Portal Komplek

Cara Mempercepat Boot dengan “Last Bios Time” di Laptop / PC

Cara Mempercepat Boot dengan "Last Bios Time" di Laptop / PC - Bytes Singkat: Sangat sering penasaran pengguna Windows mencari frasa "Apa itu Waktu BIOS Terakhir di Task Manager saya?" Nah, ini adalah waktu yang dibutuhkan oleh firmware UEFI komputer Anda untuk menginisialisasi perangkat keras Anda sebelum OS Windows mulai boot. Dengan memperhatikan proses boot-up PC Anda, seseorang dapat men-tweak beberapa pengaturan UEFI untuk mengurangi Waktu BIOS Terakhir dan membuat boot PC Windows lebih cepat.

Dengan setiap versi baru sistem operasi Windows, Microsoft telah meningkatkan waktu boot OS. Penawaran terbaru Windows 10 sepatu bot sangat cepat dan orang-orang hampir tidak mengeluh tentang masalah ini. Namun, untuk menjawab keluhan beberapa pengguna, di masa lalu, kami telah membagikan artikel Cara Mengatasi Boot yang Lambat Setelah Upgrade pada Windows 10.

Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda tentang sesuatu yang baru dan menarik.

Apa itu "Last BIOS Time" di Task Manager?

Ketika Anda menyalakan komputer Anda, Waktu BIOS Terakhir dari PC Windows adalah waktu BIOS komputer Anda (lebih tepatnya, UEFI firmware) diperlukan untuk menginisialisasi perangkat keras Anda sebelum mulai mem-boot OS Windows.

Saat komputer Anda boot, ia memuat firmware UEFI dari partisi Sistem EFI yang ada di motherboard. Firmware UEFI pada dasarnya adalah program yang berisi informasi tentang berbagai pengaturan perangkat keras. Ini menginisialisasi perangkat keras PC Anda dan mentransfer kontrol ke bootloader sistem operasi Anda.

Jadi, Last Time BIOS pada dasarnya adalah berapa lama PC Anda perlu boot sebelum mulai mem-boot sistem operasi Windows.

Bagamana Cara Cek "Last BIOS Time"?

Cara Mempercepat Boot dengan Last Bios Time di Laptop

Memeriksa Last BIOS Timepada PC Windows Anda sangat sederhana. Untuk melihatnya, Anda perlu membuka Task Manager Anda. Untuk ini, cukup klik kanan pada Startdan pilih Task Manager. Sebagai alternatif, Anda dapat menekan Ctrl + Shift + Escape untuk membuka Task Manager.

Sekarang, Anda perlu mengklik tab Startup. Jika jendela Task Manager Anda tidak menampilkan tab seperti Proses, Kinerja, Startup, dll., Anda harus mengklik Rincian Lebih Lanjut di bagian bawah jendela Task Manager.

Catatan: Harap dicatat bahwa tidak setiap komputer akan menampilkan informasi ini. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada Windows 8. Jadi, Windows 7 dan PC yang lebih lama tidak akan melihat Waktu BIOS Terakhir.

Sesuai informasi yang tersedia di internet, Last BIOS Time hanya ditampilkan jika komputer Anda menggunakan komputer dengan firmware UEFI. Jika Anda menjalankan Windows dalam mesin virtual, ada kemungkinan Anda tidak akan melihatnya. Hal lain - bukan dari mode kompatibilitas BIOS lama, PC Anda harus menggunakan mode boot UEFI.

Bagaimana Cara Mempercepat Boot dengan "Last Bios Time" di Laptop / PC?

Firmware UEFI membutuhkan waktu untuk menginisialisasi perangkat keras komputer Anda sebelum sistem operasi Anda boot. Ada beberapa tweak yang dapat Anda buat untuk menurunkan waktu ini dan membuat boot PC Windows Anda lebih cepat.

Jika Waktu BIOS Terakhir PC Anda adalah beberapa angka kurang dari 10 detik, itu baik-baik saja. Sangat sering kita melihat Waktu BIOS Terakhir sekitar 3 detik. Namun, jika Anda melihat Waktu BIOS Terakhir lebih dari 25-30 detik, itu berarti ada yang salah dalam pengaturan UEFI Anda.

Sebaiknya perhatikan proses boot-up karena itu akan memberi Anda lebih banyak informasi mengenai apa yang benar dan apa yang salah. Anda juga perlu membaca manual komputer / motherboard Anda untuk informasi lebih lanjut tentang pengaturan.

Tips Cara Mempercepat Boot dengan "Last Bios Time" di Laptop / PC

  • Anda dapat menghentikan PC Anda menampilkan logo saat boot. Namun, itu hanya dapat menghemat 0,2-0,3 detik.
  • Menyesuaikan urutan boot adalah metode lain untuk mengurangi Waktu BIOS Terakhir. Jika PC Anda memeriksa 4-5 detik untuk boot dari perangkat jaringan, Anda perlu menonaktifkan booting jaringan dari pengaturan firmware UEFI.
  • Jika PC Windows Anda melakukan tes memori - atau beberapa tes lainnya - pada setiap boot, Anda dapat menonaktifkannya untuk menurunkan Waktu BIOS Terakhir Anda.
  • Anda juga memiliki opsi untuk menonaktifkan port PS / 2 jika Anda hanya menggunakan perangkat USB.
  • Hanya jika Anda menggunakan perangkat keras / sistem operasi yang sangat tua dan usang, upgrade itu adalah satu-satunya pilihan untuk mencapai waktu boot cepat.
  • Selesai

Bagaimana Mudah bukan? Cara Mempercepat Boot dengan "Last Bios Time" di Laptop / PC di atas. Mungkin itu saja yang saya dapat sampaikan,  Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

One Response for Cara Mempercepat Boot dengan “Last Bios Time” di Laptop / PC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *