Portal Komplek

Cara Mengatasi Windows 10 Stuck di Logo

Cara Mengatasi Windows 10 Stuck di Logo - Windows 10 Stuck / Macet pada layar pemuatan 'adalah masalah yang sangat umum saat ini, dan posting ini memperkenalkan Anda beberapa solusi untuk menangani masalah ini secara efektif. Silakan coba satu per satu dan semoga mereka membantu menghapus Windows 10 beku pada layar pemuatan.

"Windows 10 Stuck di Logo?"

Windows 10 adalah Sistem Operasi Windows terbaru (OS) dan memiliki banyak fitur hebat yang hanya tersedia di Windows 10. Banyak pengguna memilih untuk memperbarui OS Windows mereka ke versi ini untuk menikmati fitur-fiturnya yang menawan. Namun, tidak ada OS Windows yang sempurna. Windows 10 bukan pengecualian.

Di sini, dikatakan bahwa banyak pengguna Windows 10 mengalami masalah ini: "Windows 10 terjebak di layar pemuatan".

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Firewall di Windows 10, 8, 7 dan XP

Apa kebenarannya? Ketika Anda mencari masalah ini secara online, Anda akan menemukan bahwa cukup banyak pengguna Windows 10 memposting masalah ini di berbagai forum untuk mencari solusi yang tersedia.

Rupanya, ini adalah masalah yang sangat umum. Dan ketika muncul, Anda akan melihat layar komputer menampilkan Windows 10 layar hitam dengan memuat lingkaran dan kursor (lihat gambar berikut).

Cara Mengatasi Windows 10 Stuck di Logo 1

Dalam situasi apa masalah ini dipicu? Anda dapat membaca bagian selanjutnya untuk mendapatkan jawabannya.

Ketika "Windows 10 Stuck Di Logo" Masalah Apa yang Mungkin Terjadi?

Windows 10 menempel pada layar hitam dengan titik-titik yang berputar dapat terjadi dalam situasi yang berbeda. Tiga skenario umum ada di sini:

1. Pembaruan Windows Stuck  pada Layar Pemuatan.
Beberapa pengguna mengatakan bahwa mereka ingin memutakhirkan OS Windows mereka ke Windows 10 terbaru, tetapi akhirnya, Windows 10 terjebak di layar pemuatan hitam tanpa masalah proses apa pun terjadi.

2. Windows 10 Stuck pada Titik Berputar saat Startup
Banyak pengguna mengklaim bahwa mereka tidak dapat mengaktifkan Windows 10 secara normal karena telah terjebak di layar hitam dengan titik-titik putih berputar di bagian bawah tepat sebelum layar masuk.

3. Windows 10 Stuck di Loading Screen Saat Memutakhirkan Driver Nvidia
Beberapa pengguna Windows 10 memposting di internet bahwa ketika mereka mencoba memperbarui driver Nvidia mereka, layar komputer menjadi hitam tiba-tiba. Setelah melakukan reset keras pada sistem, muncul masalah Windows 10 titik pemintalan layar hitam.

Tentu saja, ada juga keadaan lain yang tidak akan tercantum dalam posting ini. Namun, hasilnya sama: Windows 10 menempel di layar hitam dengan titik-titik yang berputar.

Ini benar-benar hal yang menjengkelkan karena Anda tidak dapat mem-boot komputer Anda dengan benar. Jadi, untuk mengeluarkan komputer Anda dari masalah ini adalah prioritas tertinggi. Dalam posting ini, kami mengumpulkan beberapa metode yang menerima umpan balik positif di internet. Jika Anda menghadapi masalah yang sama, cobalah satu per satu.

Cara Mengatasi Windows 10 Stuck di Logo

Dibawah ini adalah cara untuk mengatasi atau memperbaiki Windows 10 yang stuck di logo. Berikut cara-caranya:

Cabut USB

Jika Windows 10 terjebak di layar pemuatan terjadi, coba putuskan semua dongle USB yang berfungsi. Di sini dongle USB berarti perangkat yang terhubung ke komputer Anda dengan kabel USB termasuk gigi biru, pembaca kartu SD, flash drive, dongle mouse nirkabel, dan banyak lagi.

Metode ini mendapatkan banyak umpan balik positif secara online. Dan jika Anda cukup beruntung, masalahnya akan terpecahkan. Jika tidak, silakan lanjutkan untuk mencoba metode selanjutnya.

Masuk Mode Aman untuk Memperbaiki Masalah Ini

Memasukkan Safe Mode dan melakukan sesuatu yang bermanfaat adalah cara mudah lain untuk memperbaiki masalah ini. Di sini, ada empat operasi berbeda untuk berbagai situasi setelah Anda memasuki Mode Aman. Anda dapat memilih operasi yang tepat sesuai dengan situasi Anda yang sebenarnya.

Windows 10 startup settings to enter safe mode

  1. Jika Anda mengalami masalah ini saat Anda mencoba memperbarui Nvidia Derivers, Anda dapat memasuki Mode Aman dan membuat gulungan kembali driver Nvidia. Kemudian coba restart komputer Anda dalam mode normal.

  2. Dalam beberapa kasus, masalah "Windows stuck on loading screen" disebabkan oleh pembaruan Windows atau masalah lainnya. Pada saat ini, Anda dapat masuk ke Safe Mode, tidak melakukan apa-apa dan kemudian reboot komputer Anda.

  3. Virus atau malware dapat menyebabkan masalah "Windows stuck on loading screen". Mengapa tidak menggunakan perangkat lunak antivirus untuk memindai komputer Anda dalam Mode Aman, hapus semua virus dan malware dari komputer Anda, dan kemudian coba restart komputer Anda.

  4. Ada kemungkinan bahwa perangkat lunak antivirus yang diinstal bertentangan dengan OS Windows saat ini, dan kemudian "Windows 10 terjebak pada titik-titik berputar" terjadi ketika Anda ingin memulai komputer Anda. Jadi, Anda dapat menghapus instalan perangkat lunak antivirus itu di Safe Mode, dan kemudian restart komputer Anda untuk memverifikasi apakah itu normal.

Dengan syarat bahwa metode ini tidak tersedia untuk kasus Anda, kami memiliki cara keempat untuk direkomendasikan. Silakan baca terus.

Lakukan Perbaikan Sistem

Jika ada yang salah dengan sistem Windows 10, Anda dapat melakukan perbaikan sistem untuk memperbaikinya. Karena Anda tidak dapat menjalankan Windows 10 secara normal, Anda harus menggunakan CD instalasi Windows 10 atau masuk ke Safe Mode untuk membuka jendela prompt perintah dan ketik "bootrec.exe / fix" untuk melakukan perbaikan sistem.

Lakukan Pemulihan Sistem
Jika keempat metode di atas tidak dapat memperbaiki masalah "Pembekuan Windows 10 pada pemuatan layar", Anda juga dapat melakukan pemulihan sistem yang akan mengembalikan komputer Anda ke titik waktu sebelumnya. Namun, Anda harus memastikan bahwa ada cadangan sistem lengkap di komputer Anda, dan perlindungan sistem dihidupkan.

Di sini, Anda masih perlu melakukannya dalam Mode Aman. Silakan ikuti operasi ini: tekan tombol "Start" > "Control Panel" > "Recovery" > Klik "Open System Restore" > Klik "Next" > pilih titik pemulihan yang ingin Anda gunakan > Pilih "Next" > Klik "Finish".

Catatan: Jika Anda tidak melihat titik pemulihan dan menerima peringatan "Perlindungan sistem dimatikan. Untuk mengaktifkannya kembali sehingga Anda dapat menggunakan Pemulihan Sistem, konfigurasi perlindungan sistem" setelah Anda mengklik "Buka Pemulihan Sistem", metode ini tidak akan tersedia karena Anda tidak dapat mengaktifkan perlindungan sistem dalam Mode Aman.

system restore Windows 10

Jika metode ini tidak berhasil untuk Anda, cobalah metode selanjutnya untuk memperbaiki Windows 10 yang macet pada masalah titik-titik yang berputar.

Bersihkan CMOS Memory

Kesalahan konfigurasi BIOS mungkin menjadi penyebab pembekuan Windows 10 pada layar pemuatan. Jadi Anda dapat menghapus memori BIOS pada motherboard komputer yang dapat mengembalikan pengaturan BIOS ke pengaturan pabrik.

Ganti Baterai CMOS

Jika komputer Anda telah digunakan selama lebih dari tiga tahun, Anda harus mempertimbangkan untuk mengganti baterai CMOS. Ada kasus nyata yang menunjukkan bahwa jika baterai CMOS dimatikan untuk waktu yang lama, masalah "Windows 10 hang at loading screen" dapat terjadi saat Anda mem-boot komputer.

Periksa RAM Komputer

Masalah "Windows 10 stuck on loading screen" mungkin juga terjadi jika RAM komputer longgar. Dalam keadaan ini, Anda harus memutus daya komputer Anda, membuka casing komputer, dan menginstal ulang RAM. Setelah itu, Anda dapat me-restart komputer Anda untuk memeriksa apakah dapat melakukan boot secara normal. Tentu saja, Anda dapat mencoba metode ini dua kali jika masalah ini tidak terpecahkan setelah percobaan pertama.

Kembalikan ke Versi Sebelumnya Windows

Kadang-kadang, masalah ini diselesaikan dengan salah satu metode di atas, tetapi Anda merasa menyesal setelah menginstal Windows 10 atau bahkan berhari-hari kemudian Anda mengalami masalah ini lagi, jadi Anda ingin kembali ke versi Windows sebelumnya.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan IP Address Laptop

Namun, Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah Anda memiliki kesempatan untuk melakukan ini. Secara umum, Anda memiliki 10 hari untuk kembali ke OS Windows Anda sebelumnya sejak Pembaruan Ulang Tahun Windows 10 (Versi 1607).

Kemudian, Anda akan dapat kembali ke versi sebelumnya di WinRE dengan masuk ke Pilih opsi> Troubleshoot> Opsi lanjutan dan pilih opsi Kembali ke versi sebelumnya atau Kembali ke versi sebelumnya.

go back to the previous build

Nah, Demikianlah artikel kali ini yang membahas lengkap tentang Cara Mengatasi Windows 10 Stuck di Logo. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *