Baru lulus dan sedang cari pekerjaan? Simak kiat berikut

by -44 views
Jakarta (PKomplek) – Di masa pandemi ini, terkadang mendapatkan pekerjaan yang tepat mungkin tidak mudah. Ada saat-saat di mana surel yang Anda kirim tidak direspons, atau perusahaan yang Anda minati masih belum membuka lowongan.

Mungkin Anda juga belum membayangkan seperti apa pekerjaan yang sedang dilamar karena Anda baru lulus dan pertama kali akan bekerja.

Ingin tahu cara untuk mencari pekerjaan yang tepat? Simak kiat berikut, dikutip dari siaran resmi Jobstreet, Minggu.

Baca juga: Jobstreet.com jembatani kebutuhan tenaga kerja di Indonesia dan ASEAN

Belajar membuat CV yang baik

Saat melamar kerja, salah satu dokumen penting yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah Curriculum Vitae (CV). CV adalah dokumen pertama yang akan diterima oleh perusahaan dan berisi semua prestasi yang sudah Anda capai dan juga pengalaman yang sudah Anda jalani seperti organisasi di kampus atau kerja magang.

Untuk memberikan kesan pertama yang baik, Anda harus bisa membuat CV yang menarik dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Anda bisa belajar membuat CV bersama orang tua atau mencari tips-tips membuat CV.

Lakukan riset tentang pekerjaan yang diminati

Setelah mengumpulkan skripsi dan dinyatakan lulus, biasanya ada beberapa bulan atau minggu Anda upacara wisuda. Kala senggang, kamu sebaiknya sudah mulai mencari kerja agar tidak membuang banyak waktu setelah wisuda.

Luangkan waktu untuk mencari tahu tentang perusahaan yang menarik untukmu dan apakah ada lowongan yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu lebih banyak tentang bidang kerja yang Anda minati dan seperti apa pekerjaan yang nantinya akan Anda lakukan saat diterima.

Datang ke job fair

Kalau Anda belum yakin ingin kerja di perusahaan atau bidang apa, Anda bisa datang ke job fair, sebuah pameran di mana akan ada beragam perusahaan dari banyak industri yang akan berbagi informasi tentang berkarier di setiap perusahaan tersebut.

Baca juga: Jobstreet selalu pastikan perusahaan pencari kerja valid

Baca juga: Tren kutu loncat berbahaya bagi milenial

Baca juga: Tips agar tak terjebak lowongan kerja fiktif

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *