Anak perusahaan Kalbe Farma luncurkan alat permudah terapi cuci hidung

by -93 views
Jakarta (PKomplek) – Perusahaan anak bangsa yaitu PT Kalbe Farma melalui anak perusahaannya PT Enseval Medika Prima meluncurkan alat digital untuk mempermudah terapi cuci hidung atau nasal washer therapy yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan saluran pernafasan atas khususnya di tengah masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Alat terapi cuci hidung itu bernama Elvasense Portable Nasal Washer yang diklaim merupakan alat terapi cuci hidung elektrik pertama yang hadir di Indonesia.

“Elvansense berkomitmen menyediakan alat kesehatan pribadi sebagai pendamping pola hidup sehat. Sehingga alat ini bisa dipakai oleh masyarakat umum. Kami tahu untuk menjaga kesehatan terapi cuci hidung itu penting, dan saat ini belum ada alat yang nyaman dan enak untuk digunakan oleh karena itu Elvasense Nasal Washer ini hadir membantu terapi cuci hidung yang nyaman untuk digunakan,” kata Business Head LOB Personal Health PT Enseval Medika Prima Dicky Mulyono dalam konferensi pers virtual, Senin.

Baca juga: Alasan jangan “waxing” rambut hidung

Baca juga: Sosok dokter bedah plastik yang mengoperasi hidung Jaksa Pinangki

Jika normalnya menggunakan alat manual seperti spuit untuk pelaksanaan terapi cuci hidung dengan penuh konsentrasi karena harus menahan nafas, maka dengan Elvasense Portable Nasal Washer terapi cuci hidung bisa dilakukan saat tengah bersantai dengan kondisi bernafas seperti biasa.

Alat itu pun memiliki kemampuan mengubah cairan isotonik NaCl yang biasa digunakan dalam terapi cuci hidung menjadi butiran halus atau aerosol sehingga terapi cuci hidung bisa dilakukan dengan mudah.

“Kami punya misi membantu masyarakat untuk ‘breath easier, life healthier‘. Kami mau membantu orang- orang yang mengalami kesulit bernafas dapat menjadi lebih lega saat bernafas,” kata Dicky.

Terapi cuci hidung memang bisa dilakukan oleh semua orang, namun secara khusus alat terapi hidung Elvasense Portable Nasal Washer dapat lebih kompatibel dengan para penderita sinusitis hingga individu yang memiliki alergi pada pernafasan.

Dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) Hemastia Manuhara juga menyampaikan pentingnya terapi cuci hidung secara rutin.

Selain berguna membantu orang- orang dengan masalah pernafasan bagian atas, juga membantu kesehatan hidung.

“Selain mampu membersihkan hidung dari kotoran, terapi cuci hidung juga membantu hidung agar tetap terhidrasi. Hidung juga mau dihidrasi agar saraf penciuman itu tetap berjalan maksimal, jadi tidak hanya wajah dan kulit yang dilembapkan tapi juga hidung yang butuh dihidrasi,” kata dokter Hemastia.

Alat Elvasense Portable Nasal Washer dapat dibeli baik secara offline di toko- toko alat kesehatan terdekat maupun secara online di e-commerce yang ada di Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee dibanderol dengan harga Rp 300.000.

Baca juga: Terapi cuci hidung penting untuk perkuat kesehatan di tengah pandemi

Baca juga: Gara-gara tindik hidung, perempuan ini sampai harus transplantasi hati

Baca juga: Dokter RSA UGM jelaskan potensi gejala COVID-19 pada lidah

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *