Portal Komplek

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah - Sudah hampir tiga tahun sejak Microsoft merilis sistem operasi terbesar dan terbaru mereka. Dipuji sebagai hal terbaik berikutnya, Windows 10 memang bukan yang terbaik mengenai harapan pengguna. Sebenarnya Jauh dari itu. Dicekam oleh pembaruan yang memaksa, masalah startup yang lambat, bug restart lambat, Windows 10 tidak memiliki awal terbaik yang diharapkan Redmond.

Microsoft Windows 10 telah membaik sejak itu dengan kecepatan yang cepat, tetapi beberapa masalah seperti masalah Startup dan Slow Restart lambat telah bertahan bahkan dengan pembaruan Windows 10 baru untuk beberapa. Di sini, kami mencari untuk memberikan tips terbaik yang kami temukan untuk memperbaiki booting lambat Windows 10.

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah

1. Periksa Waktu Bios Terakhir

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah 1

Hal pertama yang harus Anda periksa adalah Windows 10 Last Bios Time Anda. Pada dasarnya, ini adalah Waktu yang diambil oleh firmware UEFI untuk menginisialisasi perangkat keras Anda sebelum Windows 10 mulai boot. Biasanya, ini hanya membutuhkan beberapa detik.

Baca Juga: Cara Mempercepat Boot dengan "Last BIOS Time" di Laptops / PC.

2. Nonaktifkan Windows 10 Fast Startup

Fitur startup cepat di Windows 10 adalah fitur yang sangat dibicarakan untuk semua alasan yang salah. Sejak Windows 10 pertama kali muncul, fitur Fast Startup telah menyebabkan banyak masalah dan banyak pengguna yang melaporkan startup yang lambat dan restart yang lambat menjadi salah satu di antara mereka. Pastikan ini adalah perbaikan pertama yang Anda coba ketika Windows 10 boot Anda lambat.

Caranya:

  • Buka Control Panel dan pilihPower Options.
  • Sekarang klik Change setting yang saat ini tidak tersedia.

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah 2

  • Di bawah Shutdown setting, aktifkan Fast startup.
  • Save setting.

Catatan: Coba nonaktifkan dan aktifkan startup Cepat di Windows 10 saat memulai ulang setelah setiap perubahan untuk mengetahui apakah fitur Fast booting adalah masalahnya.

3. Non-aktifkan Pembaruan Otomatis Windows 10

Perbaikan startup Windows 10 yang lambat ini mungkin tidak pernah terdengar bagi sebagian besar pengguna. Alasannya karena ini belum banyak dilaporkan menjadi masalah. Tetapi untuk pengguna yang menghadapi titik-titik lambat saat memulai ulang atau booting Windows 10, ini mungkin hanya perbaikan yang mungkin Anda cari. Dengan beberapa tes yang saya coba, Pemeliharaan Otomatis di Windows 10 menyebabkan masalah yang mengakibatkan titik-titik pintal yang menakutkan selama berabad-abad. Hal ini terutama berlaku untuk PC dan Laptop dengan kartu grafis Ganda.

Jika Anda ingin mencoba yang aneh ini,

  • Jalankan registry editor dengan mengetik regedit di kotak pencarian atau Run.
  • lalu cari:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Schedule\Maintenance

  • Di panel kanan, akan ada DWORD 32-bit value dari nama MaintenanceDisabled. Dalam kasus jika tidak ada nilai seperti itu, buat sendiri dengan mengklik kanan pada ruang kosong di panel kanan, lalu New> DWORD (32-bit) value.

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah 3

  • Perhatikan bahwa terlepas dari arsitek CPU Anda, masih diperlukan kata kunci 32-bit.
  • Sekarang klik dua kali kunci untuk melihat nilainya. Setel nilai ke 1 untuk menonaktifkan pemeliharaan otomatis di Windows 10.

Itu saja, dan Pemeliharaan Otomatis Anda di Windows 10 sekarang dinonaktifkan.

Namun, jika Anda menemukan perbaikan ini tidak berfungsi untuk Anda atau jika Anda ingin mengaktifkan kembali fitur tersebut, cukup hapus kunci atau atur nilainya ke 0.

4. Nonaktifkan Startup Service dan Startup Program.

Windows 10 menangani program startup dan yang lain dengan cara yang sama seperti yang lebih tua (Windows 8 dan Windows 8.1) lakukan. Jika Anda ingin melihat layanan startup dan aplikasi startup Anda,

  • Jalankan Task Manager dengan mengklik kanan pada menu mulai dan memilih Task Manager atau menggunakan pintasan Cntrl + Alt + Del.
  • Start-up dan pilih performing hogging dan nonaktifkan.

Sekarang untuk Service,

  • Klik kanan menu start dan pilih Run atau tekan tombol Windows + R.
  • Ini akan membuka Run Window dan dari sini, ketik msconfig.
  • Di jendela System Configuration yang akan datang, pergilah ke Tab Services.
  • Sekarang Anda dapat memilih dan memilih yang penting dan layanan yang tidak perlu Anda mulai di samping OS.

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah 4

  • Perlu diingat untuk menyembunyikan semua layanan Microsoft agar berada di sisi yang aman. Layanan Microsoft mungkin penting untuk mencoba menonaktifkan layanan lain untuk memperbaiki masalah Windows 10 Slow Startup.

5. Non-Aktifkan Windows 10 Service

Hal ini seharusnya tidak mengherankan karena kebanyakan orang akan menyarankan untuk menonaktifkan beberapa layanan Lokal Anda untuk memperbaiki Windows 10 Restart lambat dan masalah Bootup. Tetapi berhati-hatilah karena hal pertama yang perlu Anda ketahui ketika melakukan ini adalah bahwa beberapa layanan sangat penting untuk program Anda. Menonaktifkan beberapa layanan penting dari Windows 10 versi pembaruan terbaru dapat merusak banyak hal.

Untuk Referensi yang lebih baik, kami dapat memberikan Anda penyebab umum untuk masalah Windows 10 ini. Coba matikan BITS (Background Intelligence Transfer Service), Pengalaman Pengguna Terhubung dan Telemetri, Pencarian Windows. Untuk melakukan tindakan yang disebutkan ini,

  • Ketikan perintah services.msc di Run.
  • Temukan masing-masing layanan yang disebutkan ini.
  • Klik kanan masing-masing dan pilih properti.
  • Klik Stop dan ubah jenis startup menjadi Disambled.

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah 5

Selain itu, Anda mungkin menemukan layanan yang disebut Superfetch. Sebagian besar kiat online akan menyarankan untuk mengubah layanan Superfetch dan Prefetch menjadi dinonaktifkan karena membuat Windows 10 lebih cepat. Namun pada kenyataannya, ini dapat menjadi kontraproduktif terutama jika Anda memiliki sesuatu yang lebih baik dari 2 GB Ukuran Ram.

Superfetch di windows adalah layanan Windows yang membantu Anda secara efisien melakukan pra-load program yang sering Anda gunakan. Selain itu, ia menghadirkan kemampuan terbaik komputer Anda dengan menggunakan RAM gratis dan tersedia dengan cara sebaik mungkin. Jangan biarkan manajer tugas sesekali berduri menipu Anda agar berpikir bahwa menonaktifkan Superfetch Service akan membuat Windows 10 berjalan secara ajaib lebih cepat. Selain itu, Anda tidak membeli semua kapasitas RAM itu hanya agar bisa duduk di sana tanpa melakukan apa-apa.

6. Update Driver Grapics

Untuk beberapa PC dan laptop yang menjalankan grafis ganda (Intel HD Graphics bersama AMD dan kartu Nvidia khusus), beralih di antara keduanya dapat menyebabkan masalah seperti layar Hitam untuk waktu yang lama. Rupanya, ada beberapa perbaikan yang dapat Anda coba tergantung pada apakah Anda menggunakan kartu AMD atau Nvidia Graphics.

Untuk pengguna Nvidia, kami sarankan memperbarui driver grafis Anda ke versi terbaru. Anda dapat melakukannya dari panel Kontrol Nvidia. Juga, instal versi driver Nvidia terbaru dengan membuka halaman unduh driver resmi. Gunakan alat resmi untuk menemukan kartu grafis Anda atau Pilih model secara otomatis.

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah 6

Untuk pengguna AMD, selain menginstal versi terbaru, ada langkah lain yang bisa Anda lihat. Pertama-tama, driver grafis AMD memiliki sesuatu yang disebut ULPS yang bekerja dengan secara otomatis menonaktifkan GPU sekunder ketika tidak digunakan. Meskipun ini tampaknya baik-baik saja, itu bisa menjadi buggy. Akibatnya, ini mungkin menyebabkan masalah startup lambat.

Untuk menonaktifkan ULPS,

  • Luncurkan editor Registri.
  • Temukan kunci bernama EnableULPS.
  • Ubah nilai kunci ke 0.

Fitur ULPS sekarang dinonaktifkan. Pembaruan Windows 10 memiliki kebiasaan mereset fitur ini kembali ke diaktifkan. Selanjutnya, Jika sesuatu semacam itu terjadi, pastikan untuk menonaktifkannya sekali lagi.

7. Install Windows 10 Versi Terbaru

Perbaikan jelas lainnya yang harus Anda coba coba adalah memperbarui Windows 10 Anda dengan pembaruan terbaru. Ini mungkin termasuk pembaruan driver yang penting dan pembaruan kumulatif. Untuk memeriksa pembaruan,

Buka Setting > Updates & Security.
Klik Check for update.

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot dengan Mudah 7

Windows sekarang akan memeriksa pembaruan dan menginstalnya secara otomatis.

Selain itu, masalah juga dapat muncul selama proses pembaruan adalah ketika file pembaruan rusak dan menumpuk. Jadi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memulai kembali dan menghemat ruang penyimpanan dalam prosesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *