asap pada muffin Inggris?

Ilustrasi quinoa (Pexel)

8. Quinoa

Quinoa adalah salah satu makanan kesehatan yang paling disukai di dunia, karena bebas gluten, tinggi protein dan memiliki semua asam amino esensial. Biasanya juga ditanam secara organik, yang sangat membantunya mendapatkan popularitasnya sebagai makanan super.

Keserbagunaannya juga sangat bagus, karena cocok dengan banyak bahan lainnya, memungkinkan Anda menikmatinya untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Itu membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama, yang merupakan cara yang bagus untuk membantu Anda melewati hari-hari puasa Ramadhan ini. Mengapa tidak mencoba sarapan quinoa dengan santan, vanilla, dan kayu manis?

9. Selai kacang

Selai kacang adalah bahan yang sangat lembut dan kaya protein dan membuat Anda merasa kenyang. Olesan serbaguna ini juga sangat baik untuk kesehatan Anda.

Minyak sehat dalam selai kacang membantu menurunkan berat badan dan diabetes. Selai kacang juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Itulah jenis lemak yang perlu Anda makan untuk menghilangkan perut yang membandel itu. Mengapa tidak mencoba sarapan smoothie selai kacang yang sehat?

Baca juga: Cukup tujuh menit, resep sahur praktis Banana Nugget

Baca juga: Manfaatkan sahur jadi ajang jalin keakraban dengan buah hati

Baca juga: Menu sahur jus khusus untuk penderita maag hingga autoimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *