Bangga Buatan Indonesia bantu perajin tenun NTT berinovasi

by -28 views
Jakarta (PKomplek) – Dewan Kerajinan Nasional berharap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bisa membantu perajin tenun di Nusa Tenggara Timur untuk berinovasi.

“Kain tenun merupakan salah satu dari sekian banyak ciri khas yang dibanggakan tidak hanya di wilayah Nusa Tenggara saja, tetapi secara nasional bahkan hingga internasional,” kata Anggota Bidang Promosi dan Humas Dewan Kerajinan Nasional, Ana Maria Plate, saat webinar Mendorong Kreasi dan Inovasi Wastra Tenun dan UMKM NTT, dari Hotel Inaya Inn, Labuan Bajo, NTT, dikutip dari siaran pers, Rabu.

Pelatihan tenun, menurut Ana, sangat penting untuk melestarikan budaya sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan taraf ekonomi masyarakat di NTT.

Baca juga: Gelar Munas, Dekranas upayakan digitalisasi pasar kerajinan

Berkaitan dengan pemenuhan bahan baku seperti kapas, Dekranas mengharapkan Pemerintah Kabupaten Manggarai bisa mendorong pasokan dengan menanam pohon kapas.

Dukungan dan peran aktif dari pemerintah, swasta, komunitas dan masyakarat akan membantu memberdayakan perajin dan meningkatkan daya saing produk buatan lokal.

Ana juga berpendapat dukungan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah akan berperan penting, sebagai garda terdepan untuk mendorong dan meningkatkan kualitas produksi dan memperluas cakupan pasar.

“Baik pemerintah, swasta, masyarakat, maupun komunitas-komunitas. Salah satu Mitra terdekat untuk mendukung hal ini adalah Dewan Kerajinan Nasional yang selalu siap dan berkomitmen untuk terus berinisiatif, berkreatif dan berinovasi, demi meningkatkan harkat, juga martabat para perajin Nusantara,” kata Ana.

Dekranas juga mengajak berbagai pihak untuk membantu meningkatkan daya saing pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia.

“Marilah kita satukan langkah dalam berinovasi dan berkreasi menciptakan lompatan-lompatan mengembangkan industri kreatif, sekaligus melestarikan kekayaan budaya nusantara demi mewujudkan Indonesia Maju,” kata Ana.

Dewan Kerajinan Nasional mengadakan pelatihan melalui webinar di NTT untuk mengangkat produk unggulan karya daerah tersebut.

Melalui webinar dan loka karya tersebut, diharapkan para perajin maupun pelaku usaha dapat semakin berinovasi, berkreasi, dan produk-produk karya anak bangsa dapat semakin berkualitas, serta diminati.

Baca juga: Cerita wastra ulos dalam Gernas BBI 2021

Baca juga: Dekranas dorong wirausaha baru batu mulia bermunculan

Baca juga: OVO-Dekranas dorong perajin UKM adopsi pembayaran digital

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *