Portal Komplek

Cara Melihat Aplikasi Yang Bikin Boros Baterai di Android

Penulisbaru.com - Cara Melihat Aplikasi Yang Bikin Boros Baterai di Android - Jika baterai ponsel Android Anda selalu terasa sedikit rendah, Anda dapat mencari tahu di mana tepatnya kekuatan itu. Layar Baterai Android menunjukkan kepada Anda daya baterai apa yang digunakan sejak tagihan terakhir Anda, dari aplikasi ke layanan sistem dan perangkat perangkat keras.

Cara Melihat Aplikasi Yang Bikin Boros Baterai di Android

Buka aplikasi Pengaturan dari laci aplikasi Anda, rentangkan bagian "Perangkat", lalu ketuk opsi "Baterai".

Anda juga dapat menurunkan panel Pengaturan Cepat di bayangan pemberitahuan dan menekan lama ikon baterai (atau Penghemat Baterai pada perangkat Oreo) untuk langsung ke layar ini.

Layar Baterai hanya menunjukkan penggunaan baterai sejak pengisian penuh terakhir. Jika Anda baru saja mengisi daya ponsel atau tablet Anda, itu tidak akan sangat membantu. Idealnya, Anda harus memeriksa layar ini saat perangkat Anda memiliki baterai yang cukup rendah untuk mendapatkan ide tentang aplikasi, komponen perangkat keras, dan layanan sistem yang benar-benar menggunakan daya baterai sejak pengisian terakhir Anda.

Pada Android versi lama (Nougat dan versi sebelumnya), Anda akan mendapatkan diagram dengan informasi debit baterai, dan tepat di bawah itu melihat apa yang memakan baterai. Di Oreo dan di atasnya, beberapa pengaturan baterai muncul di atas daftar, jadi Anda harus menggulir ke bawah untuk melihatnya.

Pada perangkat Samsung, Anda harus menekan tombol "Battery Usage" di menu baterai untuk melihat daftar ini.

Dengan asumsi perangkat Anda sudah berjalan cukup lama, Anda akan melihat dengan baik apa yang menguras tenaga baterai dan kapan itu terjadi. Anda dapat mengetuk aplikasi atau layanan untuk melihat informasi yang lebih terperinci.

Dapatkan Statistik Baterai Lebih Lanjut dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Android sebenarnya mengumpulkan lebih banyak informasi penggunaan baterai daripada yang ditampilkan di layar pengaturan Baterai. Sebelumnya, itu mungkin untuk aplikasi seperti Baterai Baterai yang Lebih Baik untuk meminta izinBATTERY_STATS dan mengakses informasi ini. Anda kemudian dapat melihat statistik baterai yang lebih rinci. Misalnya, Anda dapat melihat informasi tentang wakelocks, atau melihat penggunaan baterai selama periode waktu yang tidak ditampilkan di layar Baterai.

Sayangnya, Google menghapus izin ini dari Android dan aplikasi tidak lagi dapat melihatnya. Jika Anda telah mencopot perangkat Android Anda, Anda masih dapat memasang aplikasi seperti Baterai Baterai yang Lebih Baik untuk melihat informasi yang lebih detail tentang penggunaan baterai. Tetapi tanpa rooting, Anda terjebak dengan informasi yang disediakan oleh layar Baterai bawaan Android karena aplikasi ini tidak dapat melihat data tersebut.

Namun demikian, masih ada beberapa cara Anda bisa mendapatkan statistik baterai yang lebih berarti di Android. Aplikasi pilihan kami untuk mendapatkan informasi rinci tentang baterai Anda (tanpa rooting) adalah AccuBattery, yang tidak hanya memberikan lebih banyak wawasan tentang aplikasi mana yang menggunakan baterai paling banyak, tetapi juga memberikan tampilan terperinci ke dalam kesehatan baterai Anda. Ini adalah salah satu aplikasi yang menjadi lebih baik dan lebih berguna seiring waktu, jadi semakin Anda menggunakannya, semakin Anda menyukainya.

Apa Semua Perangkat Keras dan Layanan Sistem Ini?

Di Android Nougat dan di bawahnya, informasi perangkat keras dan sistem operasi muncul di daftar ini bersama aplikasi apa pun yang menghabiskan masa pakai baterai. Namun, pada Oreo, info tambahan ini dipisahkan secara default. Untuk menemukannya, Anda perlu menekan tombol menu di sudut kanan atas, dan kemudian pilih opsi "Tampilkan penggunaan perangkat penuh". Ini memungkinkan Anda melihat komponen perangkat keras dan layanan OS menggunakan baterai — ingatlah bahwa ini adalah daftar terpisah, dan tidak akan menyertakan aplikasi apa pun yang menggunakan baterai!

Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang komponen atau layanan perangkat keras dengan mengetuknya. Aplikasi sudah cukup jelas — mereka menggunakan daya baterai saat dibuka, dan beberapa juga dapat menggunakan baterai saat berjalan di latar belakang. Berikut ini semua hal yang tidak ada dalam daftar adalah:

  • Layar: Ini adalah jumlah daya yang digunakan oleh layar dan lampu latarnya. Layar Anda selalu menggunakan sejumlah besar daya. Anda dapat mengurangi penggunaan sedikit dengan menurunkan kecerahan layar dan mengonfigurasi Android untuk mematikan layar saat Anda tidak menggunakannya.
  • Wi-Fi: Ini menunjukkan jumlah daya yang digunakan oleh radio Wi-Fi perangkat Anda. Ini selalu menggunakan sejumlah kekuatan saat Anda terhubung ke Wi-Fi, dan bahkan ketika Anda tidak terhubung karena mencari koneksi yang tersedia. Anda dapat menghemat daya dengan menonaktifkan WI-Fi saat Anda tidak menggunakan jaringan Wi-Fi.
  • Cell Standby: Dengan asumsi Anda menggunakan perangkat dengan koneksi seluler, radio seluler selalu menggunakan beberapa daya. Jika Anda memiliki sinyal seluler yang lemah, ini dapat menghasilkan penggunaan daya yang lebih tinggi.
  • Android OS: Akun ini untuk semua daya baterai yang digunakan oleh sistem operasi Android yang mendasarinya, yang mengelola proses yang sedang berjalan, antarmuka dengan perangkat keras Anda, dan melakukan semua hal tingkat rendah.
  • Sistem Android: Terlepas dari namanya, ini terpisah dari sistem operasi Android itu sendiri. Ini mewakili daya baterai yang digunakan oleh hal-hal seperti aplikasi Pengaturan, perangkat input, dan berbagai layanan sistem lainnya. Anda dapat membuatnya menggunakan daya baterai yang lebih sedikit dengan mengaktifkan mode hemat baterai.
  • Layanan Google Play: Ini termasuk berbagai layanan, termasuk Layanan Google Play, manajer akun Google, kerangka layanan Google, dan transportasi cadangan Google. Ini hanyalah paket layanan yang digunakan oleh perangkat Android Anda. Mode penghemat baterai dapat mengurangi daya yang digunakan oleh proses latar belakang ini juga.
  • Idle atau idle Tablet: Perangkat Android Anda menggunakan sejumlah daya hanya karena aktif, meskipun benar-benar tidak aktif dalam keadaan daya rendah.
  • Pengguna: Jika Anda memiliki beberapa akun pengguna yang disiapkan di ponsel atau tablet Android Anda, Anda akan melihat item "Pengguna" terpisah untuk setiap pengguna di sini. Ini membantu Anda memahami berapa banyak akun pengguna lain yang berkontribusi pada penggunaan baterai Anda.

Cara Menghemat Baterai di Ponsel Android Anda

Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda dapat menurunkan kecerahan layar dan menonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya, tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di luar trik sederhana tersebut.

Jika layar Baterai menunjukkan bahwa aplikasi menggunakan banyak daya baterai, Anda mungkin ingin menghapus atau menggantinya. Aplikasi pasti muncul di layar Baterai Anda jika Anda benar-benar menggunakannya, tetapi beberapa aplikasi adalah pengguna daya yang lebih berat daripada yang lain — misalnya, game 3D yang menuntut penggunaan daya baterai lebih banyak daripada rata-rata aplikasi. Beberapa aplikasi juga berjalan di latar belakang dan menggunakan daya meskipun Anda tidak menggunakannya secara aktif. Tidak mungkin untuk mencegah aplikasi sepenuhnya berjalan di latar belakang, tetapi Anda mungkin dapat menonaktifkan operasi latar belakang dalam pengaturan aplikasi. Jika tidak, Anda dapat menghapus atau menonaktifkan aplikasi, dan menggunakan alternatif. Misalnya, alih-alih aplikasi Facebook yang haus kekuasaan, Anda dapat menggunakan situs seluler ramah baterai Facebook.

Jika ponsel Anda menjalankan Android Oreo, ponsel akan memberi tahu Anda saat aplikasi berjalan di latar belakang dan menggunakan baterai. Jika Anda tidak menyukai fitur ini, Anda dapat menonaktifkannya dengan mudah, tetapi itu juga bisa sangat berguna untuk mengawasi aplikasi yang menjadi sulit diatur.

Fitur Android lainnya juga dapat membantu Anda menghemat daya. Mode penghemat baterai menempatkan perangkat Anda ke keadaan yang lebih konservatif di mana sedikit pekerjaan latar belakang akan diizinkan, dan Anda dapat mengaktifkan ponsel secara otomatis untuk Anda. Istirahat membantu menghemat daya saat Anda tidak menggunakan ponsel atau memindahkannya, dan Anda dapat membuat Istirahat lebih kuat.

Layar Baterai menunjukkan ke mana daya baterai Anda pergi, tetapi terserah Anda untuk melakukan sesuatu dengan informasi itu. Ini adalah titik awal yang baik ketika Anda ingin mulai menghemat daya baterai, tetapi sayangnya Google membatasi akses ke informasi penggunaan baterai yang lebih rinci. Namun, layar Baterai yang disertakan harus lebih dari cukup informasi untuk pengguna Android yang bukan orang aneh. Senang rasanya memiliki akses ke informasi dari lebih banyak periode waktu, terutama jika Anda baru saja menagih perangkat Anda. Misalnya, data penggunaan baterai dari 24 jam terakhir akan sangat membantu.

Nah, demikianlah artikel kali ini mengenai Cara Melihat Aplikasi Yang Bikin Boros Baterai di Android yang bisa kamu coba sendiri. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *