Portal Komplek

Cara Memilih Domain yang Baik dan Tepat

Cara Memilih Domain yang Baik dan Tepat -Salah satu keputusan pertama yang Anda buat saat memulai bisnis atau blog adalah memilih nama untuk bisnis tersebut. Yang kedua akan memilih nama domain.

Ini menimbulkan beberapa masalah yang menarik, tentu saja. Meskipun nama domain Anda sama dengan nama bisnis Anda, Anda harus memastikan bahwa itu tersedia (dan itu sering tidak). Anda harus memastikan bahwa nama tersebut terdengar bagus baik dengan "dot com" di bagian akhir dan tanpa. Juga sangat penting bahwa nama domain menjadi sederhana, mudah dieja, dan mudah diingat.

Jika Anda berada di pasar untuk nama domain, berikut adalah beberapa aturan praktis untuk diingat saat Anda memilih.

Cara Memilih Domain yang Baik dan Tepat

Cara Memilih Domain yang Baik dan Tepat

Berikut adalah Tips Cara Memilih Domain yang Baik dan Tepat versi Penulisbaru.com bersumber dari pengalaman pribadi di dunia blogging. Berikut Tipsnya:

Utamakan Pilih Domain .COM

Inilah masalahnya: Jika Anda memilih .net atau .info, kemungkinan besar .com sudah digunakan. Jika demikian, kemungkinannya adalah ketika Anda memberi tahu orang-orang nama domain Anda - melalui radio, misalnya, atau secara pribadi - mereka mungkin ingat URL, tetapi gantikan .net dengan .com, dan mendaratlah di situs pesaing Anda.

Jika Anda adalah bisnis web saja dan hanya berharap orang-orang menjangkau situs Anda dengan mengklik, maka .net mungkin bekerja untuk Anda, tetapi sebaliknya, selalu lebih baik untuk pergi ke .com. Yang mengatakan, domain lain seperti .co pasti menemukan popularitas, jadi ingatlah itu.

Baca Juga: 2 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Dengan Cepat

Pengecualian untuk aturan ini adalah jika Anda menarik bagi basis pelanggan regional. Jika pasar bisnis Anda secara ketat di sekitar Inggris, misalnya, domain .co.uk akan masuk akal untuk Anda.

Hindari Hiphenasi (Tanda Hubung)

Hindari tanda hubung di nama domain Anda karena alasan yang sama seperti Anda menghindari .net atau .info - kebanyakan orang akan lupa untuk meletakkannya di sana. Mereka juga membuat URL Anda lebih sulit untuk dikatakan, dan karena itu lebih sulit untuk diingat. Ini juga mengapa Anda harus berpikir dua kali tentang menggunakan angka dan simbol di nama domain Anda, juga, kecuali itu adalah bagian yang tidak dapat dibatalkan dari identitas merek Anda.

Jangan Terlalu Panjang

Tampaknya intuitif bahwa nama domain yang lebih pendek lebih baik. Lagi pula, URL singkat biasanya lebih mudah diingat dan karena itu akan memiliki lebih banyak visibilitas. Mengingat betapa sedikit nama pendek yang tersedia saat ini, blogger dan merek tidak punya pilihan selain memilih yang lama - tetapi itu hampir tidak optimal. Kanan?

Namun hal-hal itu tidak benar-benar hitam dan putih.

URL pendek juga bisa sulit untuk diingat; misalnya, meskipun singkat, nama seperti "directtraffic.com" dapat membingungkan karena kedua t bersama-sama berdampingan. Sementara itu, nama domain yang lebih panjang juga dapat bermanfaat karena mereka memberi Anda pilihan untuk memiliki kata kunci Anda di domain itu sendiri, yang bisa baik untuk pencarian.

Baca Juga: Arti Domain, Pengertian Domain dan Apa itu Domain?

Kami menyarankan bahwa ketika Anda memilih nama domain, Anda mencoba dan muncul dengan bukan nama domain terpendek, tetapi yang mungkin paling tidak membingungkan. Jika Anda bisa mendapatkan nama domain pendek yang bermakna dan mudah diingat, itu yang terbaik dari kedua dunia, tetapi jika tidak, tidak ada yang salah dengan yang panjang. Cukup pastikan bahwa itu cukup sederhana untuk menghindari kesalahan eja dan kesalahan umum.

Periksa Makna Ganda

Kembali pada masa-masa awal internet, situs web yang mendaftar agen dan perwakilan selebritis menjadi lelucon umum (dan peringatan) di antara para penulis. Situs web “Who Represents” memiliki domain www.whorepresents.com. Anda tidak perlu melihat dua kali untuk melihat bagaimana domain dapat disalahartikan dengan cara yang tidak menguntungkan bagi merek.

Sebelum Anda membeli domain Anda, mintalah beberapa teman atau kolega memeriksanya untuk melihat bahwa tidak ada hal yang jelas yang luput dari perhatian Anda.

Riset Nama Domain

Terakhir, pastikan untuk menjalankan nama potensi bisnis Anda dan URL melalui Google untuk memastikan bahwa itu tidak melanggar merek dagang apa pun atau tidak ada bisnis atau entitas lain yang sudah beroperasi di bawah nama itu. Anda ingin melindungi diri secara hukum, tetapi Anda juga ingin memastikan bahwa nama merek Anda belum memiliki riwayat yang ada yang dapat berdampak negatif terhadap Anda.

Oke Demikianlah Tips Cara Memilih Domain yang Baik dan Tepat,Tips diatas sebaiknya kamu perhatikan sebelum kamu ingin membeli domain untuk blog atau website kamu. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *