Portal Komplek

6 Cara Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Pemula

Portal Komplek | Cara Belajar Bahasa Pemrograman -Sesungguhnya didunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Semua tergantung seberapa besarnya usaha kita untuk bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.

Kalo kata anak zaman sekarang.

Usaha tidak akan menghianati hasil

Ok kita Kembali ke topik pembahasan.

Belajar Bahasa Pemrograman

Tidak bisa kita pungkiri, memang banyak orang yang bilang kalau Bahasa Pemrograman sulit di mengerti. Yaps, memang sulit.

TAPI, bukan berarti kamu tidak bisa Bahasa Pemrograman sobat. Banyak jalan menuju Roma.

Nah, kali ini saya akan memberikan informasi yang saya harap bisa membantu kamu agar bisa Bahasa Pemrograman. Oke langsung saja.

Berikut ini adalah 6 Cara Belajar Bahasa Pemrograman untuk kamu yang ingin menguasai Bahasa Pemrograman:

6 Cara Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Pemula

Cara Belajar Bahasa Pemrograman

Pertama > Harus Paham Apa itu "Programming"

Sebelum kamu memulai Belajar Bahasa Pemrograman, ada baiknya kamu memahami secara detail Apa itu "Programming".

Sekarang kita ambil contoh sederhana.

Ketika kamu mencintai wanita, pastinya kamu harus tau dulu informasi tentang wanita tersebut, sebelum kamu melakukan pendekatan atau menembak wanita tersebut.

Jika kamu memiliki banyak informasi mengenai wanita yang kamu cintai misalnya makanan kesukaannya atau pun hobinya, tentunya kamu akan mudah melakukan pendekatan ke wanita tersebut, bukan?

Nah, jadi intinya sebelum kamu ingin mendalami atau belajar sesuatu yang baru usahakan kamu harus mengetahui apa maksud yang ingin kamu pelajari.

Untuk pengetahuan dasar pemrograman Kamu bisa membaca nya disini: Pengetahuan Dasar Pemrograman.

Baca Juga:Pengertian Bahasa Pemrograman Java [Lengkap]

Kedua > Pilih Bahasa Pemrograman yang ingin Kamu Pelajari

Di dunia ini ada banyak sekali Bahasa Pemrograman. Mulai dari bahasa tingkat tinggi, bahasa tingkat menengah, bahasa tingkat rendah dan ada juga bahasa mesin.

Mau lebih jelas nya lagi kamu bisa baca di WikiPedia : Bahasa Pemrograman

Kamu pelajari dahulu kekurangan dan kelebihan dari masing-masing bahasa pemrograman.

Saya sarankan untuk mempelajari satu bahasa pemrograman dahulu sob, dalami dan pahami secara detail.

Ingat! Bahasa Pemrograman bukan "Agama"yang hanya boleh memilih satu saja. Kamu boleh memilih lebih dari satu bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai. JIKA, kamu sudah benar-benar menguasai satu bahasa pemrograman.

Ketiga > Mulai Belajar

Jika kamu sudah tahu dasar bahasa pemrograman dan sudah tau bahasa pemrograman apa yang ingin kamu kuasai. Berarti kamu siap untuk "Belajar".

Cara nya gimana?

Banyak cara untuk kamu bisa menguasai Bahasa Pemrograman. Kamu bisa membeli buku-buku yang berhubungan dengan bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai, atau pun kamu bisa belajar bahasa pemrograman lewat website-website yang menyediakan segudang pengetahuan tentang bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai.

Baca Juga:5 Situs Belajar Coding Bahasa Indonesia Untuk Pemula

Keempat > Buat Program Sederhana

Sampai ke tahap ini sebaiknya kamu membuat Program-program yang sederhana menggunakan bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai. Jangan langsung Program yang sulit, pasti kamu akan pusing dibuatnya, hehe.

Mulailah membuat program sederhana misalnya seperti, membuat program menghitung luas lingkaran, luas menghitung luas persegi atau mungkin kamu bisa membuat program yang menarik yaitu membuat program daftar mantan-mantanmu.

Kelima > Selalu Update Informasi

Tidak bisa kita pungkiri, informasi itu sangat penting sob, apapun informasi nya jika informasi itu ke arah yang positive.

Nah, kamu bisa update informasi terbaru mengenai bahasa pemrograman kamu yang ingin kamu kuasai itu melalui web-web ini  SitePoint, Mashable, OMG! Ubuntu!Atau kamu bisa update informasi kamu website yang saya rekomendasikan iniCodePolitan.

Selain itu kamu juga bisa Follow atau Like Fanspage sosial media orang-orang yang kompeten di bidang bahasa pemrograman yang sedang ingin kamu kuasai.

Keenam > Gabung Grup/Forum Pemrograman

Gabung ke Forum-forum atau group yang relevan dengan bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai. Pastinya disana akan banyak berbagai informasi yang sangat bermanfaat buat kamu untuk mendalami bahasa pemrograman.

Nah, itulah 6 Cara Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Pemula. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai artikel ini silahkan tulis komentar dbawah.

Terimakasi dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *