Portal Komplek

Cara Menyembunyikan IP Address Laptop Agar Tidak Terdeteksi

Cara Menyembunyikan IP Address Laptop Agar Tidak Terdeteksi - Alamat IP Anda seperti ID publik Anda di internet. Setiap kali Anda melakukan sesuatu di internet, alamat IP Anda memungkinkan server mengetahui ke mana harus mengirim kembali informasi yang Anda minta.

Banyak situs mencatat alamat ini, memata-matai Anda secara efektif, biasanya untuk memberikan Anda iklan yang lebih dipersonalisasi untuk membuat Anda menghabiskan lebih banyak uang. Bagi sebagian orang, ini adalah masalah yang signifikan, dan ada cara untuk menyembunyikan alamat IP Anda.

Kenapa Seseorang Perlu Menyembunyikan IP Address nya?

Salah satu alasan besar mengapa orang menyembunyikan alamat IP mereka adalah agar mereka dapat mengunduh materi ilegal tanpa dilacak. Tetapi ada banyak alasan lain yang mungkin ingin Anda sembunyikan.

Salah satu alasannya adalah pembatasan geografis dan penyensoran. Beberapa konten diblokir oleh pemerintah di daerah-daerah tertentu, seperti di Cina dan Timur Tengah. Jika Anda dapat menyembunyikan alamat IP Anda yang sebenarnya dan membuatnya terlihat seperti menjelajah dari wilayah lain, Anda dapat mengatasi pembatasan ini dan melihat situs web yang diblokir.

Perusahaan swasta juga sering mengunci secara geografis konten mereka, membuatnya tidak tersedia di negara-negara tertentu. Misalnya, ini sering terjadi di YouTube, di mana beberapa negara, seperti Jerman, memblokir konten yang dilindungi hak cipta secara langsung, daripada menggunakan model monetisasi YouTube.

Alasan lain untuk menyembunyikan alamat IP Anda hanyalah untuk lebih banyak privasi dan untuk mencegah penyalahgunaan informasi pribadi Anda. Setiap kali Anda mengakses situs web, server yang Anda hubungkan untuk mencatat alamat IP Anda dan melampirkannya ke semua data lain yang dapat dipelajari situs tentang Anda: kebiasaan penjelajahan Anda, apa yang Anda klik, berapa lama Anda melihat halaman tertentu.

Mereka kemudian menjual data ini ke perusahaan periklanan yang menggunakannya untuk menyesuaikan iklan langsung kepada Anda. Inilah alasan mengapa iklan di internet terkadang terasa aneh secara pribadi: itu karena mereka. Alamat IP Anda juga dapat digunakan untuk melacak lokasi Anda, bahkan ketika layanan lokasi Anda dimatikan.

Cara Menyembunyikan IP Address Laptop

Di sini saya telah melakukan pencarian IP dasar, yang mengembalikan lokasi saya ke area kota tempat saya tinggal. Siapa pun yang memiliki alamat IP Anda dapat melakukan ini, dan meskipun tidak akan memberikan alamat rumah atau nama sebenarnya kepada semua orang, siapa pun yang memiliki akses ke data pelanggan ISP Anda dapat menemukan Anda dengan mudah.

Memata-matai dan menjual data pengguna juga tidak terbatas pada situs web. Menurut undang-undang AS, Penyedia Layanan Internet Anda (Comcast, Verizon, dll.) Memiliki hak untuk mengumpulkan informasi tentang Anda tanpa seizin Anda, sama seperti pemilik situs web mana pun.

Meskipun mereka semua mengklaim bahwa mereka tidak menjual data pelanggan, itu pasti bernilai banyak uang untuk perusahaan iklan, dan tidak ada yang menghentikan mereka secara hukum. Ini adalah masalah besar, karena setengah dari orang-orang di internet di AS hanya memiliki satu pilihan ISP, jadi bagi banyak orang, itu baik dimata-matai atau pergi tanpa internet.

Cara Menyembunyikan IP Address Laptop Agar Tidak Terdeteksi

Dua cara utama untuk menyembunyikan alamat IP Anda adalah menggunakan server proxy atau menggunakan virtual private network (VPN). (Ada juga Tor, yang sangat bagus untuk anonimisasi ekstrim, tetapi itu sangat lambat dan bagi kebanyakan orang tidak diperlukan.)

Server proxy adalah server perantara tempat lalu lintas Anda diarahkan. Server internet yang Anda kunjungi hanya melihat alamat IP server proxy itu dan bukan alamat IP Anda. Ketika server tersebut mengirim informasi kembali kepada Anda, itu pergi ke server proxy, yang kemudian mengirimkannya kepada Anda. Masalah dengan server proxy adalah bahwa banyak layanan di luar sana cukup teduh, memata-matai Anda atau memasukkan iklan ke browser Anda.

VPN adalah solusi yang jauh lebih baik. Saat Anda menghubungkan komputer Anda (atau perangkat lain, seperti smartphone atau tablet) ke VPN, komputer bertindak seolah-olah berada di jaringan lokal yang sama dengan VPN. Semua lalu lintas jaringan Anda dikirim melalui koneksi aman ke VPN.

Karena komputer Anda berperilaku seolah-olah ada di jaringan, ini memungkinkan Anda untuk mengakses sumber daya jaringan lokal secara aman bahkan ketika Anda berada di belahan lain dunia. Anda juga akan dapat menggunakan internet seolah-olah Anda ada di lokasi VPN, yang memiliki beberapa manfaat jika Anda menggunakan Wi-Fi publik atau ingin mengakses situs web yang diblokir-geo.

Cara Menyembunyikan IP Address Laptop 1

Saat Anda menjelajah web saat terhubung ke VPN, komputer Anda menghubungi situs web melalui koneksi VPN terenkripsi. VPN meneruskan permintaan untuk Anda dan meneruskan tanggapan dari situs web kembali melalui koneksi aman. Jika Anda menggunakan VPN berbasis AS untuk mengakses Netflix, Netflix akan melihat koneksi Anda berasal dari Amerika Serikat.

Cara Menyembunyikan IP Address Laptop Dengan VPN (Virtual Private Network)

Cara Menyembunyikan IP Address Laptop Dengan VPN (Virtual Private Network)

Sekarang Anda telah memutuskan bahwa Anda memerlukan VPN, saatnya untuk mencari tahu cara mendapatkannya. Ada banyak opsi, termasuk menyiapkan VPN Anda sendiri, yang sangat rumit, atau Anda bahkan dapat menyiapkan VPN rumah Anda sendiri — meskipun itu tidak berfungsi jika Anda benar-benar di rumah.

Pilihan terbaik dan termudah Anda, adalah mendapatkan layanan VPN dari penyedia VPN yang solid. Anda dapat menemukan layanan yang berkisar dalam harga dari benar-benar gratis untuk penggunaan terbatas, seperti Tunnelbear, untuk menyala cepat dan bekerja di semua perangkat Anda dengan biaya bulanan yang kecil seperti ExpressVPN. Kami telah membicarakan sebelumnya tentang cara memilih layanan VPN terbaik untuk kebutuhan Anda, dan artikel itu memberi Anda lebih banyak informasi tentang topik tersebut.

Instalasi VPN sama mudahnya dengan menuju halaman pendaftaran, mengunduh aplikasi klien ke perangkat Anda — Windows, Mac, Linux, iPhone, dan Android semuanya didukung oleh sebagian besar penyedia VPN terbaik — menginstal aplikasi, lalu masuk Tekan tombol connect, dan Anda secara ajaib terhubung ke VPN di server di tempat lain di dunia.

2 Responses for Cara Menyembunyikan IP Address Laptop Agar Tidak Terdeteksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *