Portal Komplek

Cara Format Hard Drive External Dengan Cepat dan Mudah

Cara Format Hard Drive External Dengan Cepat dan Mudah - Ingin memformat hard drive eksternal untuk Mac dan Windows PC? Apakah Anda tahu cara melakukan ini dengan mudah? Posting ini akan menunjukkan kepada Anda metode khusus untuk membuat hard drive eksternal yang kompatibel dengan Mac dan PC, yang mudah dan aman untuk diselesaikan.

Seperti yang kita ketahui, hard drive eksternal banyak digunakan untuk mem-backup data atau pertukaran file di antara komputer yang berbeda. Nah, apakah ada hard drive eksternal yang bisa dibagi antara Mac dan Windows PC? Tentu saja ada. Sebenarnya, sebagian besar hard disk eksternal dapat kompatibel dengan Mac dan PC selama Anda memformatnya dengan benar.

Mengapa Perlu Memformat Hard Drive Eksternal?

Sederhananya, jika Anda ingin berbagi hard drive eksternal antara Mac dan PC, Anda perlu memformat hard drive eksternal untuk Mac dan PC.

Saat ini, hard drive untuk PC Windows selalu diformat dengan NTFS, sementara hard disk untuk Mac diformat dengan HFS +. Namun, ketika kita menghubungkan disk NTFS diformat ke Mac, Mac OS X tidak memungkinkan kita untuk menulis file ke drive tidak mengedit file, meskipun dapat membaca drive NTFS. Demikian pula, OS Windows akan meminta kita untuk memformat drive berformat HFS + ketika kita menghubungkan disk seperti itu, biarkan mengedit file yang disimpan di hard disk berformat HFS + kecuali kita menggunakan program pihak ketiga.

Tapi untungnya, ada sistem file yang didukung oleh baik Mac dan Windows PC, dan mereka FAT32 (mungkin disebut MS-DOS di Mac) dan exFAT. Selama kami memformat hard drive eksternal ke salah satu dari 2 sistem file ini, itu dapat dibagi antara Mac dan Windows.

Bacaan lebih lanjut

Baik FAT32 dan exFAT memiliki kelebihan dan kekurangan.

FAT32: FAT32 berfungsi dengan semua versi Windows, Mac OS, Linux, konsol game, dll.

Namun, file tunggal pada drive FAT32 tidak bisa lebih besar dari 4GB. Jika drive eksternal Anda menyimpan file yang lebih besar dari 4GB atau Anda berencana untuk menyimpan file yang lebih besar ke drive ini, konversi ke FAT32 tidak disarankan.

Selain itu, partisi FAT32 tidak boleh lebih dari 32GB jika Anda membuatnya di Windows Disk Management. Tentu saja, ada manajer partisi gratis yang dapat membantu membuat volume FAT32 hingga 2TB, yang juga berfungsi dengan benar.

exFAT: exFAT memiliki ukuran file yang sangat besar dan batas ukuran partisi, yang berarti itu ide yang baik untuk memformat hard drive eksternal Anda ke exFAT.

Namun demikian, banyak pengguna mengeluh bahwa exFAT lambat, dan mereka sangat menyarankan menggunakan FAT32 jika Anda dapat menghindari batasan ukuran file.

Cara Cepat Memformat Hard Drive Eksternal untuk Mac dan PC Tanpa Kehilangan Data

Hard drive eksternal Anda mungkin menyimpan banyak file. Jika Anda ingin berbagi hard drive eksternal seperti itu antara Mac dan PC, silakan konversikan NTFS dan HFS + ke FAT32 atau exFAT. Untuk melakukan konversi semacam ini, kita hanya perlu komputer Windows, mesin Mac, dan program partisi profesional. Untuk langkah spesifik, silakan baca terus.

Bagaimana Mengkonversi NTFS ke FAT32 atau exFAT Tanpa Kehilangan Data

Untuk memformat hard drive untuk Mac dan Windows tanpa kehilangan data, kami sarankan menggunakan MiniTool Partition Wizard dan fungsi "Convert NTFS to FATS32". Jika Anda adalah pengguna pribadi, Anda dapat mencoba Edisi Profesionalnya.

Beli Sekarang

Langkah 1: Instal Edisi Profesional Wizard Partisi MiniTool

Unduh perangkat lunak ini ke komputer Anda. Kemudian, Anda dapat membuka perangkat lunak dan memasukkan kunci lisensi ke jendela pop-out untuk mendapatkan Edisi Profesionalnya.

Langkah 2: Konversikan NTFS ke FAT32 dengan Perangkat Lunak Ini

Setelah menjalankan program dengan sukses, kita dapat melihat antarmuka utamanya sebagai berikut:

convert ntfs to fat32

Di sini, silakan pilih partisi NTFS dari hard drive eksternal dan pilih "Convert NTFS to FAT" fitur dari panel tindakan kiri. Jika ada lebih dari satu partisi NTFS, ubah semuanya satu per satu.

Akhirnya, klik tombol "Terapkan" untuk melakukan perubahan yang dieksekusi.

Ketika MiniTool Partition Wizard menunjukkan itu berlaku perubahan berhasil, NTFS asli akhirnya akan menjadi partisi FAT32.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memformat hard drive eksternal untuk Mac dan PC tanpa kehilangan data apa pun. Kemudian, Anda dapat berbagi hard drive eksternal antara Mac dan PC.

Anda Dapat Mengkonversi NTFS ke exFAT dalam 3 Langkah

Namun, jika Anda ingin mengkonversi NTFS ke exFAT untuk membuat hard drive eksternal yang kompatibel dengan Mac dan PC, diperlukan 3 langkah.

Langkah 1: Transfer Data keluar dari Hard Drive Eksternal

Anda dapat memilih untuk menyalin dan menempel file-file tersebut ke perangkat eksternal lain atau hard disk internal Windows, tetapi akan memakan banyak waktu. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan Edisi Gratis Partisi Wizard MiniTool untuk membuat salinan untuk drive eksternal Anda, yang lebih cepat.

Download Gratis

Jika hanya ada satu partisi NTFS di hard drive eksternal, lihat tutorial Copy Partition untuk mendapatkan instruksi. Namun, jika ada lebih dari satu partisi NTFS, lihat Salin Disk untuk mendapatkan operasi tertentu.

Langkah 2: Buat Partisi exFAT dengan MiniTool Partition Wizard

Edisi Gratis dari perangkat lunak ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan ini.

Pertama, Anda perlu menghapus partisi dengan menggunakan perangkat lunak ini. Buka saja perangkat lunak untuk masuk ke antarmuka utamanya. Kemudian, pilih partisi target dan klik "Hapus Partisi" dari panel tindakan kiri. Setelah itu, Anda harus mengklik "Terapkan" untuk menyimpan perubahan ini.

click delete partition

Kedua, partisi target akan menjadi tidak terisi. Di sini, Anda perlu memilih partisi itu dan klik "Buat Partisi" dari panel tindakan kiri.

click create partition

Ketiga, Anda akan melihat jendela pop-out. Di sini, Anda dapat memilih "exFAT" dari opsi pengaturan "File System". Pada saat yang sama, Anda juga dapat mengatur beberapa parameter lain untuk partisi ini, termasuk "Partisi Label", "Drive Letter", "Ukuran Dan Lokasi". Setelah itu, silakan klik "OK".

create exFAT partition

Keempat, Anda akan kembali ke antarmuka utama. Kemudian, klik "Terapkan" untuk menyimpan perubahan ini.

click apply

Akhirnya, partisi exFAT akan dibuat di hard disk eksternal Anda sehingga bisa dibagikan antara Mac dan Windows PC

Langkah 3: Transfer Data kembali ke Drive Eksternal

Jika Anda ingin berbagi file yang telah dicadangkan antara Mac dan PC, sekarang silakan transfer file-file ini kembali ke hard drive eksternal.

Cara Mengonversi HFS + ke FAT32 atau exFAT tanpa Kehilangan Data

Selain itu, Anda dapat memformat hard drive eksternal untuk Mac dan Windows dengan mengkonversi HFS + ke FAT32 atau exFAT tanpa kehilangan data apa pun.

Langkah 1: Cadangkan Data dalam HFS + Partisi di Mac

Transfer saja semua file yang berguna keluar dari hard drive eksternal ke perangkat lain di Mac. Tentu saja, jika Anda sudah memiliki cadangan, abaikan langkah ini.

Langkah 2: Buat FAT32 atau exFAT Partition di Windows PC

Beberapa orang mungkin bertanya mengapa membuat partisi seperti itu di Windows daripada Mac. Itu karena ada kasus pelaporan FAT32 (MS-DOS) atau exFAT partisi yang dibuat di Mac tidak berfungsi dengan baik di Windows.

Lewati ke Solusi 1: Format Hard Drive Eksternal ke FAT32 untuk mendapatkan langkah-langkah untuk membuat partisi FAT32 atau kembali ke Langkah 2: Buat partisi exFAT dengan MiniTool Partition Wizard untuk mendapatkan operasi untuk membuat partisi exFAT.

Cara Membuat Drive Eksternal Kosong Kompatibel dengan Mac dan PC

Jika tidak ada file yang disimpan di hard drive eksternal Anda, bagaimana membuat hard drive eksternal kompatibel dengan Mac dan PC?

Sangat mudah untuk membagikannya antara Mac dan PC dan Anda juga memerlukan komputer Windows, mesin Mac, dan partisi gratis manager MiniTool Partition Wizard Free Edition.

Ada 3 solusi untuk kasus ini, jadi pilih yang paling Anda sukai untuk memformat hard drive eksternal Windows 10/8/7.

Solusi 1: Format Hard Drive Eksternal Windows 10/8/7 hingga FAT32

Karena pengguna tidak dapat membuat partisi FAT32 yang lebih besar dari 32GB di Windows Disk Management, mereka harus menggunakan MiniTool Partition Wizard Free.

Catatan: ketika Anda menghubungkan hard drive eksternal yang diformat dengan HFS + dengan komputer, Windows mungkin meminta Anda untuk memformat drive. Silakan pilih Batal.

Silakan unduh dan instal program ini di komputer Windows Anda untuk memformat hard drive eksternal untuk Mac dan PC.

Download Gratis

Pertama, buka perangkat lunak untuk memasuki antarmuka utamanya sebagai berikut. Di sini, silakan pilih partisi NTFS atau partisi HFS + dari hard drive eksternal, dan klik "Hapus Partisi" fitur dari panel tindakan kiri. Jika ada beberapa partisi pada disk eksternal, silakan pilih disk dan klik "Hapus Semua Partisi" sebagai gantinya. Setelah itu, ruang yang tidak terisi akan dilepaskan.

delete partition

Kedua, Anda dapat membuat satu atau lebih partisi FAT32 di ruang yang tidak terisi. Pilih ruang yang tidak terisi dan pilih "Buat Partisi" fitur dari sisi kiri.

create partition

Kemudian, Anda harus memilih "FAT32" dari opsi "File System" di jendela pop-out. Sementara itu, Anda dapat mengatur properti untuk partisi baru ini dan klik "OK" untuk kembali ke jendela utama Partition Wizard.

Akhirnya, klik tombol "Terapkan" untuk membuat semua perubahan dilakukan.

Solusi 2: Format Eksternal Hard Drive Windows 7/8/10 untuk exFAT

Pertama, silakan hapus partisi NTFS atau HFS + di MiniTool Partition Wizard atau Windows Disk Management untuk melepaskan ruang yang tidak terisi. Kemudian, Anda dapat membuat partisi exFAT dengan Edisi Gratis Partisi Wizard MiniTool dengan mengikuti langkah-langkah yang diperkenalkan di bagian Langkah 2: Buat Partisi exFAT dengan MiniTool Partition Wizard.

Setelah partisi FAT32 atau exFAT dibuat di hard drive eksternal Anda, Anda dapat membaginya di Mac dan Windows PC.

Solusi 3: Buat Satu HFS + Partisi untuk Mac dan Satu Partisi NTFS untuk Windows

Sebagai alternatif, Anda dapat membuat 2 partisi pada hard drive eksternal: satu untuk Mac, dan yang lainnya untuk Windows. Untuk ukuran untuk setiap partisi, itu tergantung pada permintaan Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memformat hard drive eksternal untuk Mac dan Windows.

Langkah 1: Buat Partisi NTFS dan Partisi FAT32

Jalankan MiniTool Partition Wizard Free Edition, lalu hapus semua partisi NTFS atau HFS + asli, dan buat partisi NTFS baru serta partisi FAT32, dan yang terakhir akan diformat ke HFS + di mesin Mac.

Kemudian, pilih hard drive eksternal dan pilih "Hapus Semua Partisi" untuk membuat ruang yang tidak terisi.

delete all partition

Di sini, pilih ruang yang tidak terisi dan pilih "Buat Partisi" fitur dari panel tindakan kiri.

create partition

Sekarang, silakan tentukan label partisi (Windows dianjurkan), jenis partisi (primer atau logis), huruf drive, sistem file (NTFS), ukuran cluster, dan ukuran partisi (Anda dapat mengubah panjang pegangan untuk menyesuaikan ukuran partisi). Kemudian, klik "OK" untuk melanjutkan.

specify partition

Sekarang, Anda dapat melihat partisi NTFS dibuat. Silakan gunakan cara yang sama untuk membuat partisi FAT32 berlabel dengan Mac. Akhirnya, klik tombol "Terapkan" untuk membuat semua perubahan dilakukan.

click apply

Langkah 2: Format FAT32 Partisi ke HFS + Partisi di Mac

Silakan ke Utilities → Disk Utility untuk mendapatkan jendela di bawah ini:

go to Utility

Kemudian, pilih hard drive eksternal dan klik tab "Partisi" di bagian atas.

partition device mac

Sekarang, temukan partisi FAT32 dan formatlah ke OS X Extended (Journal), yang merupakan HFS + yang diinginkan. Terakhir, klik tombol "Terapkan" untuk membuat semua perubahan dilakukan.

Tip: Anda mungkin menerima prompt "Volume 'MAC' tidak terjurnal. Akibatnya tidak bisa diubah ukurannya". Abaikan saja pesannya dan klik tombol "OK" untuk melanjutkan.

click ok

Setelah partisi NTFS dan partisi HFS + dibuat di hard drive eksternal Anda, itu dapat dibagi antara Mac dan Windows PC.

Catatan: Anda mungkin tidak dapat membagi semua file yang disimpan di drive eksternal karena Windows tidak mendukung partisi HFS + sementara Mac tidak sepenuhnya mendukung partisi NTFS.

Nah, apakah mungkin untuk membuat hard drive eksternal yang kompatibel dengan Mac dan PC tanpa memformatnya? Jelas, itu, tetapi program pihak ketiga diperlukan. Demikian artikel kali ini yang membahas lengkap tentang Cara Format Hard Drive External Dengan Cepat dan Mudah. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *