Portal Komplek

Apa itu Blog? Manfaat, Fungsi dan Sejarah Blog

Portal KOmplek | Apa itu Blog? - Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai Apa itu Blog? serta Manfaat Blog, Fungsi Blog dan juga sedikit mengulas Sejarah Blog yang pernah terjadi. Postingan ini bersumber dari beberapa sumber terpercaya, jadi bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya. Oke langsung saja.

Apa itu Blog Manfaat, Fungsi dan Sejarah Blog

Apa itu Blog?

1. Pengertian Blog

Disini saya akan memberikan penjelasan secara lengkap dan padat mengenai apa itu blog?

Blog atau Weblog adalah Jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru muncul pertama. Ini adalah platform di mana seorang penulis atau bahkan sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

Kata "Blog" adalah versi singkat dari log web atau weblog. Selain lebih pendek dan lebih menarik, "Blog" tampaknya lebih kecil kemungkinannya menyebabkan kebingungan, karena "Log Web" juga bisa berarti file log server.

2. Manfaat Blog

Sebenarnya ada banyak benefit atau manfaat dari Blog itu sendiri, tetapi disini saya akan memjabarkan hanya beberapa saja. Berikut adalah Manfaat Blog.

Bagikan Pengetahuan Anda

Jika Anda adalah seseorang yang suka mengajar, memulai sebuah blog dapat memberikan kesempatan untuk mendidik orang lain yang tertarik dengan bidang keahlian Anda. Bagian terbaiknya adalah, saat Anda membangun sumber daya di blog untuk mengajar orang lain, Anda mungkin menyadari ada peluang untuk memonetisasi blog Anda dengan membuat produk atau layanan pendidikan online.

Sempurnakan Keterampilan Menulis Anda

Semakin banyak Anda menulis, semakin baik Anda menjadi seperti itu. Kebanyakan blogger profesional menulis secara teratur dan karenanya menganalisis dan mengoreksi tulisan mereka secara konstan. Anda bahkan dapat memperoleh umpan balik dari pembaca untuk membantu Anda menjadi penulis yang lebih baik.

Namun, menjadi penulis yang baik bukanlah prasyarat untuk blog yang sukses. Banyak blogger berprofil tinggi yang memproklamirkan diri sebagai penulis yang buruk, dan bagian dari kesuksesan mereka dapat dikaitkan dengan pesan mereka "Jika saya bisa melakukannya, Anda juga bisa".

Belajar bagaimana cara menghasilkan uang secara online

Kebanyakan orang memulai dengan satu blog, tetapi sepanjang jalan, mereka memperoleh pengalaman dan akhirnya menghasilkan ide untuk blog di ceruk lain. Apa yang Anda pelajari dari blog awal Anda - dos dan don't, strategi pemasaran yang efektif, cara menghasilkan uang blogging, dll. - akan membantu Anda mempercepat pertumbuhan usaha masa depan.

Bangun Jaringan Profesional Anda

Blogging adalah usaha berbasis komunitas, dan jaringan adalah salah satu alasan orang terlibat di dalamnya. Baik Anda seorang solopreneur atau blogging untuk memasarkan bisnis Anda, membangun hubungan akan memfasilitasi pertumbuhan blog Anda.

Sementara itu, mengembangkan jaringan online Anda memiliki manfaat sampingan sendiri, seperti mendapatkan akses ke perangkat lunak dan alat yang berharga, seminar, lokakarya, penyingkapan produk, dan acara lainnya.

Bangun Portofolio Online

Blogging adalah cara yang bagus untuk calon penulis dan penulis lepas untuk membangun portofolio online. Dengan memamerkan kemampuan menulis mereka di platform besar dengan jangkauan luas, freelancer dapat meningkatkan eksposur mereka dan menandatangani klien baru.

Pasarkan Bisnis Anda

Bagi perusahaan dan pengusaha, mendapatkan visibilitas online adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan pelanggan, prospek, dan pada akhirnya pendapatan. Ini tidak dapat dicapai dengan situs web perusahaan statis. Membuat konten blog yang bernilai, bermanfaat, dan / atau menghibur adalah cara efektif untuk mengembangkan otoritas situs web Anda, peringkat online, dan lalu lintas.

3. Fungsi Blog

Ada banyak Fungsi Blog, salah satunya kamu bisa mendapatkan informasi yang sangat berguna dari Blog. Berikut adalah Fungsi Blog.

Sebagai sumber informasi

Blog merupakan sumber informasi yang setiap harinya di cari dan di baca oleh setiap pengguna internet di dunia. Jadi, dengan ada nya Blog kita bisa tau apa yang kita tidak tahu sebelumnya.

Sebagai sumber penghasilan

Buat kamu yang belum tau, blog juga bisa menghasilkan uang loh. Bagaimana caranya ? Simak Artikel berikut ini: 6 Langkah Menjadi Blogger Yang Menghasilkan Uang

Dan masih banyak Fungsi Blog yang lainnya.

Jika menjabarkan fungsi blog secara lengkap mungkin satu postingan saja tidak cukup untuk menjabarkan hal tersebut.

3. Sejarah Blog

Tahun Awal

Secara umum diakui bahwa blog pertama adalah Links.net, dibuat oleh Justin Hall, ketika ia menjadi mahasiswa Swarthmore College pada tahun 1994. Tentu saja, pada waktu itu mereka tidak disebut blog, dan ia hanya menyebutnya sebagai beranda pribadinya. .

Baru pada tahun 1997 istilah "weblog" diciptakan. Penciptaan kata tersebut telah dikaitkan dengan Jorn Barger, dari Blog Wisdom awal yang berpengaruh. Istilah ini dibuat untuk mencerminkan proses "penebangan web" saat dia menjelajah.

1998 menandai contoh pertama yang diketahui dari sebuah blog di situs berita tradisional, ketika Jonathan Dube membuat blog Hurricane Bonnie untuk The Charlotte Observer.

"Weblog" disingkat menjadi "blog" pada tahun 1999 oleh programmer Peter Merholz. Baru lima tahun kemudian Merriam-Webster mengumumkan kata kata mereka tahun ini.

Blog asli diperbarui secara manual, sering dihubungkan dari halaman utama atau arsip. Ini tidak terlalu efisien, tetapi kecuali Anda adalah programmer yang dapat membuat platform blogging kustom Anda sendiri, tidak ada opsi lain untuk memulai.

Selama tahun-tahun awal ini, beberapa platform "blogging" yang berbeda terpangkas. LiveJournal mungkin yang paling dikenal dari situs awal.

Dan kemudian, pada tahun 1999, platform yang nantinya menjadi Blogger dimulai oleh Evan Williams dan Meg Hourihan di Pyra Labs. Blogger sebagian besar bertanggung jawab untuk membawa blog ke arus utama.

Periode Pertumbuhan

Awal 2000-an adalah periode pertumbuhan untuk blog. Pada tahun 1999, menurut daftar yang disusun oleh Jesse James Garrett, ada 23 blog di internet. Pada pertengahan 2006, ada 50 juta blog menurut Technorati's State of the Blogosphere report. Untuk mengatakan bahwa blog mengalami pertumbuhan eksponensial sedikit meremehkan.

Blog politik adalah beberapa blog awal yang paling populer. Beberapa kandidat politik mulai menggunakan blog selama periode ini, termasuk Howard Dean dan Wesley Clark.

Salah satu peristiwa penting dalam munculnya blogging adalah ketika para blogger berfokus pada komentar Pemimpin Senat Mayoritas Trent Lott mengatakan mengenai Senator AS Strom Thurmond pada tahun 2002. Lott, sementara memuji Thurmond, menyatakan bahwa AS akan lebih baik jika Thurmond terpilih Presiden pada tahun 1948. Selama perlombaan itu, Thurmond adalah pendukung kuat segregasi rasial (meskipun posisinya kemudian berubah dalam karier politiknya). Media mainstream tidak menangkap komentar dan implikasi potensial mereka sampai setelah blogger memecahkan ceritanya.

Blog topik yang mendalam juga menjadi lebih populer selama waktu ini. Mereka sering menggali lebih dalam berita terkini dan budaya pop daripada sumber media utama, selain berkomentar langsung tentang apa yang media tradisional laporkan.

Pada tahun 2001, ada cukup banyak minat dalam menulis blog sehingga beberapa artikel dan panduan tentang cara kerja mulai bermunculan. Sekarang, "meta blogs" (blog tentang blogging) membuat sebagian besar blog yang paling populer dan sukses di luar sana.

Sejumlah blog populer mulai di awal tahun 2000-an, termasuk Boing Boing, Dooce, Gizmodo, Gawker (blog gosip besar pertama yang diluncurkan), Wonkette, dan Huffington Post. Weblogs, Inc. dimulai oleh Jason Calacanis pada tahun 2003, dan kemudian dijual ke AOL seharga $ 25 juta. Itu adalah penjualan yang membantu menyatukan blog sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan, bukan hanya sekedar tren.

Beberapa platform blogging besar mulai di awal tahun 2000-an. Versi 1.0 dari Movable Type dirilis pada bulan September 2001.

Pertumbuhan Blog

WordPress dimulai pada tahun 2003, meskipun bagian dari tanggal pengembangannya kembali ke tahun 2001. TypePad juga dirilis pada tahun 2003, berdasarkan Movable Type.

Beberapa layanan perifer ke blogosphere juga dimulai pada awal tahun 2000an. Technorati, mesin pencari blog besar pertama, diluncurkan pada tahun 2002. Audioblogger, layanan podcasting utama pertama, didirikan pada tahun 2003. Blog video pertama dimulai pada tahun 2004, lebih dari satu tahun sebelum YouTube didirikan.

Juga diluncurkan pada tahun 2003 adalah platform periklanan AdSense, yang merupakan jaringan iklan pertama yang mencocokkan iklan dengan konten di blog. AdSense juga memungkinkan blogger tanpa platform besar untuk mulai menghasilkan uang ketika mereka memulai blogging (meskipun pembayaran untuk blog dengan lalu lintas rendah tidak terlalu besar).

Setelah blogger mulai menghasilkan uang dari blog mereka, jumlah blog meta meroket. Blogger seperti Darren Rowse (dari Problogger.net dan Digital-Photography-School.net) dan John Chow membuat jumlah uang yang cukup besar memberi tahu blogger lain bagaimana mereka dapat mengubah blog menjadi karier penuh waktu.

Salah satu peristiwa awal yang menyoroti semakin pentingnya blog adalah penembakan Heather Armstrong, blogger di balik Dooce, untuk komentar yang diposting di blognya tentang majikannya. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2002, dan memicu perdebatan tentang masalah privasi, yang masih belum cukup ditunda pada tahun 2011.

"Dooced" menjadi istilah slang untuk menggambarkan dipecat dari pekerjaan seseorang untuk sesuatu yang Anda tulis di blog Anda, dan telah membuat penampilan dalam Kamus Perkotaan, dan bahkan di Jeopardy!

Masa Depan Blog

Delapan hingga sepuluh tahun yang lalu, blog menjadi titik utama komunikasi bagi individu online. Tetapi dengan munculnya jejaring sosial dan jejaring sosial dalam lima tahun terakhir, blog telah menjadi hanya satu bagian dari persona online individu.

Vlog dan podcast juga telah mengambil peran yang lebih besar di dunia blog, dengan banyak blogger memilih menggunakan terutama konten multimedia. Layanan yang melayani posting semacam ini (seperti Tumblr dan Posterous) kemungkinan akan terus tumbuh dalam popularitas.

Dengan layanan baru seperti Quora yang masuk ke pasar, ada kemungkinan bahwa blogosfer akan menyusut, dan lebih banyak orang akan beralih ke situs seperti ini untuk mendapatkan informasi. Tetapi layanan seperti Quora juga menyediakan alat yang berharga untuk blogger, karena mereka memberikan wawasan tentang apa yang orang benar-benar ingin tahu tentang suatu topik.

Blog tidak mungkin pergi ke mana saja di masa mendatang. Tetapi ada banyak ruang untuk pertumbuhan dan inovasi dalam metode di mana konten mereka ditemukan, dikirimkan, dan diakses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *