Portal Komplek

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat - Hallo dan Selamat Datang. Di artikel ini saya ingin memberikan informasi kepada pembaca bagaimana cara untuk memperbaikik kartu memori (sd card) yang rusak. Entah itu kartu memori yang tidak terbaca ataupun kartu memori yang error tanpa pelu melakukan format.

sd card rusak

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

Dalam masalah ini biasanya terjadi pada smartphone yang memiliki slot sd card tentunya. Karena kita ketahui berama bahwa sudah banyak ssmartphone yang tidak memiliki slot kartu memorti. Dengan kata lain smartphone itu hanya menggunakan internal memori saja sebagai tempat menyimpanan data.

Nah, bagi kamu yang bertemu atau sedang bingung mengatasi masalah kartu memori yang rusak. Kamu datang di tempat yang sangat tepat. cara yang saya bagikan dibawah merupakan berdasarkan pengalaman pribadi saya, ketika itu sd card saya tidak terbaca dalam artian rusak. Apa yang saya lakukan? nah simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Berikut ini adalah Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat:

1) Lepas Kartu Memori Kemudian Memasang nya Kembali

Hal pertama yang kamu harus coba lakukan adalah melepas kartu memori kamu. Setelah melepasnya kamu bisa memasang nya kembali kemudian menghidupkan smartphone kamu. Mungkin saja kartu memori kamu tidak rusak, hanya error kecil saja.

2) Gosokan Kuningan pada SD Card dengan Penghapus

Tidak ada salah nya mencoba cara yang satu ini. Kamu lepas kartu memori kemudian siapkan penghapus pensil lalu mulailah menghapus bagian kuningan yang ada pada sd card menggunakan penghapus pensil. Cara ini pernah saya gunakan dan terbukti berhasil

Teryata bukan hanya saya yang melakukan cara ini. Ketika saya sedang membeli sesuatu di konter hp, ada seorang penjaga konter yang sedang melakukan cara ini juga. Saya rasa orang tersebut juga sedang  memperbaiki kartu memori yang rusak.

3) Memperbaiki Kartu Memori di PC

Pada cara yang satu ini kamu memerlukan card reader untuk melakukannya. Berikut ini langkah langkahnya: Pasang kartu memori pada card reader > Hubungkan card reader ke pc atau laptop > tunggu beberapa saat hingga laptop atau pc mendeteksi data yang ada di card reader > properties > tools > check now > beri centang pada “automatically fix file system errors” dan “scan for and attempt recovery of bad sector” > start. TUnggu beberapa saat untuk proses scan.

4) Memperbaiki Kartu Memori dengan CMD

Buat orang awam mungkin cara ini agak sedikit rumit namun kamu bisa mencobanya dengan mengikuti langkah berikut. Pertama hubungkan kartu memori ke pc atau laprop > kemudian buka CMD > lihat pada my komputer sd card berada di data apa, misal nya (H) > kembali ke CMD, ketik “chkdsk h: /f” (tanpa tanda kutip) > enter.

Untuk yang belum jelas kamu bisa berkomentar dibawah, saya akan bantu memberikan solusi untuk masalah kamu.

5) Memperbaiki SD Card dengan Software EaseUS

Untuk cara yang satu ini kamu memerlukan software khusus yang bernama EaseUS, kamu bisa download, Disini. Setelah download dan install software tersebut kamu bisa langsung menggunakan software itu untuk Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat.

6) Format

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil juga, saatnya kamu memakai cara ketiga ini. Ya, dengan memformat sd card. Bagaimana cara format sd card langsung melalui hp? Begini caranya: Masuk ke Pengaturan > Storage > Erase SC Card.

Kamu juga bisa menghapus kartu memori dengan PC atau Laptop. Begini caranya: Hubungkan HP kamu ke PC > Tunggu hingga SD Card terbaca > Klik kanan pada Data SD Card di PC  > setelah itu Klik Format > Klik Start. Tunggu beberapa saat saja untuk proses format selesai.

Cara yang satu ini sangat tidak di anjurkan untuk kartu memori yang menyimpan data penting.

Demikian informasi kali ini mengenai cara memperbaiki sd card yang rusak atau tidak terbaca tanpa memformatnya. Terimakasih dan Semoga BErhasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *