Portal Komplek

Cara Menghapus Hard Drive tanpa Menghapus Windows 10/8/7 / XP / Vista

Cara Menghapus Hard Drive tanpa Menghapus Windows 10/8/7 / XP / Vista - Daur ulang komputer di antara karyawan adalah fenomena umum di perusahaan. Jika ada data sensitif di komputer Anda sebelumnya, Anda sebaiknya menghapusnya dari perangkat untuk mencegah kebocoran informasi penting. Apakah Anda tahu cara menghapus hard drive tanpa menghapus Windows? Sekarang, Anda dapat membaca posting ini untuk mempelajari cara melakukan pekerjaan ini dengan mudah dengan perangkat lunak MiniTool.

Cara Menghapus Hard Drive tanpa Menghapus Windows 10/8/7 / XP / Vista

1). Anda Membutuhkan Alat Pihak Ketiga untuk Menghapus Hard Drive tetapi Tetap Windows OS

Seperti yang Anda ketahui, hard drive komputer berisi sejumlah besar informasi pribadi dan sensitif, sehingga sebagian besar dari Anda memilih untuk menghapus semua data pada hard drive sebelum menjual atau mendaur ulang komputer. Dengan demikian, data yang terhapus itu tidak akan dapat dipulihkan dengan perangkat lunak pemulihan data yang ada di pasar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Windows 10 Stuck di Logo

Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin memiliki persyaratan tambahan. Misalnya, mendaur ulang komputer antar karyawan adalah fenomena yang sangat umum di perusahaan. Jika ada data sensitif - seperti informasi penggajian, informasi keuangan - di komputer Anda sebelumnya, Anda sebaiknya menghapusnya dari perangkat untuk mencegah kebocoran informasi penting.

Inilah pertanyaannya: cara menghapus hard drive tanpa menghapus Windows / 8/7 / XP / Vista jika partisi data dan partisi sistem berada di disk yang sama sehingga pemilik baru komputer dapat langsung menggunakannya.

Sebagai soal fakta, beberapa program pihak ketiga dirancang untuk memecahkan masalah ini. Ketika Anda mencari "disk menghapus perangkat lunak" atau "alat penghapusan partisi" di internet, Anda akan menemukan bahwa banyak program terdaftar di sana. Mana yang merupakan perangkat lunak terbaik dan andal? Saya sarankan Anda mencoba MiniTool Partition Wizard.

Bahkan, perangkat lunak ini adalah semacam alat partisi profesional yang dapat digunakan untuk mengelola hard drive Anda, termasuk memigrasi OS Windows, mengubah ukuran / memindahkan partisi, menyalin partisi / disk, menghapus partisi, membangun kembali MBR, dan banyak lagi. Ini memiliki lima edisi: Gratis, Profesional, Server, Perusahaan dan Teknisi; dan Bootable Disk.

Kabar baiknya adalah bahwa beberapa fungsi perangkat lunak ini terbuka untuk Anda secara gratis, dan Anda dapat melihat Bandingkan Edisi untuk mendapatkan informasi detail. Untungnya, fitur "Wipe Partition" -nya tersedia di Edisi Gratis. Anda dapat mengunduh dan menginstal freeware ini ke komputer Anda dan mengalami fungsinya jika Anda menggunakan Windows 10/8/7 / Vista / XP.

Catatan: Sementara itu, Anda harus tahu bahwa "menghapus hard drive tanpa menghapus OS Windows" melibatkan lebih dari satu aspek, dan Anda harus membuat cadangan sebelum menghapus hard drive jika ada beberapa data yang sangat penting. Perlu disebutkan bahwa program gratis ini, sebagai pengelola partisi, dapat digunakan untuk menyalin partisi atau disk.

Jika Anda tertarik dengan solusi cadangan ini, Anda dapat membaca bagian 2 untuk mendapatkan dua metode klon; sementara jika Anda tidak perlu mencadangkan hard drive, Anda dapat melewati bagian 2, dan pindah ke bagian 3 secara langsung untuk melihat cara menghapus hard drive Anda tanpa menghapus OS Windows.

Selain itu, operasi berikut semua didasarkan pada Windows 7.

2) Cadangkan Hard Drive sebelum Menghapus Hard Drive

Metode 1: Jika Anda hanya ingin menyalin satu partisi pada hard disk, Anda dapat menggunakan fungsi “Copy Partition” untuk mengkloning semua data pada partisi itu.

Note: The destination device must be an unallocated space, and it should have enough space to save the target partition’s data.

copy partition to back up files

Metode 2: Misalkan Anda perlu membuat cadangan seluruh hard disk, Anda harus menggunakan fitur "Salin Disk" kemudian.

Catatan: Disk tujuan harus memiliki cukup ruang untuk menyimpan data disk asli. Selain itu, semua data asli pada disk tujuan akan dihapus akhirnya. Jadi, Anda harus mentransfer atau membuat cadangan data penting terlebih dahulu.

copy disk to back up the entire disk

Bacaan lebih lanjut: Selain MiniTool Partition Wizard, Anda dapat menggunakan perangkat lunak cadangan Windows profesional, MiniTool ShadowMaker untuk membuat cadangan file penting pada hard drive Anda dengan klik sederhana sebelum Anda menghapus hard drive tanpa kehilangan Windows. Selain itu, aplikasi gratis ini dapat membuat cadangan OS, file, disk, dan partisi. Sekarang, Anda dapat mengunduhnya untuk uji coba gratis.

Download

back up important files with MiniTool ShadowMaker

Setelah persiapan ini, Anda dapat merasa bebas untuk mulai menghapus data pada partisi atau disk yang ditentukan. Bagaimana cara menghapus komputer? Terus membaca sekarang!

3) Cara Menghapus Hard Drive tanpa Menghapus Windows10 / 8/7 / Vista / XP

Bahkan, menyeka partisi adalah semacam penimpaan yang melibatkan proses penggantian data lama dengan data baru. Setelah data asli ditimpa bahkan sekali saja, mereka umumnya dianggap tidak dapat dipulihkan. Timpa juga merupakan prinsip "Penghapusan Partisi" di MiniTool Partition Wizard.

Untuk menjamin efek penghapusan, perangkat lunak ini memberi Anda lima metode penyeka dengan mode penimpaan yang berbeda, dan Anda akan memiliki kesempatan untuk memilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu Anda selama proses operasi.

Catatan: Tidak disarankan untuk menghapus data pada SSD (Solid State Drive) sering untuk penulisan tambahan akan mengurangi jangka hidup SSD.

Misalkan hard drive Anda dibagi menjadi dua partisi: partisi C berisi OS Windows, yang harus disediakan untuk menjamin berjalan normal komputer; partisi E menyimpan beberapa data penting dan sensitif, dan Anda ingin menghapus semua data pada partisi E dari hard disk selamanya.

Download

Bagaimana cara menghapus hard drive tanpa menghapus Windows 10/8/7 / XP / Vista dengan MiniTool Partition Wizard? (Di sini berarti hanya untuk menghapus partisi E) Konten berikut akan mengarahkan Anda untuk membuatnya selangkah demi selangkah.

Langkah 1: Setelah memasuki antarmuka utama perangkat lunak ini, Anda harus memilih partisi target E dan klik pada fitur "Hapus Partisi" dari panel tindakan kiri untuk melanjutkan.

wipe a hard drive with deleting Windows OS

Langkah 2: Kemudian, Anda akan melihat jendela munculan sebagai berikut. Pertama, perangkat lunak ini akan meminta Anda konsekuensi dari menyeka partisi: “Partisi Menyeka akan menghapus setiap sektor data pada partisi. Data yang pernah dihapus tidak dapat dipulihkan oleh solusi pemulihan data apa pun ”. Tentu saja, ini adalah efek yang tepat yang ingin Anda capai.

Kemudian, Anda akan melihat lima metode penyekaan yang terdaftar di sana. Pilih yang ingin Anda gunakan dan klik pada tombol sisi bawah "OK" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

choose a wiping method to erase data

Tip: Secara relatif, "Fill Sectors with 0" dan "Fill Sectors with 1" direkomendasikan karena kecepatan sapuan cepat.

Langkah 3: Penghapus hard drive ini akan kembali ke antarmuka utamanya, dan Anda dapat melihat bahwa partisi target E ditandai sebagai "Tidak diformat" tanpa surat partisi dan label. Kemudian, Anda masih perlu menekan tombol kiri atas "Terapkan" dari bilah alat untuk menjalankan semua perubahan.

partition is unformatted after wiping

Dengan tiga langkah sederhana ini, Anda dapat menghapus partisi data dan menjaga partisi sistem.

Selain itu, ada lebih banyak fitur yang harus Anda ketahui tentang perangkat lunak ini:

  1. Anda mungkin juga bertanya-tanya: bagaimana cara menghapus semua yang ada di komputer Anda Windows 7/8/10 tanpa CD? Fitur “Wipe Disk” dari freeware ini dapat bekerja untuk Anda untuk menghapus hard drive eksternal, SSD, HDD, dll. Yang tidak menyimpan OS Windows. Namun, fungsi ini menawarkan lima metode penyeka sebagai "Penghapusan Partisi".

wipe an external hard drive

  1. Merupakan ide yang buruk untuk menghapus seluruh hard disk yang berisi OS Windows dengan perangkat lunak ini karena dapat menyebabkan komputer Anda tidak dapat boot. Tetapi jangan khawatir. Perangkat lunak ini akan memunculkan peringatan yang menanyakan Anda apakah akan menghapus disk sistem atau tidak dan Anda dapat mengklik "Tidak" untuk membatalkan operasi ini.

wiping system partition cause the computer to be unbootable

  1. MiniTool Partition Wizard Free Edition tidak dapat digunakan untuk mengelola hard disk dinamis Anda. Artinya, jika Anda ingin menghapus volume pada disk dinamis, Anda harus membeli versi lanjutan untuk penggunaan lebih lanjut.

Beli Sekarang

3) Tindak Lanjut Pekerjaan Setelah Menyeka Partisi

Setelah Anda menghapus hard drive tanpa menghapus Windows 10/8/7 / XP / Vista dengan penghapus hard drive ini, masih ada pekerjaan lain yang harus Anda lakukan.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Firewall di Windows 10, 8, 7, XP

Misalnya, partisi yang dihapus tidak akan ditampilkan di komputer karena partisi tersebut dalam keadaan tidak diformat. Anda perlu memformat partisi itu, dan kemudian menambahkan huruf partisi untuk membuatnya ditampilkan di komputer secara normal. Jika perlu, Anda dapat menambahkan label partisi untuk identifikasi yang lebih baik. Untungnya, Anda masih dapat mewujudkan tujuan tersebut dengan MiniTool Partition Wizard.

1. Format Partisi Target

Langkah 1: Pilih partisi target dan klik "Format Partition" dari panel tindakan kiri.

format the partition that has been wiped

Langkah 2: Kemudian, Anda akan memasuki jendela pop-out sebagai berikut. Di sini, Anda dapat menentukan label partisi, sistem file, dan ukuran klaster. Kemudian, klik "OK" untuk kembali ke antarmuka utama. Untuk menyimpan perubahan, Anda masih perlu menekan tombol "Terapkan".

configure for the formatted partition

Tip: Sebenarnya, ada lebih dari satu cara untuk memformat partisi atau hard drive. Dan Anda dapat mengunjungi posting ini untuk mendapatkan solusi lebih banyak: Gunakan Hacks Ini untuk Format Windows 10.

2. Tambahkan Surat Drive ke Partisi Target

Sebuah partisi tanpa huruf drive tidak akan ditampilkan di komputer sampai Anda menambahkan sebuah huruf ke dalamnya secara manual. Jika Anda ingin mengatur surat ke partisi, lakukan langkah-langkah berikut yang harus Anda lakukan.

Langkah 1: Pilih partisi target dan klik "Ubah Huruf Drive" dari panel tindakan kiri.

change drive letter

Langkah 2: Pada jendela pop-out ini, Anda dapat memilih huruf dan tekan "OK" untuk kembali ke antarmuka utama. Kemudian klik "Terapkan" untuk melakukan perubahan.

choose a drive letter for the partition

Akhirnya, Anda akan melihat bahwa partisi target ditampilkan di komputer dengan sukses, dan Anda diizinkan untuk menggunakannya lagi seperti biasa.

5) Asumsi Lain untuk Menghapus Hard Drive tanpa Kehilangan Windows 10/8/7 / Vista / XP

Sampai saat ini, beberapa dari Anda mungkin masih ragu apakah benar-benar perlu menggunakan alat pihak ketiga untuk menghapus hard drive tanpa menghapus OS Windows?

Pertama, Anda dapat menyebutkan Windows snap-in Manajemen Disk. Namun, dengan pengelola ini, Anda hanya diperbolehkan memformat atau menghapus partisi atau volume yang dipilih alih-alih menghapus semua data di dalamnya. Oleh karena itu, siapa pun dapat mengembalikan data yang diformat atau dihapus ini dengan perangkat lunak pemulihan data. Alat ini tidak tersedia untuk menyelesaikan masalah Anda.

Disk Management cannot erase a hard drive without losing Windows

Kemudian, Anda mungkin memikirkan baris perintah Diskpart. Tentu saja, Anda dapat menghapus semua data di seluruh hard disk dengan memasukkan “list disk” > “select disk (disk number)” > “clean all” di antarmuka Diskpart. Tidak masalah jika OS Windows tidak disimpan di hard disk itu.

Tapi begitu partisi data dan partisi sistem keduanya pada disk yang dipilih, Anda tidak akan diizinkan untuk mengeksekusi baris perintah Diskpart ini akhirnya dan Anda akan melihat kesalahan sebagai: "Bersihkan tidak diizinkan pada disk yang berisi boot saat ini, sistem, volume halaman, volume crashdump atau hibernasi ”. Ini bukan cara yang Anda cari.

Jadi, sebenarnya tidak dapat digunakan untuk menggunakan dua alat snap-in Windows ini untuk menghapus hard drive tanpa menghapus Windows jika partisi data dan partisi sistem berada pada hard disk yang sama. Secara alami, dua asumsi ini tidak valid. Anda masih membutuhkan alat pihak ketiga - MiniTool Partition Wizard - untuk membantu Anda.

Bagian 6: Garis Bawah

Ingin menghapus komputer tetapi tidak tahu cara menghapus hard drive tanpa menghapus Windows Vista / XP / 7/8 // 10?

Sekarang, jangan ragu untuk menggunakan MiniTool Partition Wizard, penghapus hard drive profesional, untuk menghapus hard drive tetapi tetap menjalankan OS Windows. Perhatikan bahwa buat cadangan file penting pada partisi atau disk sebelum menghapusnya. Kemudian, lakukan operasi wiping dan format partisi yang dihapus agar dapat digunakan secara normal.

Nah, demikiankah artikel kali ini yang membahas tentang Cara Menghapus Hard Drive tanpa Menghapus Windows 10/8/7 / XP / Vista.  Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *