Portal Komplek

Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Factory Reset

Penulisbaru.com - Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Factory Reset.Desktop bukan satu-satunya perangkat yang mengambil virus. Meskipun bukan kejadian umum, perangkat Android memang bisa menderita malware.

Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Factory Reset 4

Jika Anda mendapatkan virus, Anda dapat melakukan penyetelan ulang pabrik untuk menyingkirkannya, tetapi itu berarti Anda kehilangan semua data Anda. Foto Anda, simpanan permainan, pesan teks, dan yang lainnya akan hilang jika Anda tidak mencadangkannya. Tentunya, pengaturan ulang pabrik harus menjadi opsi terakhir Anda.

Baca Juga: Ciri2 Hp Kena Virus dan Cara Cek Virus Android

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menghapus virus android tanpa mengembalikan pabrik? Mari kita cari tahu.

Apakah Hp Android anda terkena Virus?

Sering kali, ketika orang mengira mereka memiliki virus Android, sebenarnya itu adalah sesuatu yang lebih jinak.

Misalkan Hp Android Anda crash setiap kali dihidupkan. Atau mungkin Anda tidak dapat mengunduh aplikasi dari Play Store. Ini tidak selalu disebabkan oleh virus. Jadi jangan panik! Periksa daftar masalah umum Android kami dan cara memperbaikinya.

Jika tidak ada kiat yang memperbaiki masalah Anda, tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan:

  • Apakah masalah mulai terjadi setelah Anda mengunduh beberapa aplikasi atau file?
  • Apakah Anda baru-baru ini mengalihkan aplikasi dari sumber pihak ketiga (di luar Play Store)?
  • Apakah Anda menekan iklan yang mengunduh file atau aplikasi yang tidak Anda inginkan?
  • Apakah masalah hanya terjadi ketika Anda menjalankan aplikasi tertentu?

Jika jawaban untuk hal-hal di atas adalah ya, ada kemungkinan Anda memiliki malware di sistem Anda. Untungnya, Anda mungkin bisa memperbaikinya tanpa reset pabrik.

Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Factory Reset

Google Play Protect sekarang menjadi bagian dari semua perangkat Android. Ini adalah ukuran keamanan internal yang memindai aplikasi di perangkat Anda dan memeriksa perangkat berbahaya. Di mana pun Anda menginstal aplikasi, Play Protect terlihat melaluinya. Ini berarti Anda pada dasarnya sudah memiliki antivirus di dalam ponsel Anda.

Jika Anda hanya memasang aplikasi dari Google Play, peluang Anda untuk mengambil virus hp android sangat kecil. Google memindai semua aplikasi yang ditambahkan ke Google Play untuk perilaku jahat dan menghapus pelanggar. Meskipun sebagian masuk melalui celah, Anda kemungkinan tidak akan memasang aplikasi virus dari Play Store.

Menginstal dari sumber lain sangat berbeda. Mengunduh aplikasi dari situs web acak, terutama aplikasi yang "retak" (penawaran berbayar yang disediakan secara ilegal secara gratis), adalah cara yang bagus untuk mengambil perangkat lunak perusak. Jika Anda memilih untuk melakukan sideload aplikasi, pastikan Anda mempercayai lokasi Anda mengunduhnya.

Namun, ini tidak berarti setiap aplikasi di Google Play bermanfaat. Aplikasi scam mungkin mengambil uang Anda tanpa biaya, dan banyak aplikasi gratis penyalahgunaan izin ponsel untuk mencuri data Anda. Tetapi itu adalah kekhawatiran tersendiri dari virus Android.

Seperti pada platform lain, akal sehat akan membantu Anda menghindari virus. Jangan mengunduh dari situs web yang teduh, coba hindari klik iklan, dan awasi izin aplikasi.

Aplikasi Penghapus Virus Android

Play Store adalah rumah bagi puluhan aplikasi penghapusan virus Android. Namun, kebanyakan dari mereka kembung dan ingin Anda membayar untuk fitur yang tidak Anda butuhkan. Namun, ada beberapa yang layak digunakan.

Jika Anda merasa terinfeksi dengan malware Android, bukanlah ide yang buruk untuk menginstal salah satu aplikasi dan pemindaian di bawah ini. Anda tidak perlu menyimpannya setelahnya jika Anda mengikuti kiat akal sehat di atas.

Malwarebytes

Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Factory Reset 2

Salah satu nama paling tepercaya dalam keamanan desktop, Malwarebytes juga menyediakan aplikasi Android. Versi gratis memindai ponsel Anda untuk malware dan menghapus ancaman apa pun yang ditemukannya. Ini juga memiliki fitur audit untuk izin aplikasi, sehingga Anda dapat melacak apa yang dapat diakses oleh masing-masing. Dan itu tidak memiliki iklan juga.

Versi Premium untuk $ 12 / tahun menambahkan deteksi waktu nyata dan fitur lain yang kebanyakan orang tidak butuhkan. Untuk pemindai virus dan aplikasi remover tanpa basa-basi untuk Android, ini adalah pilihan terbaik Anda.

Bitdefender Antivirus Free

Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Factory Reset 3

Bitdefender adalah aplikasi penghapusan virus padat lainnya, terutama karena ringan. Pemindaian awan berarti ada sedikit dampak pada perangkat Anda, dan aplikasi tidak mengurangi penawaran utamanya dengan banyak tambahan yang menjengkelkan.

Anda masih akan melihat iklan untuk ditingkatkan ke versi lengkap, tetapi jika Anda dapat mengabaikannya, ini adalah aplikasi bagus untuk pemindaian virus Android cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *