Converse lanjutkan kampanye “City Forest” gandeng muralis perempuan

by -20 views

Jakarta (PKomplek) – Converse, merek sepatu ikonik Amerika Serikat, kembali melanjutkan kampanye global “City Forests: Breaking Barriers – True Color”, yang kali ini lebih berfokus pada kesetaraan gender berkolaborasi dengan komunitas kreatif untuk membuat mural keberlanjutan di kota-kota di seluruh dunia.

Kampanye berupa kegiatan street art melukis mural tersebut adalah sebuah upaya kreatif yang memadukan seni jalanan dengan kepedulian anak muda terhadap lingkungan.

Mengangkat tema kampanye “Breaking Barriers – True Color”, kolaborasi kali ini menggandeng Shane Tiara, seorang muralis perempuan yang populer di bidang grafiti Indonesia, menghadirkan mural dengan judul “Setara Berkarya Untuk Ibu Pertiwi” menyuarakan semangat kesetaraan gender (gender equality) yang kerap menjadi salah satu isu penting saat ini.

Baca juga: Di balik pesona dinamis kaus dari masa ke masa

Mural ketiga tersebut berlokasi di Jalan Juanda, Jakarta Pusat dan menggunakan cat Graphenstone, jenis cat fotokatalitik yang menggunakan sinar matahari untuk memecah zat berbahaya di udara dan mengubahnya menjadi partikel aman, yang setara dengan kemampuan pohon menyerap zat polutan/berbahaya sekaligus membersihkan udara.

Lewat mural ini, Converse telah “menanam” 150 pohon. Penikmat mural “Setara Berkarya Untuk Ibu Pertiwi” juga dapat berkreasi dengan keseruan IG filter dan motion AR dengan melakukan scan barcode yang terdapat di mural.

“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari proyek keberlanjutan ini. Kita tidak sekadar melukis seni yang indah, tetapi juga membantu membersihkan lingkungan dari polusi udara yang berbahaya,” kata Shane dalam siaran pers pada Kamis.

Baca juga: Jason Wu luncurkan koleksi floral siap pakai

“Pesan yang ingin disampaikan melalui karya mural ini menggambarkan perempuan masa kini yang mandiri, bangga dan kuat! Perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan apa pun. Jadi saya ingin mendorong perempuan muda di mana pun untuk bersuara, berkarya, dan mengungkapkan karakter perempuan sejati, dan pastinya, melakukan sesuatu yang bermakna untuk Ibu Pertiwi, Indonesia.”

Converse City Forests selalu mengangkat tema yang berbeda di setiap karya muralnya. Mural pertama berlokasi di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, bertema Create Together For Tomorrow. Sedangkan mural kedua yang berlokasi di 2 lokasi yaitu di Jalan RS. Fatmawati, Jakarta Selatan dan jalan Raya Joglo, Jakarta Barat mengusung tema “Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing”, sebuah pesan kuat kepada seluruh masyarakat khususnya anak muda mengenai keberagaman budaya serta kewajiban kita untuk bersatu menjaga lingkungan.

Kampanye City Forest dalam rangka membersihkan udara ini, diadakan di beberapa kota di dunia termasuk Jakarta (Indonesia), Sao Paulo (Brazil), Manila (Filipina), Bangkok (Thailand), Sydney (Australia) dan masih banyak kota lainnya. Converse secara aktif mencari cara untuk menjaga momentum terus berjalan, menggandeng seniman lokal di berbagai penjuru Indonesia, dan dunia, untuk mendukung misinya menciptakan udara bersih di kota-kota. Hingga saat ini, terdapat total 9.036 pohon dan terus bertambah telah “ditanam” di seluruh Hutan Kota Converse di seluruh dunia.

Baca juga: Converse Chuck 70 bisa dikostumisasi dengan “patch”

Baca juga: Converse luncurkan koleksi busana “unisex”

Baca juga: Coach luncurkan koleksi musim dingin Stuart Vevers

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *