3.503 ASN di Kemenag telah jalani vaksinasi dosis pertama

by -10 views
Jakarta (PKomplek) – Sebanyak 3.503 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama telah menjalani vaksinasi dosis pertama, sebagai ikhtiar dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Alhamdulillah, vaksinasi tahap pertama yang dibuka oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 8 Maret 2021 berjalan lancar. Total ada 3.503 ASN yang divaksin,” ujar Kepala Biro Umum Kemenag Yayat Supriadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Vaksinasi yang digelar di lingkungan Kemenag berlangsung selama enam hari mulai tanggal 8 hingga 16 Maret 2021. Proses ini dilakukan secara bertahap agar tidak menimbulkan kerumunan.

Baca juga: Sekitar 3.000 ASN Kemenag segera jalani vaksinasi COVID-19

Baca juga: Kemenag apresiasi vaksinasi COVID-19 tokoh lintas agama

Hari pertama, ada 280 ASN yang divaksin. Hari berikutnya secara berturut-turut 704, 833, 582, 599, dan 545 ASN yang telah divaksin.

Menurut Yayat, masih ada sebagian kecil ASN yang belum bisa divaksin, karena ada yang mengalami hipertensi, komorbid, hamil, dan kondisi kesehatan lainnya yang tidak memungkinkan untuk segera divaksin.

Rencananya, vaksinasi tahap kedua akan berlangsung pada 22 Maret dan kembali dilakukan secara bertahap sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan.

“Vaksinasi tahap kedua dimulai 22 Maret, khusus bagi mereka yang divaksin pada 8 Maret 2021,” kata Yayat.

Kendati telah divaksin, ia mengimbau kepada seluruh ASN untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan secara berkala, memakai masker, hingga menghindari kerumunan.

Baca juga: Kemenkes targetkan vaksinasi bagi calon jamaah haji selesai Mei

“Ingat, meski sudah divaksin tetap patuhi prokes dan disiplin 5M; memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” katanya.

Sementara itu, data dari Kementerian Kesehatan jumlah warga yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 4.468.951 orang. Sementara jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis kedua mencapai 1.716.749 orang.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *