Portal Komplek

5 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana

Portal Komplek | Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana - Fenomena pemanasan global (Global Warming), bencana banjir setiap tahun, permukaan air laut yang setiap tahun semakin naik, kutub es yang terus mencair hingga kejadian alam lainnya yang terjadi pada saat ini adalah suatu kondisi yang sangat meprihatinkan.

Kabar mengenai pemanasan global pun bukan sekali dua kali kita dengar yang menyebabkan banyak masyarakat di seluruh penjuru dunia berinovasi untuk membuat teknologi ramah lingkungan sekaligus mempunyai manfat yang besar dan dapat mencegah kerusakan alam yang semakin parah.

Di era modern seperti sekarang sudah banyak berbagai macam inovasi teknologi ramah lingkungan yang sangat  bermanfaat untuk mencegah kerusakan ekosistem alam yang semakin parah.

Berikut adalah 5 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana yang sudah dirangkum dari berbagai situs-situs besar. Oke langsung saja.

5 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana

1. Mobil Listrik

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana

Inovasi lainnya yang ramah lingkungan yaitu mobil listrik, karena tidak menggunakan bahan bakar fosil dan tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor. Perawatan mobil listrik pun juga lebih mudah dan murah dibandingkan mobil lain pada umumnya.

2. Taman Di Atap Rumah

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana

Jika Anda pernah ke Selandia Baru atau ke Islandia pasti Anda akan menemukan rumah dengan atap berupa tanaman. Taman di atap ini tidak hanya cantik tapi juga bisa menyerap panas dan mengurangi CO2.

3. Lantai Penghasil Listrik

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana

Jepang menjadi salah satu negara dengan inovasi temaju yang sejak tahun 2008 telah mengembangkan stasiun ramah lingkungan. Area stasiun ini menggunakan lempengan keramik yang memiliki fungsi untuk mengubah tekanan menjadi tegangan listrik. Jadi, semakin banyak orang berlalu lalang, semakin banyak energi yang dihasilkan.

4. Panel Surya

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana

Panel yang terdiri dari sel surya ini telah lama dikenal akan kemampuannya mengubah cahaya menjadi listrik karena sumber terkuatnya berasal dari cahaya matahari. Panel surya juga sering disebut dengan sel photovoltaicyang memiliki arti ‘cahaya listrik'.

Sel ini bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari sehingga membuat arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan. Panel surya bukanlah sebuah penemuan baru, apalagi di negara maju.

Namun potensi penghematan energi yang besar membuat penggunaan panel surya ini semakin meluas ke penjuru dunia termasuk Indonesia. Untuk sekali pemasangan instalasi saja, kita sudah bisa mendapat sumber daya energi dalam jangka panjang tanpa meninggalkan limbah maupun polusi.

5. Kincir Angin

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana

Angin bisa menjadi sumber energi alternatif yang baik untuk menggantikan bahan bakar fosil. Baling-baling dari kincir akan berputar dan bergerak ketika ada energi angin yang mendorongnya. Selain untuk pengganti bahan bakar fosil, kincir angin juga berfungsi sebagai pembangkit listrik dan membantu penyaluran air dalam imigrasi.

Dalam hal pemanfaatan energi yang ramah lingkungan, kincir angin mampu menjaga kebersihan lingkungan, karena tidak menimbulkan polusi udara sama sekali, berbeda dengan bahan bakar lainnya yang dapat menyebabkan munculnya polusi udara yang berbahaya bagi lapisan atmosfer bumi.

(Sumber: Berinovasi.com)

Nah, itulah 5 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Sederhana yang ada saat ini.

Ok mungkin itu saja postingan kali ini. Jika ada yang ingin disampaikan mengenai artikel ini silahkan tulis dikolom komentar ya.

Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *