Balai Pustaka selenggarakan lomba berbalas pantun 2021

by -6 views
Jakarta (PKomplek) – Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Balai Pustaka (Persero) untuk pertama kalinya menyelenggarakan lomba berbalas pantun 2021.

“Lomba berbalas pantun ini merupakan bentuk kepedulian Balai Pustaka yang awalnya memang menjadi rumah besar sastrawan Indonesia. Dari dulu kita mengenal angkatan Balai Pustaka, Pujangga Baru, angkatan 1945, angkatan 1966,” ujar Presiden Direktur PT Balai Pustaka (Persero) Achmad Fachrodji di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan Balai Pustaka perlu mengadakan kegiatan besar menyambut dikukuhkannya pantun sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda saat sidang ke-15 Intergovernmental Comittee for the Safeguarding of the Ingaible Cultural Heritage di Paris, 17 Desember 2020. Penetapan pantun sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda tersebut bersama dengan Malaysia.

Fachrodji menambahkan di Malaysia diadakan sejumlah acara yang sangat semarak menyambut penetapan pantun itu.

“Sementara di Indonesia belum ada. Untuk itu, kami memberanikan diri menyampaikan rencana itu ke Menteri BUMN dan pak menteri menyambut baik dan berkenan memberikan piala pada para pemenang,” ujar dia.

Dia menambahkan masyarakat menyambut antusias lomba berbalas pantun tersebut, karena dilakukan hanya dengan mengirimkan video. Peserta berbalas pantun dengan menggunakan pakaian adat tradisional dan alat musik.

“Dengan demikian, pantun bukan sekedar menulisnya tetapi cara melantunkannya dan mendendangkannya. Jadi yang dinilai bukan sekedar kepiawaian merangkai kata, tetapi juga cara melantunkannya,” kata dia lagi.

Peserta dapat memilih salah satu dari tema pantun, yakni cinta Tanah Air, cinta Pancasila, Pesona Indonesia, pendidikan, motivasi atau semangat, lingkungan hidup, nasihat, melawan corona, kebangsaan, dan pergaulan.

Peserta terbagi dua, yakni milenial BUMN atau anak perusahaan BUMN dan umum yang mana peserta merupakan grup yang berasal dari semua kalangan (siswa, mahasiswa, komunitas, institusi atau lembaga, paguyuban, kelompok seni masyarakat, dan lain).

Jumlah pelantun dalam satu grup terdiri atas dua orang laki-laki dan dua orang perempuan. Satu grup diperbolehkan mengirim lebih dari satu video. Sementara perusahaan BUMN atau anak perusahaan BUMN atau komunitas diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu grup.

Peserta diharapkan mendaftar melalui tautan yang sudah disediakan. Pengriman video dilakukan mulai 15 Maret hingga 30 April 2021. Pemenang pertama masing-masing kategori mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp40 juta ditambah piala dan sertifikat, juara dua mendapatkan uang tunai senilai Rp25 juta ditambah piala dan sertifikat, dan juara tia mendapatkan uang tunai senilai Rp20 juta ditambah piala dan sertifikat, dan juara favorit mendapatkan uang tunai senilai Rp15 juta ditambah piala dan sertifikat.

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *