Portal Komplek

Arti Domain, Pengertian Domain, Apa itu Domain? Ini Jawabannya

Penulisbaru.com - Arti Domain, Pengertian Domain, Apa itu Domain? Ini Jawabannya.Alamat akar untuk situs web atau halaman web. Domain adalah elemen DNS (sistem nama domain) yang menunjukkan alamat IP situs web atau komputer. Ketika lebih dari satu komputer berbagi bagian umum dari alamat IP yang sama mereka dikatakan berada di domain yang sama.

Arti Domain, Pengertian Domain, Apa itu Domain

Meskipun angka sangat bagus untuk komputer dan perangkat lunak, orang-orang tidak begitu hebat dengan angka, itulah sebabnya mengapa sistem nama domain dibuat. Ini menerjemahkan alamat IP numerik panjang menjadi string alfanumerik yang dapat lebih mudah diingat oleh orang.

Untuk memahami arti dari sistem nama domain, Anda dapat memikirkan pohon yang memiliki beberapa cabang. Domain akan menjadi bagian dari pohon yang menggabungkan semua cabang pohon yang berasal darinya.

Ketika orang berpikir tentang domain, mereka sering hanya memikirkan domain level kedua, tetapi kenyataannya adalah setiap situs web memiliki domain level kedua dan domain level teratas. Misalnya, situs yang Anda gunakan sekarang adalah ecommerce-platforms.com. Bagian yang mungkin Anda kenali sebagai domain adalah "e-commerce-platform", tetapi ini hanya domain level kedua. Bagian lain, "com" dikenal sebagai domain level teratas, atau TLD. Anda mungkin telah melihat domain tingkat atas lainnya, seperti .net, .org, atau bahkan .pizza! Meskipun .com adalah domain tingkat atas yang asli untuk usaha komersial, seperti situs web e-niaga, ada ratusan domain level teratas yang tersedia saat ini.

Baca Juga : Arti Hosting, Pengertian Hosting, Apa itu Hosting? Ini Jawabannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *