Portal Komplek

Cara Memperbaiki “Reboot and Select Proper Boot Device” Pada Windows

Cara Memperbaiki "Reboot and Select Proper Boot Device" Pada Windows - Apakah Anda terganggu oleh 'Boot ulang dan Pilih perangkat Boot yang benar atau Masukkan Boot Media di perangkat Boot yang dipilih dan tekan tombol' kesalahan? Setelah membaca posting ini, Anda harus dapat menemukan saran terbaik dan segera mengikuti solusi di sini untuk menyelesaikan masalah ini di Windows 10/8/7.

"Insert Boot Media"

Baru-baru ini, beberapa pengguna telah melaporkan kepada kami bahwa komputer meminta mereka untuk memasukkan media boot yang tepat ketika memulai Windows 7, Windows 8 / 8.1, Windows 10, atau OS Windows lainnya. Dan pesan kesalahan ditampilkan di layar, mengatakan "Reboot dan Pilih perangkat Boot yang benar atau Masukkan Boot Media di perangkat Boot yang dipilih dan tekan tombol". Di bawah ini adalah tangkapan layar untuk pesan kesalahan:

reboot and select proper boot device error

Sebenarnya, reboot dan memilih masalah perangkat boot yang tepat selalu terjadi pada ASUS, Toshiba, Acer, dll. Laptop pada Windows 10/8/7. Apakah Anda juga terganggu olehnya?

Baca Juga: Cara Menghapus Hard Drive Tanpa Menghapus Windows

Dalam banyak kasus, Anda mungkin menemukan startup Windows masih diblokir di sini bahkan jika Anda me-reboot komputer. Selain itu, ketika menginstal Windows dari USB flash drive, CD atau DVD, Anda mungkin menerima kesalahan yang sama juga.

Memang, ini adalah masalah yang menyusahkan sejumlah besar pengguna Windows.

Tetapi Anda beruntung karena Anda membaca posting ini karena kami akan menunjukkan kepada Anda apa yang dapat menyebabkan kesalahan "Boot ulang dan Pilih perangkat Boot yang benar" bersama dengan solusi efektif.

Penyebab "Boot Reboot dan Pilih Perangkat Proper"

Baik faktor fisik maupun logis dapat menghasilkan kesalahan ini.

Penyebab Fisik:

  • BIOS tidak mendeteksi disk boot Anda karena kabel yang rusak, SATA slot rusak, atau hard drive mati.
  • BIOS mendeteksi disk boot tetapi tidak terhubung dengan benar.
  • Disk boot rusak atau gagal. Jika ini adalah disk lama, pertimbangkan faktor ini.

Penyebab Logis:

  • Atur partisi yang salah menjadi aktif atau tidak ada partisi aktif. Partisi yang menyimpan file boot Windows harus menjadi partisi yang sangat aktif. Jika tidak, Windows akan tidak dapat di-boot.
  • Master Boot Record (MBR) rusak atau rusak.
  • Urutan boot salah di BIOS.
  • File boot hilang atau rusak.
  • Sistem operasi pada disk booting rusak.

Ini adalah semua kemungkinan penyebab yang kami temukan, yang dapat memandu kami untuk memperbaiki masalah ini.

Tentu saja, mungkin ada penyebab lain untuk kesalahan ini. Jika Anda menemukannya, harap bagikan di bagian Komentar untuk membantu lebih banyak orang. Posting solusi jauh lebih baik.

Cara Memperbaiki "Reboot and Select Proper Boot Device" Pada Windows

Dengan mengetahui penyebab pasti dari kesalahan ini, kita bisa mengambil ukuran yang sesuai, tetapi tidak mudah bagi kebanyakan orang untuk menemukan penyebab pasti dari semua kemungkinan penyebab. Oleh karena itu, pengguna perlu melakukan banyak upaya.

Untungnya, tutorial berikut menunjukkan upaya apa yang harus dilakukan pada awalnya. Selain itu, membidik pengguna yang berbeda, itu memberikan solusi yang berbeda. Semua ini dapat membantu Anda menghemat banyak waktu.

Periksa Apakah Drive Boot Terdeteksi oleh BIOS atau Tidak

Anda semua dapat memeriksa apakah disk boot atau media instalasi terdeteksi oleh BIOS, yang seharusnya menjadi langkah pertama. Silakan boot atau reboot komputer Anda dan tekan berulang kali pada F2, Del, Esc, atau kunci lain yang diperlukan untuk memasuki BIOS sebelum Windows dimuat. Anda dapat menemukan kunci yang tepat dari internet. Kemudian, di bawah tab "Utama" atau lainnya, Anda akan menemukan semua perangkat yang terdeteksi oleh BIOS:

check whether hard drive is detected by BIOS

Jika disk di mana Anda ingin menjalankan Windows tidak ada di sini, matikan komputer Anda, hubungkan kembali hard disk, gunakan kabel lain, atau hubungkan dari slot SATA lain.

Atau hubungkan kembali media instalasi jika "Reboot dan pilih perangkat boot yang tepat atau masukkan media boot pada perangkat boot yang dipilih dan tekan tombol" kesalahan muncul ketika Anda menginstal Windows 10/8/7.

Tip: jika disk boot atau media instalasi masih tidak muncul setelah upaya ini, kemungkinan besar hard drive atau media instalasi telah mati atau rusak. Silakan kirim untuk memperbaiki atau menguji apakah rusak secara fisik.

Kemudian, Anda harus dapat memulai atau menginstal Windows jika itu karena kabel yang rusak, slot SATA yang rusak atau koneksi yang tidak benar.

Namun, jika disk boot atau media instalasi aslinya ada di sini, silakan coba metode kedua kami.

Periksa Boot Order di BIOS

Umumnya, Anda dapat menemukan urutan boot atau urutan boot di "Boot", "Startup", atau tab yang serupa:

check boot order 1

Tapi kadang-kadang, itu di bawah "Fitur BIOS Tingkat Lanjut":

check boot order 2

Jika disk yang Anda inginkan untuk memulai Windows bukanlah perangkat boot pertama, tetapkan sebagai perangkat boot pertama. Atau jika media instalasi Windows tidak menikmati prioritas boot, atur CDROM atau perangkat yang dapat dilepas sebagai perangkat boot pertama. Tombol "↑", "↓", "+", dan "-" dapat membantu mengubah urutan boot.

Akhirnya, ingatlah untuk menekan F10 untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS. Kemudian, Anda harus dapat memulai atau menginstal Windows.

Trik: sebelum berhenti dari BIOS, sebaiknya Anda dengan hati-hati melihat setiap tab untuk melihat apakah ada sinyal yang menunjukkan Anda menggunakan mode boot UEFI. Screenshot berikut menunjukkan itu di bawah mode boot UEFI:

check boot mode in BIOS

Namun, jika bukan UEFI tetapi Legacy, Anda menggunakan mode boot Legacy BIOS. Selain itu, terkadang itu adalah CMS (Mode Dukungan kompatibilitas), yang mendukung UEFI dan Legacy BIOS.

Baca Juga: Cara Format Hard Drive External Dengan Cepat dan Mudah

Selain itu, terkadang itu adalah CMS (Mode Dukungan kompatibilitas), yang mendukung UEFI dan Legacy BIOS.

Oke, demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang Cara Memperbaiki "Reboot and Select Proper Boot Device" Pada Windows. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *